iorikun301's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 9

Bakso Pak Men Karangjati: Kuliner Malang Enak di Kelasnya

Makanan enak tak mesti mahal. Karena yang mahal belum tentu enak.
_______
 26.01.2022 17.34.39 647 28-01.jpeg

 

BAKSO PAK MEN KARANGJATI: KULINER MALANG ENAK DI KELASNYA
 
Penulis: @iorikun301
 
 
WARUNG Bakso Pak Men Karangjati, Singosari. Sebetulnya sudah cukup lama kami tahu tempat ini. Bahkan kami telah menyimpan lokasinya di daftar tempat yang ingin kami kunjungi di Google Maps. Tapi belum satu kali pun kami pergi ke sana. Hingga pada suatu pagi..
 
"Jangan kelor ngombene degan . Monitor, Gan!"*
 
Seorang konco plek** menghubungi kami melalui aplikasi percakapan daring. Kebetulan inisial namanya mengandung huruf M, E, dan N. Men. Ini membangkitkan ingatan yang lama terpendam: Bakso Pak Men!
 
Tanpa buang waktu, setelah segala urusan dituntaskan kami pun mengeluarkan Vespa dari garasi, memanasi mesinnya, memeriksa rekomendasi rute di Google Maps, lalu tancap gas ke warung Bakso Pak Men walau belum genap 1 jam kami selesai sarapan.
 26.01.2022 17.33.27 102 21-01.jpeg

 

MAKAN BAKSO PAGI PAGI
 
Di Malang, Jawa Timur, bakso tak lazim dimakan di pagi hari. Bakso umumnya dinikmati dari jam 11 siang hingga sesaat setelah petang. Ini karena orang menganggap bakso bukanlah makanan utama melainkan kudapan penunda lapar. 
 
Menurut Google Maps warung Bakso Pak Men buka pukul 9 pagi (informasi ini akurat). Yang artinya bakso disantap sebagai brunch, alias makan siang yang kepagian.
 
Kami memesan satu porsi bakso campur. Isiannya ada 2 butir bakso halus, 1 bakso urat, 1 mi kuning, 1 mi biru, 1 pangsit goreng, dan 1 buah tahu bakso. Plus 1 butir bakso urat ekstra agar mangkuk baksonya penuh dan nampak bagus ketika difoto.
 
Di sini pengunjung bisa memilih sendiri isian bakso mereka, termasuk memilih bakso sak ho hah*** jika mau. Tapi menurut kami, memesan bakso campur adalah pilihan bijak apabila baru pertama kali mengunjungi suatu warung atau ketika tidak tersedia daftar harga. Karena isiannya sudah pasti beragam dan favorit, serta tagihannya biasanya tidak terlalu mengejutkan.
 
Kuah baksonya nampak jernih dan tidak berminyak. Namun ketika diseruput, ternyata cukup gurih dengan aksen lada putih dan daun bawang. Ini khas bakso Malang yang dijajakan di kampung kampung bukan di restoran mewah. Ditambah karakter kuah yang seperti ini tidak meninggalkan after taste yang tebal. Ringan, namun berkesan.
 
Seperti di warung warung bakso pada umumnya, di meja disediakan saus tomat, sambal cabai encer, kecap manis, cuka, dan lontong. Kami hanya menambahkan sambal cabai ke dalam kuah bakso kami sekadar memberi sensasi pedas untuk memancing selera makan dan tak menghilangkan karakter cita rasa aslinya.
 
Bakso halusnya terasa gurih dan kenyal. Bakso uratnya pun sama, hanya dicampurkan urat. Pangsit goreng menambah tekstur renyah, tahu bakso memberi variasi rasa dengan isian daging yang ditambahkan irisan daun bawang, serta mi kuning dan biru menawarkan sensasi gigitan dalam tiap hirupan.
 
Semangkuk bakso campur (dengan bakso urat ekstra) dan secangkir kopi hitam manis dibandrol 13 ribu rupiah. Ini kuliner Malang enak di kelas harganya!
 26.01.2022 17.32.39 569 14-01.jpeg

 

MELAPORKAN FOTO SALAH KAMAR****
 
Sekalipun ada di pinggiran kota, namun warung Bakso Pak Men ternyata cukup sadar dengan tren dunia digital. Lokasi warungnya tercantum dengan tepat di Google Maps sekalipun belum diklaim sebagai bisnis.
 
Hingga postingan ini ditulis, listing Bakso Pak Men menangguk skor 4,6 bintang dari 34 penilaian/ulasan, dengan ulasan pertama dibagikan sekitar 6 tahun lalu. Tapi yang menjadi masalah adalah: pada sorotan menu, yang ditampilkan adalah foto batu batu akik sak ho hah alih alih foto makanan dan minuman. Ini jelas foto salah kamar!
 
Kami memeriksa foto foto yang dibagikan pengguna di laman Bakso Pak Men. Ternyata tak cuma ada satu foto yang menurut kami bukan foto dari tempat ini, melainkan banyak! 
 
Foto foto tersebut sebagian besar foto koleksi batu akik. Kami sama sekali tidak melihat keberadaan batu batu tersebut di warung ini selama kami bersantap. Tidak di etalase, tidak di mangkuk bakso, tidak pula di mana mana. Kami menandai dan melaporkan foto foto tersebut satu per satu sebagai bukan foto dari tempat ini.
 
Coba bayangkan seandainya ada batu akik di dalam baksonya. Bakal dihargai berapa semangkuk bakso campur di warung Bakso Pak Men ini? Mahal sudah tentu, enak pasti tidak![]
 
_______
*) Jangan kelor ngombene degan; Monitor, Gan! : Jv. (makan) sayur daun kelor minumnya (es) kelapa muda, monitor, Kawan; pantun suka suka. Tidak ada arti khusus.
 
**) Konco plek: Sahabat kental.
 
***) Sak ho hah: Jumbo.
 
****) Foto salah kamar: Foto yang bukan foto/video dari tempat yang bersangkutan.
Singosari, Malang Regency, East Java, Indonesia
9 comments
Level 9

Re: Bakso Pak Men Karangjati: Kuliner Malang Enak di Kelasnya

Beli bakso gara2 nama warungnya sama seperti nama konco plek. Wkwkk..

 

The English translator is in its comedic state. So fun!

Level 9

Re: Bakso Pak Men Karangjati: Kuliner Malang Enak di Kelasnya

Wah kalo saya ke Malang boleh dong minta diajak kesini ya .... Baksonya terlihat sedap sekali @iorikun301 

#LocalGuidesUSA ~ Accessibility Champion ~ Guiding Star 2021 

Level 9

Re: Bakso Pak Men Karangjati: Kuliner Malang Enak di Kelasnya

Dengan senang hati, Bu @Erna_LaBeau 

Bakso di Malang banyak ragamnya. Mulai dari bakso di kampung yang bersahaja seperi ini, hingga bakso yang instagramable juga ada. Hahaa..

Level 2

Re: Bakso Pak Men Karangjati: Kuliner Malang Enak di Kelasnya

Noted mas... makasih recommendednya

Kalo ke malang tak mampir

Level 9

Re: Bakso Pak Men Karangjati: Kuliner Malang Enak di Kelasnya

Terima kasih kembali, Kak @antho_sukses . Semoga bermanfaat.

Level 7

Re: Bakso Pak Men Karangjati: Kuliner Malang Enak di Kelasnya

maaf OOT, pindah ke sini kk.
kalau membuat artikel/tulisan di google connect, audience nya siapa?. apakah sebatas comunities atau semua orang dapat melihat tulisan kita ?

mengingat pengguna google connect belum sebanyak pengguna IG

mursalin alink
Level 9

Re: Bakso Pak Men Karangjati: Kuliner Malang Enak di Kelasnya

Hai, Kak @mursalin_alink 

Ada baiknya kalau menulis komentar di Connect yang ditujukan kepada orang yang spesifik, juga memention/tag orang yang yang bersangkutan. Caranya dengan mengetikkan simbol @ dan diikuti dengan username nya dia. Dengan begini ia akan mendapat notifikasi.

Local Guides Connect , atau umumnya disebut Connect, adalah forum komunikasi antar Local Guides dari seluruh dunia. Audience nya siapa? Semua orang yang punya internet. Tapi hanya Local Guides terdaftar yang bisa membuat artikel dan/atau menulis komentar di Connect ini.

Begitu sebatas yang saya tahu.

 

Google Moderator

Bls: Bakso Pak Men Karangjati: Kuliner Malang Enak di Kelasnya

Halo @iorikun301,

 

Kami melihat bahwa kamu membagikan post kamu ini di bagian tanda tangan kamu juga, untuk kenyamanan bersama akan lebih baik jika kamu mencantumkan post-nya dalam bentuk link di bagian tanda tangan. Terima kasih atas pengertiannya.  

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Level 9

Re: Bakso Pak Men Karangjati: Kuliner Malang Enak di Kelasnya

Saya hargai opini Anda.

Terima kasih sudah berbagi.