RiverDefender's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 10

Local Guides clean The World - Evakuasi Sampah Jembatan

Hai @ErmesT @DavidTito @MiroslavP @br14n apa kabar? Maafkan saya. Cukup lama tidak menulis lewat connect. Dalam beberapa waktu terakhir ini saya cukup sibuk dengan beberapa proyek pekerjaan dan kegiatan amal. Tapi yang jelas, beberapa kali bertemu dengan local guides di Jakarta dan Bogor. Saya akan ceritakan rangkuman cerita dalam tiga pekan terakhir. Cerita ini tentu menjadi bagian kontribusi dalam program Local Guides Clean The World.  Beberapa catatan terpisah pertemuan dengan @BudiFXW  @MutiahA bersama Bogor Local Guides  @SuhandiWidjaja @syaubananas bersama Jakarta Local Guides semoga bisa segera dituliskan.

 

Jembatan Situ Duit menurut catatan sejarah, jembatan ini dibangun oleh Belanda pada sekitar tahun 1880. Dahulu, ini adalah satu-satunya akses jembatan yang menghubungkan Jakarta dan Bogor. Jembatan ini berada di jalan Jenderal Ahmad Yani dan berada di tiga kelurahan berbeda. Sisi Timur sebelah Selatan jalan berada di kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara. Sisi Timur sebelah Utara jalan berada di Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara. Sementara sebelah Barat berada di kelurahan Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

 

Jembatan memiliki lebar sekitar 8 meter dan panjang tidak lebih 100 meter. Jembatan dibagi dua jalur yang bisa dilewati bersamaan oleh dua kendaraan roda empat atau lebih. Lalu lintas kendaraan di jembatan ini cukup banyak dan bisa dikatakan cukup sibuk. Bahkan, jembatan ini sering dilewati oleh truk kontainer dari dan ke lokasi industri ban Pt. Good Year Indonesia. Ini menjadi bukti, bahwa jembatan ini sangat vital bagi jalannya roda perekonomian masyarakat.

 

Sungai Ciliwung pada 5 Febuari 2018  lalu mengalami banjir besar. Ini berita dari The Jakarta Post. Pada saat banjir, perrmukaan air sungai Ciliwung perlahan naik. Banjir juga membawa aneka jenis sampah. Bahkan, beberapa batang pohon, bambu, pintu tersangkut besi kontruksi jembatan. Hingga akhirnya aneka sampah terus menumpuk dan menghambat aliran air. Puncaknya, untuk pertimbangan keselamatan, pemerintah kota menutup jembatan sementara bagi semua kendaraan. Ketika banjir surut, jembatan kembali bisa dilewati oleh semua jenis kendaraan. Ini adalah berita dari salah satu stasiun televisi di Indonesia.

 

 

Setelah 10 bulan berlalu, sampah yang menyangkut di besi kontruksi jembatan belum pernah tersentuh sama sekali. Penyebabnya;
1. Sampah tidak terlihat dari atas jembatan.
2. Akses menuju bawah jembatan sangat sulit dan berbahaya.

 

Atas dasar itu, relawan Komunitas Peduli Ciliwung berinisiatif mengajak bekerjasama membersihkan sampah di bawah jembatan sebagai pencegahan munculnya bahaya atau kerugian yang mungkin akan terjadi bila banjir pada 5 Febuari akan terulang. Local Guides yang ikut serta operasi @johanesjenito @omarabdilla Berikut catatan operasi evakuasi sampahnya:

 

Sabtu, 17 November 2018
Operasi pertama kali ini penuh perhitungan. Tim beradaptasi dengan medan yang cukup sulit dan berbahaya. Sulitnya karena tim harus menuruni tembok dengan sudut 90 derajat. Apabila ceroboh sedikit, bisa saja jatuh dan terbawa arus sungai yang deras sepanjang sekitar 10 meter hingga masuk jurang berupa sungai yang sangat dalam. Operasi pertama berhasil mengeluarkan sampah sekitar 60 karung berikut beberapa potong bambu, kayu yang terbawa banjir dari celah-celah besi konstruksi jembatan. Area yang dibersihkan 10%.

Proses Evakuasi. Photo by Johanes JenitoProses Evakuasi. Photo by Johanes JenitoDiskusi Relawan. Photo by Johanes JenitoDiskusi Relawan. Photo by Johanes Jenito

 

Sabtu, 24 November 2018
Beberapa relawan Komunitas Peduli Ciliwung dan Tim Reaksi Cepat - Badan Penanggulangan Bencana Daerah melakukan operasi bersama kembali. Operasi yang berjalan sekitar 6 jam, berhasil mengangkat sampah sekitar 30 karung sampah volume 50  kilogram. Area yang dibersihkan sekitar 30%.

 

Sabtu, 1 Desember 2018
Beberapa relawan dari Komunitas Peduli Ciliwung, Tim Reakasi Cepat - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Lingkungan Hidup bekerja sama mengevakuasi sampah kembali. Hasilnya, dua puluh karung berisi aneka sampah yang tersangkut diantara celah besi kontruksi jembatan. Sementara, untuk pertimbangan keselamatan tim, batang pohon, ranting, potongan bambu dijatuhkan ke aliran sungai Ciliwung.

 

Proses evakuasi mulai pukul 08.30 sampai pukul 13.00. Total area yang dibersihkan sekitar 80%. Tersisa 20% lagi yang akan dilanjutkan pada Sabtu, 8 Desember 2018. Sampah yang menyangkut berhasil dikumpulkan dan akan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah.

 

Berikut adalah album foto

 

Salam dari Kota Bogor.

FJoe

26 comments
Connect Moderator

Re: Local Guides clean The World - Evakuasi Sampah Jembatan

You don't need to say sorry, @RiverDefender

What you are doing in Bogor is simply amazing, and I believe that all your community is very proud of you.

Four weekend of cleanup for removing garbage and reducing the risk for the bridge, and for all the people that is using it is impressive.

The video of the flood is scaring, and it clearly explain how important is to keep the river clean.

 

Technical feedback, @RiverDefender.

Please share your album, it is not public

@DavidTito, please read this amazing post

 

Level 8

Re: Local Guides clean The World - Evakuasi Sampah Jembatan

@RiverDefender that water is flowing very fast please take care and risking your life your doing a wonderful job but please be careful I will sort out rest at my end don't worry 

Level 10

Re: Local Guides clean The World - Evakuasi Sampah Jembatan

Ya Tuhan ... Saya lupa membuka tombol pada album foto. Tapi jangan khawatir, sudah saya perbaiki. Sekarang @ErmesT dan teman-teman bisa melihat beberapa foto dalam  Album Photo Evakuasi Sampah Jembatan

 

Saya segera posting edisi River Walk Seri I-IV.

 

Salam dari Bogor

FJoe

Google Moderator

Re: Local Guides clean The World - Evakuasi Sampah Jembatan

Halo @RiverDefender,

 

Terima kasih sudah berbagi cerita dan pengalaman yang sangat menginspirasi ini. Semoga dapat meningkatkan kepedulian masyarakat luas mengenai pentingnya kegiatan seperti ini untuk lingkungan sekitar kita. 

 

Semangat terus dan ditunggu cerita edisi selanjutnya. 

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Level 10

Re: Local Guides clean The World - Evakuasi Sampah Jembatan

Terima kasih @DavidTito kami betul-betul berpesan kepada semua tim yang terlibat. Ini evakuasi berbahaya dan sangat sulit. Untuk itu, sangat harus team dengan kualifikasi resque dan alat yang cukup. Karena apapun alasannya, keselamatan jiwa tetap nomer satu.

 

Secara pribadi saya sangat menghargai upaya team Badan Penanggulan Bencana Daerah - Kota Bogor yang sudah bekerja sepenuh hati hingga tersisa pekerjaan 20% lagi.

 

Salam

FJoe

 

Level 10

Re: Local Guides clean The World - Evakuasi Sampah Jembatan

Terima kasih @AngieYC saya dan teman-teman di Bogor Ciliwung Community akan terus bergerak dan bersuara, betapa pentingnya keseimbangan alam ini.

 

Segera diterbitkan beberapa cerita yang dilakukan oleh teman-teman di Bogor bersama Bogor Local Guides. Mereka @BudiFXW yang selalu menjadi teman diskusi menarik. @johanesjenito yang mengabadikan waktu-waktu yang menegangkan, @SUDIYAH yang mendukung dari balik meja dan membangun kepedulian lewat sosial media.

 

Ada juga @Nadyna29 yang selalu membuat kami tergelak dengan candanya. Dan @MutiahA yang akan segera menambah semarak rencana Bogor Local Guides.

 

Salam Kolaborasi

FJoe

Google Moderator

Re: Local Guides clean The World - Evakuasi Sampah Jembatan

Halo @RiverDefender,

 

Tampaknya agak menegangkan namun karena dari sesama rekan saling membantu semuanya berjalan lancar dan sekaligus menyenangkan.

 

Semangat terus dan selalu menginspirasi!

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Level 10

Re: Local Guides clean the world - A Local Guides project

@ErmesT Betul...

 

Selamat bergabung @Kol-Colleen_2018 mari saling terhubung agar tidak ada lagi yang menderita karena perilaku manusia.

 

Baru-baru inii, sedih melihat berita ikan Paus Sperma di Wakatobi mati dengan penuh sampah di dalam perutnya.

 

 

Salam dari Bogor

FJoe

Level 6

Re: Local Guides clean The World - Evakuasi Sampah Jembatan

Tetap semangat semua. Selalu percaya bahwa niat baik dan hati yang tulus ikhlas akan menggetarkan hati yang lainnya. Kelas pasti sungai kita akan bersih. Aminnnn.. Semangat kawan! @RiverDefender @johanesjenito