RiverDefender's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 10

[Rekap] World Water Day 2019

WORLD Water Day 2019 di Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia pada Sabtu 23 Maret kemarin diperingati dengan beberapa rangkaian kegiatan dalam acara Kopi Pinggir Kali #5 dengan tema Air dan Bumi Demi Masa Depan. Peserta yang datang dari kalangan pemerintah, dunia usaha, komunitas, akademisi dan media. Dari pemerintah hadir Sekretaris Kecamatan Tanah Sareal, Lurah Tanah Sareal, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) lembaga di bawah Kementrian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Republik Indonesia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Palang Merah ndonesia (PMI). Dari Akademisi adalah perwakilan dari Institute Pertanian Bogor (IPB), Universitas Ibnu Khaldun. Dari Komunitas adalah Bogor Ciliwung Community (Komunitas Peduli Ciliwung), Gerakan Ciliwung Bersih, Bogor Womens Club, Karang Taruna RW XII Kel. Kedung Badak, Bogor Local Guides, Polisi Masyarakat (POLMAS Bogor Raya), Komunitas SAR & Rescue, Pramuka Kwarcab Kota Bogor, Komunitas Pecinta Alam (KOPAL) serta peserta Kongres Sungai Indonesia 4. Dari dunia usaha adalah perwakilan manajemen pengelola Plaza Jambu Dua, Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya - Kota Bogor, Perwakilan dari Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) Kota Bogor). Dari media ada RTV (Rajawali Televisi - Jakarta).

Peserta Aksi World Water Day Photo by Rey TisnaPeserta Aksi World Water Day Photo by Rey Tisna
Kegiatan dimulai dengan registrasi dan menikmati kopi pagi dengan konsep bayar suka-suka. Kopi disajikan dengan cangkir kertas. Kopi diseduh dengan manual brewing. Peserta bisa menikmati kopi dengan membayar sukarela. Salah satu kedai kopi yang menyajikan adalah Nosy Kahve diserbu peserta aksi. Kemudian dilanjutkan dengan tausyiah tentang lingkungan oleh Ustadz Haji Dadang Munawar. Dalam pesan yang disampaikan, bahwa manusia yang tidak menjaga air dan bumi beserta isinya adalah manusia yang kejam. Kemudian dilanjutkan dengan olah raga pagi dengan senam Zumba. Hampir setengah peserta memenuhi area depan panggung untuk mengikuti gerakan dari instruktur senam.
 
 Bogor Local Guides dan Local Guides Peserta Kongres Sungai Indonesia Photo by Debhy - Bogor Local GuidesBogor Local Guides dan Local Guides Peserta Kongres Sungai Indonesia Photo by Debhy - Bogor Local Guides
Dalam sesi diskusi, ada narasumber dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya, Praktisi Media dan Komunitas. Dalam sesi diskusi dapat ditangkap dengan jelas bahwa kepedulian tidak cukup dengan kata saja. Tapi perlu tindakan nyata individu, lembaga atau kelompok secara bersama lewat berbagai cara. Bisa melakukan dengan menjaga lingkungan tetap bersih, menjaga sumber mata air, menanam pohon, kampanye lewat beragam media. Baik lewat media digital, koran, majalah. Manusia tidak bisa hidup tanpa air. Sementara, salah satu praktisi Bank Sampah, Om Pay berbagi pengalaman. Bagaimana sampah dari rumah tangga tidak mencemari sungai sebagai salah satu sumber air bersih bagi masyarakat dan dapat bernilai ekonomi dan lingkungan dengan cara dipilah dari rumah. Dalam sesi diskusi disajikan snack berupa jagung, pisang dan singkong rebus dalam wadah tampah beralaskan daun pisang.
 Bogor dan Jakarta Local Guides Photo by Andrias IshakBogor dan Jakarta Local Guides Photo by Andrias Ishak
Setelah sesi diskusi interakti, dilanjutkan dengan acara membersihkan daratan di sekitar sungai Ciliwung di sekitar Jembatan Situ Duit . Peserta yang berjumlah sekitar 300 orang. Dalam waktu sekitar 90 menit, peserta aksi mengumpulkan sampah daratan sekitar sungai sebanyak 110 karung atau setara 2 ton. Sampah ini berupa plastik kemasan sekali pakai, styrofoam, kain, botol kaca dan sampah an-organik lainnya.
 
Semua peserta tak terkecuali Local Guides yang hadir menikmati suasana cukup indah di tengah suasana panas. Maklum saja, aksi membersihkan sungai mulai sekitar pukul 10.15. Di sela waktu membersihkan sungai ada yang mengabadikan suasana dengan foto-foto, membuat video. Lelah? Pasti... 
 
Dalam suasana kehausan, panitia acara sudah menyiapkan air minum isi ulang berikut gelas. Bagi yang membawa tumblr tinggal isi. Ini juga sebagai bentuk cara kampanye untuk mengurangi sampah ke masan dari botol minum sekali pakai 
 
Terima kasih untuk kita bersama bagi teman-teman dari Jakarta, Depok dan Bogor Local Guides yang turut serta beraksi di peringatan World Water Day 2019. Selamatkan Air dan Bumi Demi Masa Depan! Sampai jumpa pada meetup selanjutnya.
Jembatan Situ Duit, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bantarjati, Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia
14 comments
Level 9

Re: [Rekap] World Water Day 2019

Wow, meet-up yang luar biasa. Senang melihat makin banyak pihak yang terlibat dalam gerakan ini dan masing-masing memberi kontribusi dari berbagai bidang.

Terima kasih @RiverDefender sudah mengajak teman-teman Local Guides hadir ke acara besar ini. @ErmesT tentu senang melihat ini.

 

Maaf saya tidak bisa hadir kemarin karena masih di Jogjakarta. Semoga Bogor Local Guides sukses selalu dan bisa semakin bermanfaat bagi sekitar.

 

Salam,

Mutiah

Level 10

Re: [Rekap] World Water Day 2019

Mantap @RiverDefender .

 

Congraturlation bro .

 

Hope this will be yearly event for Bogor Local Guides and Jakarta Local Guides.

 

Thank you @Andries0313 , @wanda_ishak , @Ain_amush , @Liahakso , @debbyregINA  for joining this full of memory event.

Tag (@BudiFXW) in your post or comment, I will happily to connect with you.
Level 8

Re: [Rekap] World Water Day 2019

Mantoel, Oom @RiverDefender 

 

Ini meet up yang berfaedah demi lingkungan dan alam sekitar Sungai Ciliwung yg lebih baik. Kerja koloborasi para pihak bikin acara ini tambah yahud. Mungkin model beginian busa di-scalling up & direplikasi pada momentum2 selanjutnya dgn pelibatan aktor yg lbh beragam. Biar gaung Local Guides Clean The World makin cetar membahana

 

Punten euy saya tak bisa ikutan kemarin. Moga2, bila tak ada halangan, Sabtu mendatang bisa join lagi main di sungai

 

 

Level 8

Re: [Rekap] World Water Day 2019

Sorry ya Mas cuma dateng sebentar doang

Level 9

Re: [Rekap] World Water Day 2019

Pak @RiverDefender , conggratulation for the successful event yesterday. We all @Andries0313 , @wanda_ishak , @Liahakso , and others want to thank you for your great effort to keep the cleanliness of Ciliwung river.

Regards,
Andries Ishak
Level 8

Bls: [Rekap] World Water Day 2019

Akhirnya kita bisa berpoto di pinggir sungai ciliwung, terima kasih mas @RiverDefender . ajak2 lagi ya kalau ad mitap disini.

Level 10

Re: [Rekap] World Water Day 2019

Waaaah, seru banget @RiverDefender . Pantesan kog kayak nggak asing, ternyata ada my lovely couple local guides, @wanda_ishak & @Andries0313 
Sukses buat acaranya ya kang, sekalian tak share di Local Guides Clean The World ya

Level 10

Re: [Rekap] World Water Day 2019

Terima kasih @MutiahA ... Ya tentu harapan Anda adalah harapan kita semua. Jangan sampai surat dari teman 2070 sampai hadapan kita.

 

Level 10

Re: [Rekap] World Water Day 2019

Terima kasih Pak Bro @BudiFXW 

Secara off line kegiatan semacam ini harus dikemas menarik. Kampanye secara digital atau online juga tidak boleh kalah menarik.

 

Syukur-syukur ini menjadi agenda rutin.

 

Tentu akhirnya adalah harapan kita bersama.