futnotecom's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 8

Ada Sejarah yang Mulai Terlupa di Rumah Kelahiran Bung Hatta

Pagi terlihat begitu cerah saat kami memulai perjalanan menjemput kembali kepingan sejarah tentang salah seorang bapak bangsa kebanggaan kaum Minangkabau, Bung Hatta. Kami masih berada di Kota Bukittinggi, sebuah tempat dimana terpendamnya sejarah peradaban bangsa yang mulai terlupa. Setelah beberapa waktu yang lalu kami menyambangi sebuah tempat yang diperuntukkan sebagai bentuk penghormatan untuk Bapak Bangsa –Taman Monumen Bung Hatta, kali ini perjalanan membawa kami menuju ke sebuah tempat dimana semua berawal bagi kehidupan seorang pria bernama Mohammad Hatta.

 

IMG_20190430_134147.jpg

 

Sebuah tempat kelahiran adalah tempat yang tepat untuk mengenang kembali jalan hidup seorang bapak proklamator Indonesia. Rumah sederhana berlantai dua yang tenggelam dalam keriuhan sorak-sorai para pedagang di Pasar Bawah Bukittinggi menjadi sebuah permata terciptanya sejarah bangsa. Rumah Kelahiran Bung Hatta, terletak megah di Jalan Soekarno-Hatta No, 37 Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia.

 

IMG_20190430_135040.jpg

 

Rumah ini didirikan sekitar tahun 1860-an dan menggunakan struktur kayu yang terdiri dari bangunan utama, pavilion, lumbung padi, dapur dan kandang kuda serta kolam ikan. Bangunan utama berfungsi untuk menerima tamu, ruang makan keluarga, serta kamar ibu, paman, dan kakek Bung Hatta sedangkan pavilion berfungsi sebagai kamar tidur Bung Hatta.

Disinilah cerita bermula bagi seorang pria yang nantinya akan menjadi salah seorang penggagas bangsa Indonesia menghabiskan masa kecilnya hingga mencapai umur 11 tahun sebelum berpindah ke Kota Padang demi mengenyam pendidikan menengah di Meer Uitgebred Lager Onderwijs (MULO).

 

Ruang tamu.Ruang tamu.

Rumah sederhana yang berdiri kokoh saat ini hanyalah sebuah refleksi dari keadaan rumah yang asli. Rumah Si Bung yang asli telah runtuh ditelan jaman pada tahun 1960-an. Kemudian atas gagasan Ketua Yayasan Pendidikan Bung Hatta, maka rumah tersebut dibangun ulang. Dengan berbagai kajian untuk menghidupkan kembali keaslian yang telah ditelan jaman, akhirnya rumah ini rampung dan diresmikan pada tanggal 12 Agustus 1995, bertepatan dengan hari lahir Bung Hatta sekaligus dalam rangka merayakan 50 tahun Indonesia Merdeka.

 

Potret ibunda tercinta Bung Hatta.Potret ibunda tercinta Bung Hatta.

Ada suasana yang berbeda saat kami menjelajahi satu per satu ruangan dari rumah yang penuh cerita ini. Seakan sebuah tangan lembut merangkul dan mengajak kami untuk menyusuri jejak-jejak sejarah kehidupan Bapak Bangsa yang penuh dengan keringat dan air mata untuk mewujudkan cita-cita mulia, Indonesia nan merdeka.

 

Bendi yang digunakan oleh keluarga Hatta untuk bertransportasi.Bendi yang digunakan oleh keluarga Hatta untuk bertransportasi.

Kandang kuda.Kandang kuda.DSC_0019 - Copy.jpg

 

Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka, Batang River, Agam Regency, West Sumatra, Indonesia
2 comments
Google Moderator

Re: Ada Sejarah yang Mulai Terlupa di Rumah Kelahiran Bung Hatta

Halo @futnotecom,

 

Terima kasih selalu berbagi cerita seru dengan kami semua, rumahnya terlihat sangat terjaga ya. Apakah lokasinya berdekatan dengan Taman Monumen Bung Hatta yang kamu ceritakan sebelumnya dan apakah dikenakan biaya masuk, saat mengunjungi tempat ini?

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Level 8

Re: Ada Sejarah yang Mulai Terlupa di Rumah Kelahiran Bung Hatta

Halo mbak @AngieYC 

 

Sampai sekarang lokasinya masih terjaga dengan baik. Lokasinya sekitar 1 km dari Taman Monumen Bung Hatta tapi masih dalam 1 kawasan wisata Jam Gadang Bukittinggi.

 

Untuk biaya masuknya Gratis.