RahmatHarmanP's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 8

[REVIEW] Pengaturan privasi untuk profil Google Maps

Pada pembaharuan terbaru bulan Mei 2018 Google Map telah menyematkan Fitur Baru Pengaturan privasi untuk profil Google Maps Kamu Flexible privacy settings for your Google Maps profile .

Sebuah fitur yang memungkinkan Local Guides untuk dapat menyembunyikan daftar kontribusi dari profil Kamu,   pembaharuan kali ini telah menjadi kejutan yang tentunya memiliki memiliki komentar dan beragam . Terkadang Kamu butuh Privacy, saat kita berkunjung ke suatu tempat, menulis review dan upload foto , kamu tidak ingin orang lain mengetahui tempat mana saja yang kamu kunjungi  dan tentunya ada beberapa alasan personal dari masing masing Local Guides, saya bukan membahas sisi Privacy Personal. 

 

Mengaktifkan atau menonaktifkan Fitur Privacy 

Kamu dapat melakukan pengaturan preferensi Personal Content via Mobile dan Desktop melalui menu Setting > Personal Content > Profile Setting 

 

Mengaktifkan atau menonaktifkan Fitur Privacy (mobile phone)Mengaktifkan atau menonaktifkan Fitur Privacy (mobile phone)

 

Mengaktifkan atau menonaktifkan Fitur Privacy (Desktop)Mengaktifkan atau menonaktifkan Fitur Privacy (Desktop)

 

Melihat Hasil Privacy Setting

 

Total Kontribusi masih dapat di lihatTotal Kontribusi masih dapat di lihatTampilan google Map setelah mengaktifkan Privacy SettingTampilan google Map setelah mengaktifkan Privacy Setting

Seperti di lihat di atas , Fitur ini menyembunyikan Daftar Kontribusi Review dan Foto namun kita masih bisa membuka Profile Kontribusi dari User ( hanya jumlah dan nilai kontribusi). Namun jika kamu membuka via mobile kamu masih bisa melihat List Publik , karena memang saya mengeset beberapa list dengan publik serta bagian Question Answer yang masih bisa dilihat 

 

 

Nah, seberapa bergunanya fitur baru ini? apa saja kelebihan dan kekurangannya? simak ulasan dibawah ini

Berikut hal-hal yang bisa kita dapatkan dengan mengaktifkan fitur ini 

  • Membatasi Informasi daftar kontribusi personal untuk Publik
  • Menyembunyikan daftar kontribusi Kamu dari profil Kamu (Review, Photo, Photo View)
  • Tidak menghilangkan / menyembunyikan kontribusi Review dan Photo Kamu di Tempat, Single Kontribusi masih terlihat di halaman Lokasi / Tempat  yang muncul di Google Maps.
  • Detail kontribusi tetap bisa di akses oleh Publik dengan informasi yang terbatas.
  • Kamu dapat melihat preview Public Profile dengan  klik menu 3 dot di kanan atas
  • Untuk Kamu yang suka berbagi Review dan Photo via Social media , Saat Kamu membagikan (Share) review atau photo Kamu via seperti Facebook, maka secara otomatis kamu akan memberikan akses Publik kepada profile kamu. Maka di saat inilah kamu bisa menentukan apakah perlu mengatur privacy?

Apa yang tidak / belum disembunyikan

List dan Question and Answer, mungkin fitur ini tidak terlalu berimplikasi langsung dengan History Personal 

 

Apakah Setting ini akan mempengaruhi kontribusi publik saya?

Tidak, Publik masih dapat melihat hasil kontribusi di tempat yang kita ulas, namun tidak bisa melihat detail kontribusi.

Single Contribution tetap normalSingle Contribution tetap normal

 

Jejak Digital atau Digital Footprint

Di Indonesia kita mengenal istilah Jejak Digital. Seperti kita ketahui Search Engine Google merekam banyak aktifitas online, cek  Google My Activity , secara tidak kita sadari termasuk diantaranya adalah di Aplikasi Google Map , namun kali ini saya hanya membahas Jejak Digital pada Google Map yaitu : Jejak Digital Personal > Map Timeline dan Jejak Digital Semi Public : List of Contribution 

 

Sangat menyenangkan bisa melihat bagaimana seseorang melakukan kontribusi melalui review dan foto dan tempat mana saja yang mereka kunjungi untuk di review, namun ketika kamu menemukan review atau foto spam yang tidak relevan , maka kamu tidak bisa menelusuri secara detail ke dalam kontribusi lainnya di Profile Publik mereka. Karena kecederungan Spammer bukan hanya di satu lokasi tapi bisa dibanyak lokasi.

 

Berbahayakah Jejak Digital Pada Google Map?

Jawaban ini hanya kamu yang mengetahuinya, WYSIWYG (What You See is What You Get) apa yang kamu bagikan kepada publik mencerminkan karakteristik personal kamu sebagai Local Guides, 

 

Cek juga bahasan terkait Privacy di  beberapa Hal yang Perlu Diketahui dalam Memotret untuk Google Map

 

Kesimpulan

Pada akhirnya ini akan bergantung dengan kamu , ini adalah pilihan personal, namun tetaplah  terbuka terhadap fakta dan objektif .

 

salam kontribusi

 

Jakarta, Indonesia
2 comments
Connect Moderator

Re: [REVIEW] Pengaturan privasi untuk profil Google Maps

Hai @RahmatHarmanP, selalu dapat informasi yang bermanfaat dari tulisannya. Terimakasih telah berbagi 🙂

Indonesia Local Guides
Level 9

Bls: [REVIEW] Pengaturan privasi untuk profil Google Maps

Terima kasih banyak atas detail informasinya Mas @RahmatHarmanP.
Suka sekali membaca tulisan Mas @RahmatHarmanP yang selalu memberikan penjelasan rinci dan jelas.