PuputR's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 7

Mengatasi Not Applied place added

1. Pilih tujuan/tempat yang belum terdaftar pada Google maps

2. Pastikan temen temen ada di tempat tersebut

3. Foto bagian depan, samping kanan kiri bangunan. Bisa juga capture jalan yang memperlihatkan keterangan tempat tersebut, seperti spanduk, nama gang, neonbox dll.

4. Setelah langkah nomor 3 selesai, buka galeri. Pilih salah satu foto, kemudian share menggunakan titik 3 pojok kanan atas atau option bar ke icon google maps (keterangan : add photo to google maps)

5. Setelah foto terpilih. Pilih option choose location di top center. Kemudian scroll kebawh sampai menemukan weblink word warna biru "add missing place"

6. Apabila add missing place telah di pilih. Temen temen bakal menemukan menu edit tempat. Isi sesuai nama tempat/ bangunan yang ingin di masukkan.

7. (Paling penting) untuk dapat lolos kriteria tempat yang di standarkan oleh google. Pilih maps yang ada di menu edit sebagai petunjuk menuju tempat tersebut. Klik bullet gps yang ada. Bullet warna biru akan menyesuaikan tempat yang valid saat anda berada di tempat tersebut. Apabila telah memilih bullet tetapi belum bisa di pilih menu bar "done". Saya merekomendasikan secara manual. Hal tersebut terjadi kemungkinan tidak ter deteksi oleh street view atau kebijakan privat google maps.

8. Isikan semua data mulai dari jam operasional, telepon, website dll secara valid.

9. Kalau filling box belum tersedia, pastikan temen temen pilih weblink advance. Jika sudah di lakukan, temen temen bakal melihat menu add photo pada bagian bawah.

10. Klik kotak add photo tersebut kemudian pilih beberapa foto (sangat direkomendasikan lebih dr 3). Untuk mempermudah. Simpan foto dalam satu folder.

11. Pastikan pengisian data valid. Bisa beberapa kosong seperti jam operasional, nomor tlp, dan website. Direkomendasikan lengkap.

12. Submit add place temen temen pada tanda navigasi pojok kanan atas.

13. Tunggu konfirmasi dr google. Biasanya akan diberitahukan via email bahwa add place temen temen live atau telah release. Biasanya kalau valid selama 24 jam. Selebihnya, memang kebijakan google untuk survei kepada local guide yang lain untuk memastikan bahwa data yang terisi valid.

14. Cek poin counter 🙂

 Terimakasih. Semoga membantu. Saran dan masukkan bisa di komen yaaa 🙂

Yogyakarta, Indonesia
6 comments
Level 7

Re: Mengatasi Not Applied place added

Sip.. jika caranya seperti ini akan selalu didapat tempat dan foto yang update  
salam @PuputR

Level 7

Re: Mengatasi Not Applied place added

Selamat mencoba yaa.. Senang bisa membantu 🙂

Level 10

Re: Mengatasi Not Applied place added

@PuputR  thanks ya sharingnya, ini wajib dicoba dan dipraktekkan.

Level 7

Re: Mengatasi Not Applied place added

Sama sama.. Semoga membantu 🙂

Level 9

Re: Mengatasi Not Applied place added

Gan @PuputR, yg poin nomer 4 itu cuma ada di hp android yah? iphone ga ada fitur seperti itu, semua nya kudu mesti submit missing listing dulu di Maps, baru bisa nambah foto (berarti tunggu di approve dulu). Mungkin jika ada rekomendasi bagi iphone users akan lebih bagus. 🙂


@PuputR wrote:

 

4. Setelah langkah nomor 3 selesai, buka galeri. Pilih salah satu foto, kemudian share menggunakan titik 3 pojok kanan atas atau option bar ke icon google maps (keterangan : add photo to google maps)

 


 

Level 7

Re: Mengatasi Not Applied place added

Haloo @SamuelEdyson , terimakasih sudah memberikan improvment postingan ini. Memang benar ini untuk ponsel android. Postingan yang di berikan sebatas pengalaman add place. Dan memang sedikit sulit untuk memposisikan blue dot dan pin meskipun telah di letakan di titik yang sebenarnya pada tempat yang belum terjangkau street view. Untuk add place masih sangat tergantung street view. Saya juga pernah menunggu proses approve. Kecuali memang tempat tersebut berada di piggir jalan utama atau telah dilalui street view, sehingga proses approve bisa lebih cepat. Saya pernah melihat fotografer street view itu menggunakan mobil dengan kamera besar (menyerupai lensa satelit dengan panjang 80-90 cm) diletakan di atas mobil di setting sedemikian rupa kemudian sesorang mengendarai mobilnya seperti biasa tanpa ad instruktur khusus diatas mobil. Street view seperti ini belum dapat menjangkau gang gang khusus atau jalan alternatif lain menuju suatu tempat. Hal ini menjadi sebuah faktor yang dapat menyebabkan kegagalan add place.

 

Apabila, pengguna Iphone harus terlebih dahulu add place secara manual. Pastikan terlebih dahulu maps yang digunakan berbentuk bawaan ponsel tersebut atau memang benar benar google maps lisensi google sebagai penyedia google local guide. Atau mungkin fitur sharing masih terkunci untuk beberapa aplikasi (setau saya). Karna saya bukan pengguna iphone, mungkin solusi selanjutnya sayaa akan mencoba melakukan review khusus untuk Perangkat Iphone atau bisa menanyakan pada google moderator yaa.

Terimakasih atas masukan dan sarannya. Semoga jawaban saya  diatas bisa membantu ya..