RiverDefender's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 10

Koleksi Boneka dari Limbah Kayu

PERNAHKAH Anda menjumpai palet kayu yang biasa digunakan sebagai dasar pemindahan barang dalam jumlah besar di gudang? Atau pengiriman barang tertentu di pelabuhan? Bila pernah lihat. Biasanya bahan yang digunakan adalah jenis kayu Jati Belanda. Setelah dikeringkan, sifatnya kuat dan ringan.
 
Adalah kaki palet bagian sudut dan tengah, dapat dimanfaatkan menjadi sebuah benda yang sangat menantang. Benda ini sebelumnya dibubut menggunakan mesin bubut untuk dibentuk sesuai yang kita inginkan. Bisa bulat, lonjong atau segitiga. Kayu lain yang berukuran lebih kecil juga bisa dibuat menjadi bentuk-bentuk itu tetapi lebih kecil ukurannya.
 Beragam karakter dari boneka limbah kayuBeragam karakter dari boneka limbah kayu
Setelah bahan berbagai ukuran dibubut, kemudian di tutup dengan dempul kayu bagian-bagian yang retak atau berlubang karena paku. Setelah dempul kering,  haluskan dengan amplas kasar hingga permukaan kayu rata atau sejajar. Kemudian pada bagian kayu yang besar, misalnya lonjong. Tempelan dengan lem kayu sebagai perekat. Tunggu sampai kering. Apabila masih ada celah, ratakan dengan dempul kayu lagi. Tunggu sampai betul kering. Kemudian haluskan permukaan kayu dengan amplas kering.
\
 Anak mengkreasi boneka kayuAnak mengkreasi boneka kayu
Setelah halus, seluruh permukaan dicat dengan cat air warna putih sampai betul-betul warna putih merata. Siap-siaplah merencanakan sebuah karakter. Gunakan kuas, palet lukis, cat air warna dasar. Dan... Lukislah media 3 dimensi ini menjadi sebuah karakter yang diinginkan. Setelah semua berbentuk menjadi karakter yang dimau, dan setelah kering betul, finishing dengan vernis dove atau clear gloss.
 Koleksikan boneka dari limbah kayuKoleksikan boneka dari limbah kayu
Hasilnya? Bisa dijadikan koleksi dan menghiasi rak hias. Padahal itu dari limbah kayu. 
 
 
Depok, Kota Depok, Jawa Barat, Indonesia
3 comments
Level 7

Bls: Koleksi Boneka dari Limbah Kayu

Keren bang

Connect Moderator

Re: Koleksi Boneka dari Limbah Kayu

@RiverDefender  luar biasa,senang sekali rasanya membaca postingan yang luar biasa dari para figur local guide indonesia,salam

Level 10

Bls: Koleksi Boneka dari Limbah Kayu

Terima kasih Pak @PakMandor ... Mbak @Nyainurjanah Hahaha... Saya biasa sahaja. Terima kasih sudah mampir di post ini. 

 

Salam