Masyuss's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 7

Objek Wisata

“Masjid Pesucinan”

 

Masjid yang berlokasi di Dusun Pesucinan, Desa Leran, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, dipercaya oleh penduduk setempat sebagai salah satu peninggalan Sunan Gresik. Masjid ini ada sejak tahun 1409 M dan juga sebagai masjid pertama di tanah Jawa. Di masjid ini juga terdapat tempat wudhu yang berada di mata air di dalam masjid, dan bedug masjid. Mengacu pada perjalanan Sunan Gresik ke Pulau Jawa, maka daerah yang dituju pertama kali adalah Desa Sembalo yang berada dalam kekuasaan Majapahit, dan sekarang merupakan Desa Leran, Kecamatan Manyar, atau 9 kilometer dari pusat Kota Gresik.

 

Adapun nama Pesucinan diambil karena memiliki makna bahwa masjid tersebut bertujuan untuk menyucikan masyarakat setempat yang awalnya mayoritas beragama Hindu-Budha. Selain itu, dikatakan Pesucinan karena masjid ini berdekatan dengan kolam untuk berwudhu atau menyucikan diri. Adapun yang diduga kuat sebagai peninggalan Sunan Gresik yang sampai saat ini masih tetap asli dari bagian masjid yang sudah beberapa kali direhab adalah pucuk kubah masjid dan mimbar tempat penceramah. Salah satu peninggalan yang dihubungkan dengan Sunan Gresik adalah bedug, yang lazimnya ditabuh untuk menandai masuknya waktu shalat lima waktu dan saat hari raya. Bedug yang dianggap buatan Sunan Gresik semula berada di Masjid Pesucinan, namun sekarang disimpan di Museum Sunan Giri.

 

Kolam air yang berukuran 3 x 3 m dan terletak di dalam Masjid Pesucinan ini juga merupakan salah satu peninggalan Sunan Gresik. Masyarakat setempat percaya bahwa kolam tersebut memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Air dari kolam tersebut rasanya tawar, meskipun di sisi kiri dan kanan masjid dikelilingi tambak. Sedangkan, apabila warga membuat kolam atau sumur baru, airnya berasa asin. Oleh karena kondisi tersebut, masyarakat setempat berkeyakinan bahwa kolam tersebut merupakan buatan asli dari Sunan Gresik. Masjid Ini adalah bukti awal mula Sunan Maulana Malik ibrahim menyebarkan agama Islam di kota Gresik, dengan mengajak orang-orang hindu untuk mensucikan diri di masjid ini sebelum memasuki Agama Islam.

Masjid inilah yang menjadi saksi bisu Penyebaran Agama Islam di Kota Gresik.

 

Semoga menambah informasi dan bermanfaat 🙂

 

Lokasi : Dusun Pecinan, Desa Leran, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik

Muhammad Machrus
Leran, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Indonesia