FahmiAdimara's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 9

Klepon Bulang Bu Nunuk - Makanan Khas Sidoarjo JATIM

 

 

Klepon Bulang Bu Nunuk SidoarjoKlepon Bulang Bu Nunuk Sidoarjo

 

 

Selain Ote-ote Porong, saya juga menyempatkan diri untuk mampir di Kedai Klepon Bulang Bu Nunuk yang juga menjadi salah satu makanan legendaris khas Sidoarjo. Klepon merupakan salah satu kue tradisional yang sering dijajakan di dalam pasar tradisional di Pulau Jawa.

 

Selain proses pengolahan serta peralatannya yang masih sangat sederhana, bahan-bahan yang digunakan juga menggunakan bahan alami. Mulai dari pewarnanya yang berasal dari air daun suji, pemanisnya yang terdiri dari gula merah dan tanpa bahan pengawet. Oleh karena itu, klepon ini hanya bertahan selama satu hari saja. Sedangkan untuk pembuatannya hanya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, namun berkala. Sehingga bisa dipastikan klepon selalu dalam keadaan baru ketika sampai kepada konsumen. Meskipun hanya kue tradisional, namun klepon asal Desa Bulang ini sudah cukup dikenal dan diakui keberadaannya. Terbukti dari Citra Kartini Award yang diraihnya pada tahun 2003 dan keikutsertaannya pada beberapa bazaar yang diselenggarakan di daerah Sidoarjo. Selain itu juga, kandungan gula Merah yang manis serta karbohidrat yang terkandung dalam tepung Ketan dan parutan Kelapa bisa bisa cepat mengembalikan stamina orang berpuasa.

 

Selain keberadaan klepon sebagai kue tradisional, klepon bulang juga merupakan salah satu makanan khas Sidoarjo yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Kalau berkunjung ke Sidoarjo, jangan lupa untuk singgah ke Desa Bulang, Prambon. Karena klepon yang berasal dari desa inilah yang sering dicari para konsumen klepon.

 

Harga satu paket Klepon Bulang Bu Nunuk mulai dari harga Rp 10.000 - Rp 30.000 (Rp 10.000/16 Biji Klepon)

Lokasi : Klepon Bulang Bu Nunuk


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bulang, Sidoarjo Regency, East Java, Indonesia