MasDinnu's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 8

Sebuah Artikel Untuk Local Guides Baru... [untuk kalian yang mencari reward dan keuntungan]

Hallo untuk anda yang baru saja bergabung dengan program Local Guide!

Mungkin banyak pertanyaan yang muncul di benak kalian:

 

Spoiler
Apa keuntungannya jadi LG? 
Dapat apa kalau sudah jadi LG?
Apakah LG bisa menghasilkan uang?
Dibayar berapa oleh Google?

Ya, kami wajar apabila kalian bertanya tentang beberapa hal tersebut, karena mungkin kalian belum mengerti apa itu program Local Guides.

 

 

Sebelum kalian melanjutkan membaca artikel ini, ada baiknya kalian membaca dulu Apa itu Local Guides pada link berikut ini

Sementara apabila kalian masih penasaran dengan bagaimana membuat ulasan yang baik, menambah menghapus dan membagikan foto, tips membuat video, mengedit tempat, memeriksa status edit dan hal yang lainnya yang berkaitan dengan kontribusi kalian bisa membacanya disini

 

Oke mari kembali ke pokok bahasan,

 

Apa Itu Local Guides dan Apa Manfaatnya Bergabung Dengan Komunitas

Mengutip penjelasan pada link ini,  dijelaskan bahwa Local Guides adalah sebuah KOMUNITAS GLOBAL .... dst....

Apabila merujuk pada tulisan tersebut, dan kita bandingkan dengan pengertian Komunitas menurut Wikipedia yakni

Spoiler
Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko, kegemaran dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak"

Sedangkan disumber yang lain menjelaskan apa manfaat dari komunitas itu dimana dinyatakan ada 3 manfaat dari kominitas yakni :

Spoiler
  • Media Penyebaran Informasi – manfaat yang pertama adalah sebagai media penyebaran informasi. Di komunitas, setiap anggota yang tergabung dapat saling bertukar informasi (baik membagikan atau pun menerima) yang terkait dengan tema komunitas yang terbentuk.
  • Terbentuk Jalinan/Hubungan – selain sebagai media penyebaran informasi, komunitas juga bermanfaat sebagai media untuk menjalin relasi/hubungan antar sesama anggota komunitas yang memiliki hobi atau pun berasal dari bidang yang sama.
  • Saling Bantu/Dukung – karena berasal dari bidang yang sama, komunitas dapat dijadikan sebagai media untuk kegiatan saling bantu antar sesama anggota komunitas atau pun ke luar anggota komunitas.

Dari penjelasan diatas semoga kalian mengerti bahwa komunitas ini, yakni Local Guide, berbentuk Komunitas yang sifatnya Global dan beberapa Manfaat Secara Umum Bergabung Dengan Komunitas Local Guide yakni Mendapat dan Sharing Informasi (melalui localguidesconnect ini), Mendapatkan Jaringan (Teman) Baru, dan Saling Bantu/Dukung (berkontribusi dan mendapat informasi dari kontribusi orang lain)

 

Perks/Manfaat

Kemudian apa yang dimaksud dengan Perks/Manfaat, Dalam komunitas sendiri mengenai manfaat yang didapat bisa ditentukan lebih lanjut oleh pengelola komunitas tersebut. Kalau kita baca dari link berikut ini , komunitas memberikan kita penawaran sebagai berikut :

Spoiler
Sebagai Local Guide, Anda memperoleh poin dengan berbagi ulasan, foto, dan pengetahuan di Google Maps. Dengan poin tersebut, Anda bisa naik level dalam program Local Guide, serta mendapatkan manfaat seperti akses awal ke fitur-fitur Google dan keuntungan khusus dari partner. Pada Level 4, Anda bisa mendapatkan badge Local Guide pertama, yang akan membantu menonjolkan kontribusi Anda pada tempat-tempat.
Pastikan Anda telah terdaftar untuk mendapatkan update dengan meninjau preferensi email di halaman setelan Local Guide.

Nah ada yang menarik dari pengertian Perks oleh Google, mereka memberikan kita penawaran untuk mendapat manfaat berupa akses awal ke fitur Google, dan keuntungan khusus dari partner. Namun tidak dijelaskan secara pasti kapan kita mendapat akses awal ataupun siapa dan kapan kita akan mendapatkan keuntungan khusus dari partner. Sejauh ini Google secara aktif telah memberikan perks/manfaat kepada localguides berupa kaos komunitas, voucher menginap di hotel, voucher gojek, voucher penggunaan bus dan potongan belanja secara online di salah satu situs belanja online.

 

Merujuk kepada manfaat secara umum berdasar penjelasan yang saya utarakan sebelumnya, manfaat yang ditawarkan dari Local Guides selanjutnya yang berupa Perk/Manfaat ini dapat kita artikan sebagai bonus dari komunitas dan bersifat tidak periodik dan tidak terjadwal (tidak dijelaskan oleh pengelola komunitas dan hanya disebutkan seperti diatas)

Karena tidak ada penjelasan mengenai Perk/Manfaat, Kita bisa menganggap hal ini sebagai bonus yang datang tanpa tau kapan dan apa yang akan didapat. Sebagai manfaat yang kita dapat karena telah berkontribusi.

 

Nah bagi kalian yang bertanya apakah bisa mendapatkan uang dari Local Guides. Jawabannya adalah TIDAK. Hal ini dijelaskan secara rinci disini dan disini:

Spoiler
Kontribusi harus berdasarkan informasi dan pengalaman yang sesungguhnya. Sengaja memalsukan hasil edit, foto yang dicopy-paste atau dicuri, jawaban yang melenceng dari topik, bahasa yang mencemarkan nama baik, serangan kepada orang lain, dan hasil edit yang salah atau tidak perlu merupakan bentuk pelanggaran terhadap kebijakan kami. Jika Anda melihat perilaku ini, harap laporkan.

Dari penjelasan diatas kita bisa menarik kesimpulan bahwa Local Guides tidak diperkenankan memberikan informasi palsu atau memberikan informasi yang tidak benar atas suatu tempat. Dalam Aturan (Rule) secara lengkap dari Local Guides yang dapat dilihat disini disebutkan pula bahwa local guides dilarang:

Spoiler
  • memfitnah, menyalahgunakan, melecehkan, stalking, mengancam, atau melanggar hak hukum (termasuk hak privasi dan publisitas) orang lain; hal ini terkait dengan privasi yang tidak boleh dilanggar dari suatu tempat di thread yang lain dapat kalian baca tentang ini
  • meminta, mengumpulkan, atau meminta informasi pribadi orang lain;
  • mengunggah, mengeposkan, mengirim email, mengirim, atau menyediakan konten atau pesan yang melanggar hukum, tidak pantas, memfitnah, atau porno;
  • masuk tanpa izin, atau dengan cara apa pun berusaha mendapatkan atau mendapatkan akses ke properti atau lokasi apa pun yang Anda tidak memiliki hak atau tidak diizinkan untuk masuk dan mengabadikannya dalam bentuk apapun;
  • mengunggah, mengeposkan, atau membuat pesan komersial atau iklan, skema piramida, atau pemberitahuan mengganggu lainnya;
  • menyamar sebagai orang atau entitas lain;
  • mempromosikan atau memberikan informasi petunjuk tentang kegiatan ilegal;
  • menyebarkan ancaman fisik atau ancaman lainnya terhadap grup/perorangan;
  • menyebarkan virus, worms, Trojan , atau dalam bentuk lain dan bersifat merusak; atau
  • mengirimkan ulasan, pengeditan, atau penghapusan palsu, dipalsukan, menyesatkan, atau hal yang tidak pantas lainnya.

Bagaimana Mendapatkan Uang Dari Google?

Tapi jangan sedih dan putus asa dulu, ada cara lain bagaimana mendapatkan uang melalui Google. Kalian dapat mengikuti program Google yang lain yang bernama Street View Trusted Photographer. Dimana kalian dapat menjadi fotografer 360 yang di berikan gelar terpercaya oleh Google dan dibantu pemasarannya dalam situs Google. Untuk mengetahui program SVTP ini kalian dapat membaca secara lebih lengkap disini.

 

Program SVTP ini berbeda dengan program Local Guides, namun setiap foto yang kalian upload ke dalam Google Maps yang berupa foto 360 derajat akan dianggap sebagai kontribusi kalian dan otomatis akan masuk dalam poin kontribusi Local Guides Kalian. 

 

Spoiler
"Setiap Local Guide bukan SVTP, tapi setiap SVTP adalah Local Guide"

 Di Indoensia sendiri sudah ada komunitas SVTP ini yang menamakan diri mereka sebagai Street View Nusantara untuk informasi komunitas ini kalian dapat mengunjungi situs instagram mereka disini. Atau kalian bisa mencari siapa saja yang bergabung dengan komunitas ini dan mencari mereka dengan hastag #streetviewnusantara atau mencari di situs resmi Google disini.

 

Untuk kalian yang pengen mencari pekerjaan di Google, kalian juga bisa mencarinya di situs penawaran pekerjaan oleh Google disini atau untuk kalian yang senang membuat video dapat mengapload video kalian di platform YouTube yang merupakan platform lain dari Google juga!

 

 

Jadi? Masih ada pertanyaan tentang Komunitas Local Guides? Masih semangat berkontribusi? Inget satu quote dari saya ya....

 

Spoiler
"Apa artinya sebuah angka dan level, dibandingkan dengan manfaat yang telah kalian berikan kepada orang lain dan hal itu bermanfaat bagi orang lain. Bukankah itu lebih berharga dari pada bonus dan perks apapun?"

Salam kontribusi dari saya, keep exploring and Cheers!

 

 

Dinnu, Yogyakarta Local Guides

 

 

 

| Indonesia Local Guides | SVTP | Work-Study-Holiday | Yogyakarta Local Guides | Nunukan Local Guides | Jakarta Local Guides |
11 comments
Level 8

Re: Sebuah Artikel Untuk Local Guides Baru... [untuk kalian yang mencari reward dan keuntungan]

terimakasih @MasDinnu ini yang ditunggu-tunggu , terimakasih informasinya

 

salam

Rahmat

Level 8

Re: Sebuah Artikel Untuk Local Guides Baru... [untuk kalian yang mencari reward dan keuntungan]

Nice share mas @MasDinnu, sangat bermanfaat penjelasan nya.

Warm Regards,
IsRaL
Level 10

Re: Sebuah Artikel Untuk Local Guides Baru... [untuk kalian yang mencari reward dan keuntungan]

Sukak dengan tulisan kak @MasDinnu keren .

 

Level 9

Bls: Sebuah Artikel Untuk Local Guides Baru... [untuk kalian yang mencari reward dan keuntungan]

Luar biasa.

Pencerahan yang sangat bagus dan detail @MasDinnu 👍

Level 10

Bls: Sebuah Artikel Untuk Local Guides Baru... [untuk kalian yang mencari reward dan keuntungan]

Mantap mas @MasDinnu 

Sangat berguna bagi pemula atau yang lupa... Hehehe...

Salam hangat...

Level 10

Re: Sebuah Artikel Untuk Local Guides Baru... [untuk kalian yang mencari reward dan keuntungan]

Andai threadnya om @MasDinnu ini di pinned agar siapapun yang masuk ke connect board bahasa Indonesia pasti lihat dulu thread ini. Saya yakin berbagai kegaduhan bisa dan dapat diminimalisir.

Terima kasih

 

Salam, Senyum dan Santun

Level 8

Re: Sebuah Artikel Untuk Local Guides Baru... [untuk kalian yang mencari reward dan keuntungan]

Terimakasih rekan-rekan

mas @RahmatHarmanP (mas saya taroh back link ke tempatmu ya)

@Isral_Tobiank@Shafigh_Lontoh@em_shal @kasiyanta@PaDeSSo

Semoga kita bisa saling mengingatkan dan saling mendukung

 

Salam semangat berkontribusi, 

 

 

| Indonesia Local Guides | SVTP | Work-Study-Holiday | Yogyakarta Local Guides | Nunukan Local Guides | Jakarta Local Guides |
Level 10

Re: Sebuah Artikel Untuk Local Guides Baru... [untuk kalian yang mencari reward dan keuntungan]

Keren Artikelnya,

setidaknya memberikan wawasan untuk teman-teman yang baru atau akan menjadi Local Guide.

 @MasDinnu  izin link nya aku bawa kalau pas presentasi depan ebou-ebou ya.

 

kok ya aku kayak MLM. rekrut sana, rekrut sini. wkwkwwkkw

Level 5

Re: Sebuah Artikel Untuk Local Guides Baru... [untuk kalian yang mencari reward dan keuntungan]

Sangat menginspirasi sekali, saya adalah pemula dilocal guide, dengan membaca tulisan ini saya menjadi lebih mengerti dan tujuan saya menjadi localguide semakin jelas