AgusDwianto's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 7

Benteng Van Den Bosch, Pelem II, Pelem, Ngawi Regency, East Java, Indonesia

Ulasan kali ini yaitu Benteng Van den Bosch di Kota Ngawi
Van Den Bosch Ngawi CityVan Den Bosch Ngawi City

Benteng Van den Bosch, lebih dikenal sebagai Benteng Pendem adalah sebuah benteng yang terletak di Kelurahan PelemKecamatan Ngawi ,  Kabupaten Ngawi. Benteng ini memiliki ukuran bangunan 165 m x 80 m dengan luas tanah 15 Ha. Lokasinya mudah dijangkau yakni dari Kantor Pemerintah Kabupaten Ngawi +/- 1 Km arah timur laut. Letak benteng ini sangat strategis karena berada di sudut pertemuan sungai Bengawan Solo dan Sungai Madiun. Benteng ini dulu sengaja dibuat lebih rendah dari tanah sekitar yang dikelilingi oleh tanah tinggi sehingga terlihat dari luar terpendam.
Me: AgusMe: Agus

Sejarah

Pada abad 19 Ngawi menjadi salah satu pusat perdagangan dan pelayaran di Jawa Timur dan dijadikan pusat pertahanan Belanda di wilayah Madiun dan sekitarnya dalam {erang Diponegoro ( 1825 - 1830 ). Perlawanan melawan Belanda yang berkobar didaerah dipimpin oleh kepala daerah setempat seperti di Madiun dipimpin oleh Bupati Kerto Dirjo dan di Ngawidipimpin oleh Adipati Judodiningrat dan Raden Tumenggung Surodirjo, serta salah satu pengikut Pangeran Diponegorobernama Wirotani. Pada tahun 1825 Ngawi berhasil direbut dan diduduki oleh Belanda. Untuk mempertahankan kedudukan dan fungsi strategis Ngawi serta menguasai jalur perdagangan, Pemerintah Hindia Belanda membangun sebuah benteng yang selesai pada tahun 1845 yaitu Benteng Van Den Bosch. Benteng ini dihuni tentara Belanda 250 orang bersenjatakan bedil, 6 meriam api dan 60 orang kavaleri dipimpin oleh Johannes van den Bosch .

Makam K.H. Muhammad Nursalim

Di dalam benteng ini terdapat makam K.H Muhammad Nursalim, yaitu salah satu pengikut  Pangeran Diponegoro  yang ditangkap oleh Belanda dan dibawa ke Benteng ini, konon K.H. Muhammad Nursalim adalah orang yang menyebarkan agama Islam pertama di Ngawi.


Selfi To TravelerSelfi To Traveler
Dan akhirnya sekarang benteng ini buat salah satu wisata dan untuk memperkenalkan betapa kuat Rakyat Indonesia mempertahakan Negara ini Untuk Merdeka berdiri di bahu masyarakat dengan semngat muda dari Tahun 1945 Merdeka Hingga Tahun 2018 
Bahwa Bangsa Indonesia demi Negara tidak hanya militer namun juga masyarakat akan berjuang kenapa Indonesia sangat kuat, itulah indonesia dan sisa peninggalan penjajahan itu.  dari cerita kami juga sebagai pengingat culture Indonesia berbeda dan power full.

Van Den BoschVan Den Bosch


Datanglah untuk berkunjung kesini masih bnyak cerita lokal untuk berbagi denganmu.

A.D
Benteng Van Den Bosch, Pelem II, Pelem, Ngawi Regency, East Java, Indonesia
1 comment
Former Google Contributor

Re: Benteng Van Den Bosch, Pelem II, Pelem, Ngawi Regency, East Java, Indonesia

Hi @AgusDwianto

 

I have removed the Dutch language tag from your post because your post is not written in the Dutch language. I added Indonesian language tag instead. You can read more about language tags here How do I find posts in my preferred language?

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!