Anonymous's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Anonymous
Not applicable

Local Guides Meetup at Taman Wisata Matahari [Recap]

Local Guides Meetup 2018 at Taman Wisata Matahari Cisarua, Bogor, West Java, IndonesiaLocal Guides Meetup 2018 at Taman Wisata Matahari Cisarua, Bogor, West Java, Indonesia

Pertama-tama saya sampaikan terimakasih banyak khususnya kepada Putra Matahari Outbound dan Management Taman Wisata Matahari yang telah memberikan support yang luar biasa sehingga Meetup Local Guides di Taman Wisata Matahari dapat terselenggara dengan baik.

 

Terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya juga saya sampaikan kepada pak @BudiFXW, Mutiah, Nuti Laraswati, mbak Maulina Lestari, mas @SuhandiWidjaja, mas Iman Widianto, Hendra Gunawan dan semua local guides lainnya yang telah berpartisipasi dalam meetup tersebut.Meetup Local Guides at Taman Wisata Matahari 2018.jpg

Ada banyak pengetahuan dan pengalaman berharga yang saya (dan juga saya yakin semua peserta) dapatkan dari penyelenggaraan meetup di Taman Wisata Matahari. Yang paling mengesankan terutama adalah pelajaran yang saya petik dari sharing pengalaman pak Budi yang bulan lalu mengikuti Google Summit 2018 di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Penganugrahan Bendera dan Pin Local Guide oleh pak FX Budi dan MutiaPenganugrahan Bendera dan Pin Local Guide oleh pak FX Budi dan Mutia

Dengan gaya bicaranya yang khas, beliau menceritakan semua rahasia sukses dan suka duka yang dia jalani selama menekuni hobbynya sebagai seorang local Guides dari A sampai Z.

Selain itu, tips dengan benang merah "just to be your self" yang diberikan mbak Mutiah juga sangat menginspirasi saya.

Penggalan cerita pak FX Budi dapat anda saksikan dalam video yang dibuat oleh bung Hendra Gunawan di bawah ini

Hal lain yang sangat mengesankan adalah serunya suasana selama meetup berlangsung. Meskipun kebanyakan peserta adalah orang-orang yang baru pertama kali saling bertemu, namun saya tidak merasakan suasana canggung sama sekali dengan mereka.

 

Seperti yang biasa berlangsung di group whatsapp, komunikasi di antara kami terasa begitu cair dan akrab. Di sela-sela pembicaraan serius, tak jarang kamipun larut dalam canda tawa lepas khas komunitas local guides.Indonesian Women Local Guides CommunityIndonesian Women Local Guides Community

Sesuai jadwal, meetup dimulai dengan acara pembukaan dan sambutan dari Putra Matahari Outbound dan perwakilan management Taman Wisata Matahari selaku sponsor. Pada sambutannya, pimpinan Putra Matahari outbound dan perwakilan management TWM menyampaikan perkenalan serta ucapan terimakasih dan harapannya atas kedatangan kami di sana.

 

Di sela sambutannya, perwakilan management TWM juga sempat menjelaskan tentang banyaknya duplikat dari Google Map resmi Taman Wisata Matahari. Melihat hal tersebut, Suhandi Wijaya dan Sdr. Hendra yang telah menyandang predikat sebagai Trusted Street Viewer pun langsung beraksi untuk menghapusnya.

 

Aksi serupa juga dilakukan oleh semua local guides, kecuali saya sendiri karena saya sudah melakukannya jauh-jauh hari sebelumnya. Hasilnya sampai tulisan ini diposting, alhamdulillah semua listingan spam itu sudah tidak terlihat lagi. Tapi listing spam itu kemungkinan masih akan ada lagi karena banyaknya oknum pelaku spam yang seakan tak pernah bosan membuat Google Map palsu dengan nama Taman Wisata Matahari.Dari kiri: Suhandi Wijaya, Mutiah, FX Budi W.Dari kiri: Suhandi Wijaya, Mutiah, FX Budi W.

Setelah itu pak FX Budi yang kami undang sebagai pembicara utama, menyuguhkan wejangan berbagi pengalaman dan pengetahuan seputar dunia local guides. Beliau juga menjelaskan tentang apa itu local guides dan etika yang harus dipatuhi semua local guides dalam menulis review khususnya pada event meetup bersponsor.

Hal itu beliau tekankan untuk memberikan pemahaman yang benar tentang local guides serta mempertegas rambu-rambu yang tidak boleh dilanggar oleh local guides. Seusai acara sharing session, kamipun disuguhi hidangan makan siang di warung Adem Ayem yang berada di Food Court Pasar Murah, tepat di depan Aula Manado di mana meetup berlangsung.

 

Menu Makan Siang di Warung Adem Ayem.jpg

Walaupun menu makan siang itu tidak terlalu istimewa, tapi kami menikmatinya dengan lahap. Tak perlu waktu lama, semua hidangan di atas meja ludes kami santap. He he he.. maklumlah, mungkin karena kami semuanya memang belum sarapan pagi sebelum berangkat.Terminal Mobil Warawiri.jpg

 

Setelah makan siang, kami berjalan kami menuju Wahana Terminal Mobil Wara-wiri yang membawa kami berkeliling kawasan Taman Wisata Matahari.

 

Pemandu Mobil Warawiri.jpeg

Tidak seperti biasanya, Aldy - marketing manager TWM - kali ini menjadi pemandu wisata di mobil Warawiri yang kami tumpangi. "Biasanya sih bukan saya yang menjadi pemandu di mobil wara-wiri ini pak. Tapi kali ini saya harus terjun langsung menjadi pemandunya" kata Aldy kepada kami.

"Wah, berarti kita tamu VIP dong.. " celetuk pak FX. Budi sembari tertawa ringan dan diiringi gelak tawa seisi mobil warawiri.

Menurut salah seorang manager TWM, seharusnya management yang menjadi sponsor utama meeetup local guides ini, bukan Putra Matahari Outbound. Oleh sebab itu dia berharap agar meetup local guides di Taman Wisata Matahari dapat diselenggarakan lagi dengan jumlah peserta yang lebih banyak.

 

Dia optimis pihak management TWM akan siap mendukung penyelenggaraan meetup yang akan datang jika kami mengajukan proposal jauh hari sebelumnya. Di sepanjang perjalanan menyusuri jalan mengelilingi kawasan TWM yang luasnya sekitar empat hektar, Aldy menyampaikan presentasi singkat tentang wahana-wahana yang kami lewati.wahana-permainan-anak-taman-matahari.jpg

 

Rombongan kami pun berhenti sejenak untuk memasuki wahana-wahana gratis yang termasuk dalam tiket tanda masuk. Di sepanjang rute yang kami lewati memang banyak spot menarik dan instagramable sehingga semua peserta pun sibuk melakukan photo dan video hunting.

 

Master FX Budi yang duduk di depan saya juga seolah tak mau kalah semangat dengan para juniornya. Yang membuat saya berdecak kagum, ternyata pak Budi mampu mengumpulkan ratusan point dalam sekali upload puluhan video. Tak heran kalau pointnya sangat luar biasa besarnya. Bagi saya, terus terang hal seperti ini merupakan sebuah pengetahuan yang berharga.

 

Sebelum kembali ke warung Adem Ayem di mana kami menitipkan barang bawaan, kami singgah di kantor Putra Matahari Outbound yang berlokasi di tepi Jalan Desa Cilember tak jauh dari kawasan Taman Wisata Matahari.

 

Di sana kami sempat masuk ke dalam kantor dan mengedit lokasi kantor Putra Matahari Outbound yang koordinatnya di Google Map kurang tepat. Setelah berfoto bersama, kami pun kembali ke warung Adem Ayem untuk berpamitan pulang.

 

Lihat album foto Meetup Taman Wisata Matahari  di https://photos.app.goo.gl/JxWSZZUPVJ5oGvy68

 

Kesimpulan:

Secara keseluruhan acara meetup di Taman Wisata Matahari berjalan lancar dan sukses meskipun tidak semua local guides yang telah mendaftarkan diri di RSVP tidak hadir dan beberapa acara seperti Ice Breaking terpaksa ditiadakan karena keterbatasan waktu.

Taman Wisata Matahari, Jalan Raya Puncak, Leuwimalang, Bogor, West Java, Indonesia
32 comments
Level 10

Re: [Recap] Local Guides Meetup at Taman Wisata Matahari

Nice to see you're together in such friendly way. I like this @Anonymous

and what a Google themed location 😄

Amir | Join us on IranLocalGuides
Anonymous
Not applicable

Re: [Recap] Local Guides Meetup at Taman Wisata Matahari

Thank you very much for your comment and kudos @Amiran

Level 10

Re: [Recap] Local Guides Meetup at Taman Wisata Matahari

Level 6

Re: [Recap] Local Guides Meetup at Taman Wisata Matahari

Salam kenal, maaf mas mau tanya rambu-rambu yang tidak boleh dilanggar oleh local guides apa ya? Boleh tau?

www.iidyanie.com
Level 10

Re: [Recap] Local Guides Meetup at Taman Wisata Matahari

Participants are good friends with each other @Anonymous
First, I was touched by the beauty of the first image. And the style where they draw a circle on the floor is impressive and favorite for me😃

#Let's introduce your Japan with #DeepJapan hashtag. You will discover Japanese background stories.
#Let's try your native language conversation with Google Translate #UseNativeLanguage
#Enrich Google Maps with Cycling information #Bike
#lit.link/yasumikikuchi #Guiding Star 2022 Inclusive Mapper

Anonymous
Not applicable

Re: [Recap] Local Guides Meetup at Taman Wisata Matahari

Yhank you very much @davidhyno

Level 8

Bls: [Recap] Local Guides Meetup at Taman Wisata Matahari

Terima kasih buat pak @Anonymous yang sudah menyelenggarakan meetup di Taman Wisata Matahari - Bogor. Dari 27 yang rsvp hanya 22 orang yang datang. Peserta datang dari Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi. Sudah seperti meetup regional.

Terima kasih juga mbak Maulina yang ikut survey lokasi

Terima kasih juga buat pak @BudiFXW buat sharing session nya

Dan mbak @MutiahA yang sudah denger namanya dari tahun lalu, tapi baru bisa ketemu sekarang.

 

Semoga meetup jabotabek bisa lanjut lagi.

 

 

SuhandiWidjaja

Anonymous
Not applicable

Re: [Recap] Local Guides Meetup at Taman Wisata Matahari

Salam kenal juga mbak @Hydriani dan terimakasih atas komentarnya. Salah satu rambu yg tak boleh dilanggar adalah obyektifitas review yg kita tulis. Meskipun bersponsor tp setiap local guides harus tetap obyektif dalam mereview tempat yg dikunjungi.

Level 8

Re: [Recap] Local Guides Meetup at Taman Wisata Matahari

mbak @Hydriani,

Perilaku dan partisipasi yang pantas

Anda harus mematuhi Persyaratan Universal. Sebagai contoh, namun tidak terbatas pada hal ini saja, Anda setuju bahwa saat menggunakan produk atau layanan Google, Anda tidak akan:

  • mencemarkan nama baik, menyalahgunakan, melecehkan, mengawasi diam-diam, mengancam, atau melanggar hak hukum (termasuk hak privasi dan publisitas) pihak lainnya;
  • meminta, mengumpulkan, atau memerlukan informasi pribadi orang lain;
  • mengupload, memposting, mengirim email, mentransmisikan, atau menyediakan konten atau pesan yang melanggar hukum, tidak pantas, mencemarkan nama baik, atau tidak senonoh;
  • menerobos, atau berupaya untuk mendapatkan, atau mendapatkan akses ke segala jenis properti atau lokasi yang hak atau izinnya tidak Anda miliki;
  • mengupload, memposting, atau membuat iklan atau pesan komersial, skema piramida, atau pemberitahuan mengganggu lainnya;
  • meniru identitas seseorang atau entitas lainnya;
  • mempromosikan atau menyediakan informasi yang berisi petunjuk tentang aktivitas ilegal;
  • mempromosikan gangguan fisik atau pencederaan terhadap kelompok atau individu;
  • mengirim virus, worm, item cacat, Trojan horse, atau item yang bersifat merusak lainnya; atau
  • mengirim review, hasil edit, atau penghapusan yang palsu, dipalsukan, menyesatkan, atau tidak pantas.

Local Guide harus mematuhi segala aturan atau peraturan Acara, serta hukum yang berlaku, saat menghadiri Acara.

untuk lebih lengkapnya baca di https://maps.google.com/localguides/rules