FachryMyID's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 10

Muncul saran mengulas untum tempat yang belum pernah dikunjungi

Halo,

Saya hari ini sedang mencari info mengenai sebuah perusahaan di Internet, lalu saya mendapatkan saran tempat tersebut di Google Pencarian dan diarahkan ke Google Maps dan mengklik link situs perusahaan tersebut. Beberapa saat setelah itu saya kembali membuka Google Maps, dibagian kontribusi saya mendapatkan saran untuk mengulas tempat tersebut.

Screenshot_20210406-225910_Maps.png

Terlihat di screenshot yang saya lampirkan, Ponta Indonesia muncul sebagai saran untuk diulas karena saya mengunjungi situs dari Google Maps. Apakah hal ini diperbolehkan untuk mengulasnya? @AngieYC 

 

Satu lagi, apakah jika saya memesan makanan melalui pemesanan seperti ojek online, boleh memberikan ulasan di toko yang saya pesan makanan tersebut?

 

Terimakasih

Muhammad Fachry | Local Guides since 2015
Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia
7 comments
Connect Moderator

Re: Muncul saran mengulas untum tempat yang belum pernah dikunjungi

Hi @FachryMyID

 

Please don't review places that you have not visited or brought something from.  Why would you review a place just because you get

an incorrect suggestion/prompt?

 

Feel free to review the food you get delivered.

 

Cheers

Morten 

Level 9

Re: Muncul saran mengulas untum tempat yang belum pernah dikunjungi

It's interesting how Google interact with phones, laptops, and tablets. My experience is anytime I have my location option active in the phone, I receive a notifications asking for a review.  Even if I haven't  visit the place.  That most be a system default. 

Regarding making a review,  anytime I get a service or product from a vendor that is available and located on Google,  I made the review.  I am on the believe that anytime we as Local Guide made a review,  we offer the location or business an opportunity to receive an outside opinion that will help them to improve their business. So, yes..do the review on the delivery service. 

Ponlo en tu lista, Visitar a Puerto Rico ✈
Level 9

Re: Muncul saran mengulas untum tempat yang belum pernah dikunjungi

Katanya laman ini , sih: "...di Google Maps lu bisa menulis ulasan atas tempat tempat yang pernah lu datangi..," Kak @FachryMyID 

 

Pun di sini : "...kontribusi harus berdasarkan informasi dan pengalaman yang sesungguhnya."

 

Jadi, imho, kalau kita belum pernah mendatangi, mengunjungi, membeli/menggunakan layanan dari sesuatu tempat, maka kita tidak bisa memberikan ulasan atas tempat tersebut.

 

Tapi.., siapa yang tahu, ya, kan? Wkwkk..

Level 9

Re: Muncul saran mengulas untum tempat yang belum pernah dikunjungi

Lalu apakah boleh memberikan ulasan di Google Maps setelah melakukan pembelanjaan online?

Harusnya, sih, imho, boleh. Karena kita telah benar benar menggunakan layanan dari tempat usaha yang bersangkutan.

Lha wong memberikan ulasan atas pengalaman virtual  aja boleh, kok , Kak @FachryMyID  . Pilates online. Wkwkk..

Google Moderator

Re: Muncul saran mengulas untum tempat yang belum pernah dikunjungi

Halo @FachryMyID,

 

Terima kasih sudah men-tag saya, sepertinya pertanyaan kamu sudah dibantu jawab oleh rekan Local Guides yang lain. Betul apa yang dikatakan oleh @MortenCopenhagen untuk tidak mengulas tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, karena ulasan dalam Google Maps harus berdasarkan pengamalan kamu agar dapat bermanfaat bagi Local Guides lainnya.

 

Pertanyaan kamu sebelumnya mengenai apakah boleh memberikan ulasan kepada toko yang kamu pesan secara online, sudah dijawab dengan baik juga oleh @iorikun301. Tentu saja kamu dapat memberi ulasan mengingat kamu membeli produk dari toko tersebut walaupun tidak datang langsung ke tokonya. 

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Level 10

Re: Muncul saran mengulas untum tempat yang belum pernah dikunjungi

Terimakasih untuk jawabannya @Nosaint2_Rafael_Fe @iorikun301 

@AngieYC 

Saran saya, sebaiknya untuk tempat yang belum pernah dikunjungi tempat fisiknya, seperti hanya karena pernah melakukan pencarian atau mengunjungi situs dari Google Maps, jangan disarankan untuk diulas, karena ini bisa jadi masalah buat kedepan. Saya sering mencari sebuah restoran di satu kota, dan hasilnya begitu banyak yang mucul, ketika satu-satu saya kunjungi tempatnya di Google Maps untuk melihat-lihat infonya besoknya semua cabang tersebut mucul di laman kontribusi sebagai saran ulasan. Ini merepotkan buat saya untuk mengabaikan/melewatinya satu persatu.

Muhammad Fachry | Local Guides since 2015
Connect Moderator

Re: Muncul saran mengulas untum tempat yang belum pernah dikunjungi

Hallo kang @FachryMyID 

Sehat selalu ya salam  untuk teman teman Bandung local guides  . 

Tentang pertanyaanana seperti terjadi bagi kita semua ya 

Pengalaman yang sering saya rasakan juga begitu  pergi ke suatu tempat hanya karena lokasi berdekatan atau satu kawasan pasti ada saja yang disarankan untuk review .

Sudah terjawab sekarang . 

 

Hatur nuhun