MutiahA's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 9

[RECAP] Exploring Pulo Geulis in Bogor

Halo, teman-teman! Kemarin (09/12/18) saya beserta teman-teman Local Guides Jakarta, Bogor, dan Bekasi berkumpul di Bogor untuk melaksanakan meet-up Bogor Hidden Trail #1 : Exploring Pulo Geulis. Dari pagi-pagi sekali saya sudah standby di Stasiun Bogor untuk menjemput teman-teman dari Jakarta dan Bekasi.  Menunggu kali ini tidak terasa membosankan karena satu persatu teman datang dan kita mengobrol banyak hal, sekaligus mencoba kudapan dari beberapa teman yang hadir. Saya sendiri membawa sekotak lapis talas khas Bogor sebagai welcome snack untuk teman-teman ?
 
Beberapa peserta berfoto dengan snack lapis talas Bogor. Credit to Devi RahmawatiBeberapa peserta berfoto dengan snack lapis talas Bogor. Credit to Devi Rahmawati

Sekitar pukul 09.15, kami memulai perjalanan. Masih didalam stasiun, saya menjelaskan sedikit tentang rute yang akan kita lalui. Sekitar 10 menit penjelasan dan berfoto, kami langsung bergegas ke titik-titik menuju Pulo Geulis sembari berjalan kaki. Sepanjang perjalanan, kami banyak disuguhi pemandangan bangunan-bangunan kolonial yang menarik. Kami menyempatkan diri mampir ke Plaza Kapten Muslihat lalu ke Balaikota Bogor. Disana sudah ada Pak @RiverDefender, Mas @ndraverne, dan @Nadyna29 dari Bogor Local Guides. Kami berkeliling, berfoto, dsb. (Terima kasih Dyna untuk complementary drink-nya dan Bu @Ddimitra untuk foto 360 derajat yang luar biasa!)

 
Peserta berfoto di area depan teras Balaikota Bogor. Credit to Suparno JumarPeserta berfoto di area depan teras Balaikota Bogor. Credit to Suparno Jumar

 

Peserta berfoto di area halaman Balaikota Bogor. Credit to Devi DimitraPeserta berfoto di area halaman Balaikota Bogor. Credit to Devi Dimitra

 

Ibu Devi Dimitra menyiapkan kamera untuk sesi foto grup. Credit to Suparno Jumar.Ibu Devi Dimitra menyiapkan kamera untuk sesi foto grup. Credit to Suparno Jumar.

Sepanjang pemberhentian, saya mengajak teman-teman untuk selalu check-in lokasi mereka di timeline Google Maps dan berkontribusi. Hampir semua peserta terlihat semangat mendokumentasikan apa saja yang relevan untuk lokasi tersebut, karena kami melewati jalanan protokol Bogor yang banyak menyimpan sejarah seperti Jl.Kapten Muslihat, Jl. Ir.H.Juanda, dst. Tiga orang peserta berjalan di sisi depan menuju lokasi tujuan. Credit to Suparno Jumar.Tiga orang peserta berjalan di sisi depan menuju lokasi tujuan. Credit to Suparno Jumar.

 

 

Memotret salah satu area pertokoan di sepanjang perjalanan. Credit to Radja SitanggangMemotret salah satu area pertokoan di sepanjang perjalanan. Credit to Radja Sitanggang  Kami pun sampai di meeting point berikutnya, yaitu gerbang Kampung Padasuka, samping jembatan Otista. Sedikit area Pulo Geulis sudah terlihat dari jembatan. Bersama Mas @johanesjenito yang telah menunggu kami di ujung jalan, kami pun segera menyusuri perkampungan menuju Pulo Geulis.
 
Beberapa peserta sudah berjalan jauh kedalam kampung. Credit to Suparno JumarBeberapa peserta sudah berjalan jauh kedalam kampung. Credit to Suparno Jumar

Jembatan baja sudah terbentang dihadapan kami. Arus sungai Ciliwung pagi itu cukup deras. Namun konstruksi jembatan cukup kuat sehingga kami tidak ragu melewatinya. Setibanya di Pulo Geulis, kami disambut dengan aneka mural dan ilustrasi di dinding-dinding antar gang sempit. Kami menikmati suguhan ini sembari berjalan menuju Klenteng Pan Kho.

 

Salah seorang peserta berswafoto di jembatan baja. Credit to Johanes JenitoSalah seorang peserta berswafoto di jembatan baja. Credit to Johanes Jenito

 Berbagai mural yang menghiasi dinding-dinding jalan utama kampung ini menceritakan banyak hal. Siapa sangka, daratan "pulau" seluas +- 2 hektar ini merupakan salah satu lokasi penting dari kerajaan Pajajaran, ekspedisi Tionghoa, hingga ekspedisi Belanda.

 
Mural dinding yang menyimbolkan harmoni keberagaman Pulo Geulis.Mural dinding yang menyimbolkan harmoni keberagaman Pulo Geulis.

 

Mural yang menjelaskan salah satu bagian sejarah Pulo Geulis. Credit to Dwi Ismanto.Mural yang menjelaskan salah satu bagian sejarah Pulo Geulis. Credit to Dwi Ismanto.

Sekitar pukul 10.30, kami pun tiba di landmark kampung ini, Klenteng Pan Kho Pulo Geulis. Klenteng ini merupakan klenteng tertua di Bogor. Klenteng ini menjadi jujugan utama setiap Cap Go Meh, dimana barongsai dan para pementas terlebih dahulu mengunjungi tempat ini sebelum memulai arak-arak. 

Konon, sejak Belanda menemukan pulau ini pada 1703, sudah terdapat masyarakat Sunda dan Tionghoa yang mendiami pulau ini dan terdapat klenteng ini sebagai tempat peribadatan. Hingga kini, klenteng ini masih menjadi tempat peribadatan bagi beberapa agama dan kepercayaan sekaligus (Buddhist, Taoisme, Khonghucu, Sunda Wiwitan, dll). Mungkin ini satu-satunya Klenteng yang memiliki petilasan, makam, dan musholla didalamnya. Asimilasi budaya terasa sangat kental. Namun, semua berjalan beriringan tanpa saling mengganggu.
 
Area depan klenteng.Area depan klenteng.

 

Sisi dalam klenteng untuk area pemujaan.Sisi dalam klenteng untuk area pemujaan.

 

Salah satu area pemujaan bersebelahan langsung dengan area masuk untuk petilasan dan musholla.Salah satu area pemujaan bersebelahan langsung dengan area masuk untuk petilasan dan musholla.

 

 Pak Bram, selaku salah satu pegiat budaya di Pulo Geulis, menceritakan sejarah klenteng dan Pulo Geulis secara menyeluruh dan menarik. Bagi saya pribadi, sebagai orang Bogor, makin tersadar bahwa banyak yang belum saya ketahui mengenai kota ini, terlebih masalah harmoni keberagaman. Diskusi kemarin sangat menginspirasi, jarang rasanya bisa membicarakan sejarah se-asyik ini. Terdapat juga teman dari komunitas Kampung Bogor yang ikut hadir di klenteng dan menceritakan banyak hal kepada kami. Setelah sesi diskusi dan dokumentasi lokasi, salah satu teman kami, Mas Hendra juga membantu pengelola klenteng untuk mengklaim lokasi mereka di Maps agar tidak rawan diganggu oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Kami menyempatkan diri sholat dzuhur di area musholla didalam klenteng tersebut. Ini pengalaman yang unik, karena mungkin satu-satunya klenteng yang dapat menjadi tempat beribadah seorang Muslim. Saya merasakannya sendiri, beberapa hari sebelumnya, saat saya hendak menyelesaikan sholat, salah seorang penganut Tao sedang meletakkan hio-nya di petilasan di belakang saya. Kami beribadah tanpa saling terganggu. Secara umum, ini adalah penyejuk disaat dunia luar sudah sangat ramai dengan kebencian-kebencian yang meruncing pada perbedaan. 
 
Pak Bram (tengah) memberi penjelasan. Credit to Nadyna PratamaPak Bram (tengah) memberi penjelasan. Credit to Nadyna Pratama

Dua orang peserta serius mendengarkan penjelasan. Credit to Johanes JenitoDua orang peserta serius mendengarkan penjelasan. Credit to Johanes Jenito

 

Peserta mendengarkan sembari mencoba kudapan. Credit to Johanes JenitoPeserta mendengarkan sembari mencoba kudapan. Credit to Johanes Jenito

Setelah sesi istirahat dan sholat, kami pun pamit dan melanjutkan perjalanan ke Bakso Kribo. Tempat ini merupakan salah satu spot kuliner favorit di pulau ini. Kedatangan kami langsung memenuhi warung ini. Suasana mulai cair saat sesi kuis dimulai. Pak Parno membawa beberapa souvenir, saya menyumbang beberapa stiker Google resmi, dan Pak Budi mengatur jalannya kuis dengan sangat baik. 



Gerobak utama Bakso Kribo.Gerobak utama Bakso Kribo.

 

Sesi kuis dimulai.Sesi kuis dimulai.

 Kami sangat senang acara ini dapat berjalan lancar dan sukses. Saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman atas dukungan terhadap acara ini. Tak lupa, kepada Pak @BudiFXW dan Pak @RiverDefender telah bersedia membantu saya mengatur jalannya acara dan membuat kegiatan semakin meriah.


Foto bersama seluruh peserta di depan Klenteng Pan Kho. Credit to Devi Dimitra.Foto bersama seluruh peserta di depan Klenteng Pan Kho. Credit to Devi Dimitra.

 Semoga ini bukan pertemuan yang terakhir. Sampai jumpa!

51 comments
Level 8

Bls: [RECAP] EXploring Pulo Geulis in Bogor

Acara berikutnya kita geser aja sedikit ke Kampung Labirin

Level 10

Re: [RECAP] EXploring Pulo Geulis in Bogor

Thank You  @MutiahA for hosting fun photowalks. I really enjoy it. Although very exhausted

 

 

Level 10

Re: [RECAP] EXploring Pulo Geulis in Bogor

It was great experience during Pulo Geulis Trip, I got lots of lessons history. Thank you Bogor Local Guide ,especially Mutiah as a host. 

Lets keep it up brotherhood between us.

See you in another meet up.

 

Thank you..

Best Regards

Level 10

Re: [RECAP] EXploring Pulo Geulis in Bogor

@MutiahA Seru... Perjalanan ini cukup jauh. Hingga @Nadyna29 merasa Kelelahan. 

 

Tapi saya yakin,  teman-teman masih sangat senang bila dilanjutkan dengan acara serupa di Bogor Explore. 

 

Salut @MutiahA sudah menjadi host yang baik. Dan Pak @BudiFXW yang mengatur jalannya quiz,  sehingga acara menjadi lebih semarak. 

 

Terima kasih juga teman-teman dari Jakarta Kocak Guides,  Bekas Local Guides yang sudah menciptakan keseruan bersama. 

 

Salam

FJoe

Level 8

Re: [RECAP] EXploring Pulo Geulis in Bogor

Hello @MutiahA

 

Thanks For Shearing with us 🙂

 

Your recap is amazing, thanks for sharing.

 

Greetings to everyone involved 🙂

Level 7

Bls: [RECAP] EXploring Pulo Geulis in Bogor

Hihi terimakasih kembaLi untuk @MutiahA yang udh jadi host Luar biasa ... Hebat yaa cuma untuk acara itu lho , aq sampe jalan kaki sejauh itu .. Hal yang ga setaun sekali dilakuin, keliling bogor ga pake kendaraan .. Hahaha tapi seru banget semoga acara selanjutnya lebih seru dari kemaren yaa mut , tp ini kaki sekarang lumayan agak kaku kalo dijalanin 😌😂😘

Level 8

Re: [RECAP] Exploring Pulo Geulis in Bogor

Thank you @MutiahA dan Bogor Local Guides sudah merancang walking trip yang asyik, diskusi keberagaman yang menarik, juga recap yang keren. Aku pendaftar pertama untuk trip berikutnya yaa...

Level 8

Bls: [RECAP] Exploring Pulo Geulis in Bogor

Terima kasih buat muthia dan teman2 local guide bogor yg sudah bersusah payah merancang acara ini.🙏

Jujur ini jadi satu pengalaman yang luar biasa buat saya, berjalan kali sekian jauh nya untuk bisa sampai di kampung geulis ini dan melihat langsung keberadaan vihara dengan mushola dibagian belakang nya. Sungguh indah dan damai nya melihat perbedaan tetapi menyatu disatu tempat.

Level 9

Re: [RECAP] Exploring Pulo Geulis in Bogor

Dear @MutiahA, thanks for arranging and hosting this awesome meet up at Pulo Geulis where we can see by ourself the unity in diversity where the people there can manage their differ religions and do their praying in harmony.

 

Also thanks to pak Budi who had tickle my curiousity about the harmony in Pulo Geulis and yes you are correct sir.

 

Hope there will be more meet ups coming up. Thanks.

Regards,
Andries Ishak