Anggarawepe's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 8

Dituntun Google Map dari Solo menuju Bromo

Travelling memang menyenangkan.. Pada libur Imlek 2018 kemarin saya pun berkesempatan melakukan travelling dengan tujuan Gunung Bromo. Namun saat itu travelling saya tidaklah biasa karena dilakukan dengan mengendarai sepeda motor dari kediaman saya di Kota Surakarta. Sebelumnya pun saya belum pernah mengadakan perjalanan ke Bromo, tetapi saya tidak perlu khawatir karena ada Google Maps yang sedia menuntun saya hingg tujuan. Pertama, tujuan saya adalah menuju Probolinggo.

 

Solo-BromoSolo-Bromo

 

Hari pertama saya habiskan dengan menempuh perjalanan dari Solo menuju penginapan di Probolinggo. Tentu lelah rasanya usai menempuh perjalanan yang sangat jauh. Sesampainya di probolinggo saya pun segera beristirahat di penginapan untuk mempersiapkan fisik akan perjalanan saya ke Bromo pada esok hari. Keesokan harinya perjalanan saya menuju Bromo pun dimulai.

 

Motoran sampai BromoMotoran sampai Bromo

Syukurlah keesokan harinya saya berhasil mencapai Bromo dan menjelajahnya dengan sepeda motor saya. Karena pada dini hari diguyur hujan lebat, maka kondisi pasirnya padat sehingga bisa dilalui sepeda motor. Tidak ada hal lain yang menyenangkan selain menikmati panorama Bromo yang indah dengan sepeda motor. Namun saya sendiri lebih memilih menggunakan jasa jeep untuk menjelajah Bromo.

 

Lautan pasir BromoLautan pasir Bromo

Keindahan Bromo memang tak perlu diragukan lagi. Kawasan kalderanya begitu luas dan indah dengan dikelilingi oleh perbukitan di sekitarnya. Awan yang bergerak perlahan di atas pegunungan berpadu dengan langit biru tampak begitu syahdu. Pada penjelajahan kali ini saya hanya mampir ke salah satu ikon dari wisata Bromo yaitu Pura Luhur Poten.

 

Pura Luhur PotenPura Luhur Poten

Seperti lazimnya pura, arsitektur dari Pura Luhur Poten sangatlah khas bercorak Hindhu. Memandangnya sekilas rasanya seperti sedang berada di Pulau Dewata; Bali. Selain untuk keperluan wisata, pura ini juga masih diperuntukkan untuk kepentingan ibadah umat Hindhu sehingga jelas sikap dan tutur kata harus dijaga saat mengunjunginya.

 

Itulah sedikit cerita tentang perjalanan panjang saya dari Kota Surakarta menuju Bromo dengan dituntun oleh Google Map. Saya pun tidak perlu khawatir lagi tersesat karena Google Maps akan menunjukkan saya rute terbaik untuk sampai ke tujuan. Mengenai catatan saya lainnya bisa klik di bendera merah putih pada signature di bawah.

 

Adakah yang punya pengalaman mengarungi perjalanan panjang dengan bantuan Google Maps..? Mungkin bisa saling berbagi cerita..

Salam...

Mount Bromo, Podokoyo, Pasuruan, East Java, Indonesia