FahmiAdimara's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 9

Discover Mangrove Wonorejo Surabaya

Sunset Mangrove Wonorejo

 

 Kota Surabaya memang dari dulu hingga sekarang terkenal dengan hawanya yang panas dan merupakan salah satu kota besar yang paling padat di Propinsi Jawa Timur. Hal ini dikarenakan di Kota Surabaya memang banyak sekali berdiri bangunan perkantoran maupun hotel yang menjulang tinggi serta jalur lalu lintasnya juga sangat padat. Jadi untuk merubah sedikit image dari Kota Surabaya yang terkenal padat tersebut, maka beberapa tahun terakhir pihak Pemerintah Kota Surabaya sudah mulai melakukan sedikit demi sedikit untuk menata wajah Kota Surabaya.

Saat ini Kota Surabaya sudah memiliki sedikit ruang hijau dengan adanya berbagai taman kota yang sudah mulai banyak dibangun oleh Pemerintahan Kota Surabaya. Dengan adanya sedikit ruang hijau di Kota Surabaya tentunya akan dapat mengurangi jumlah polusi kendaraan yang ditimbulkan setiap harinya. Selain itu juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif liburan yang murah meriah. Beberapa taman kota tersebut dapat dijumpai di sepanjang jalan atau di pinggir jalan raya Kota Surabaya.

Tidak hanya membuka ruang hijau berupa taman kota saja, namun Kota Surabaya juga memiliki satu lagi ruang hijau yang alami yaitu Hutan Mangrove Wonorejo. Lokasi tersebut bisa dibilang merupakan salah satu destinasi wisata yang biasa dikunjungi oleh masyarakat Kota Surabaya khususnya untuk refreshing. Hutan Mangrove Wonorejo tersebut hingga saat ini masih menjadi perhatian utama bagi Pemerintah Kota Surabaya untuk selalu menjaga kelestarian hutan tersebut dengan tujuan untuk mengurangi terjadinya abrasi yang sering terjadi di sekitar kawasan pantai timur kota Surabaya.

Saat ini di area Hutan Mangrove Wonorejo ini sudah berukuran lebih dari 200 hektar dan menjadi habitat untuk 30 spesies binatang yang dilindungi, seperti kera ekor panjang dan berbagai jenis burung pantai. Untuk menuju Hutan Mangrove Wonorejo sangatlah mudah sekali, sebab sudah ada banyak penunjuk jalan untuk sampai di lokasi tersebut. Setelah sampai di kawasan Hutan Mangrove Wonorejo ini, Anda akan menjumpai pintu masuk berupa pendopo yang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak. Dari area pendopo, hutan mangrovenya masih belum tampak terlihat jelas, jadi Anda harus berjalan ke arah dermaga, tempat kapal atau perahu nelayan yang akan membawa Anda menuju kawasan Hutan Mangrove Wonorejo.

Sering kali saya menemani teman-teman saya untuk berwisata di sekitar Surabaya, dan Hutan Mangrove Wonorejo menjadi salah satu destinasi wajib yang kami datangi. Kali ini saya menemani teman saya @nsdian yang berasal dari Lampung, Sumatera, Indonesia.

Enjoy MangroveEnjoy Mangrove

 

 

Mangrove TrackMangrove Track

 

 

Wonorejo, Surabaya City, East Java, Indonesia