liantokate's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 7

Pengalaman 'Berobat' di Klinik Kopi

(Tampak Luar Klinik Kopi)
 
Jujur tau Klinik Kopi awalnya dari film nya AADC 2 (Ada Apa Dengan Cinta 2), disalah satu scene-nya mas rangga dan mbaa cinta duduk berdua di caffee ini. Nah dari film ini aku mulai 'kepo' buat nyari tau apa sih itu Klinik Kopi, mulai dari nyari info sendiri, stalking socmed nya, dan akhirnya bisa nyoba sendiri datang ke Klinik.
 
Klinik Kopi tempatnya lumayan terjangkau kalo dari kota Jogya (bisa cek gmaps biar lebih jelas), kalo kita lewat jln. Kaliurang nanti belok kanan. Nah caffee nya ada di gang, nggak jauh cuman 50m udah sampai. Nggak kayak tempat ngopi lain kita datang terus bisa langsung pesan tapi kalo disini kita mesti antri.
 
Kenapa antri ? Yaa karena tempat ini bisa dibilang 'terkenal', apalagi setelah film AADC 2. Pengunjung yang datang selalu banyak, bahkan sampai luar kota juga kesini buat ngopi. Nggak cuman bisa ngopi aja sih sebenernya tapi kita juga bisa beli biji kopi yang di roasting sendiri oleh Klinik Kopi.

 

(Kartu antrian Klinik Kopi)

 

Dikit tips aja, kalo nggak mau antrinya panjang yaa datanglah lebih awal. Klinik Kopi buka dari hari Senin - Sabtu dan mulai nyeduh kopi dari jam 4pm - 8pm (jam 8pm udah last order), untuk hari minggu caffee nya tutup. Nunggu disini nggak nge bosenin sih, apalagi kalo kita bawa temen. Ajakin ngobrol aja (jangan pegang hp kalo kesini, nggak ada wifi juga), kalo nggak yaa netralin dulu asam lambung dengan minum air jeruk lemon disamping pintu masuk.
 
Kalo udah dapat giliran masuk kedalam, jangan lupa kamera disiapin buat foto-foto (nggak papa nampak ndeso, kan nggak tiap hari kita bisa mampir sini). Barista sekaligus owner Klinik Kopi mas Pepeng (dr. Pepeng) akan siap mendengar 'keluh kesah' dari para 'pasien' yang datang, buat penikmat kopi yang masih bingung mau nyoba kopi apa bisa tanya sama dr. Pepeng. Nanti akan di 'racik' kopi yang sekiranya sesuai dengan lidah kamu.

 

(Barista + Owner Klinik Kopi, mas Pepeng)

 

Ngobrol sambil tanya-tanya tentang kopi sama mas Pepeng seru banget, pastinya ilmu dan pengetahuan tentang kopi bakalan kita dapat dari mas Pepeng. Tapi sayang, kita nggak bisa ngobrol lama-lama karena banyak 'pasien' lain juga yang antri buat nyoba kopi disini. Jadi, manfaatkan waktu sebaik-baiknya kalo mampir ke Klinik Kopi.
 
Disini menunya semua kopi, nggak ada minuman non-kopi dan cara seduhnya pun semua manual. Nggak ada yang namanya espresso apalagi cappucino, tapi jangan khawatir buat nemenin enaknya kopi yang udah diseduh kita bisa beli kue yang ada di sini. Harganya cukup terjangkau, soal rasa jangan tanya. Okee punya, 🙂
(Kopi yang diseduh pakai alat V60)
Per gelas kopi disini dihargai 20k, untuk kue sih berkisar dari 5k-10k tergantung jenis kue yang dijual hari itu. Kalo roasting kopi harganya aku kurang tau, tapi kalo mau info yang lebih lengkap bisa cek di website nya Klinik kopi aja (http://klinikkopi.com/). Disini kita ngopi nggak ada tempat duduk kayak di caffee-caffee lain, cuma ada tersedia tempat duduk lesehan dan ada sih kursi tapi buat yang antri.
 
(Tempat lesehan buat ngopi)
Menurutku sih, konsep dari Klinik Kopi bagus banget. Dari pemilihan tempat duduk yang lesehan sampai suasana dalam dan luar caffee. Tempatnya adem banget, cocoklah ngopi tapi udaranya sejuk. Totally recommended deh, :). Kalo ditanya nanti mau kesini lagi nggak ? Yaa, aku pasti jawab mau. Karena disini kopinya enak + suasananya juga nyaman. Cuman yaa harga lumayan mahal, apalagi buat aku yang masih mahasiswa. 🙂
 
(Kopi Geisha Sunda)
 
So, jangan banyak mikirlah. Langsung aja menuju 'TKP' buat nyoba rasa kopi yang diseduh manual dan kopi yang tersedia juga semua dari petani-petani lokal Indonesia. Good job dan sukses terus buat Klinik Kopi, 🙂
 
*yang masih kurang infonya bisa browsing di internet atau yaa tulis dikomentar, nanti aku jawab 'semampu' ku, Salam ngopi !!!
Klinik Kopi, Sinduharjo, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta, Indonesia