Ddimitra's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 10

Tempat Hiburan Mendidik - Mom As A Local Guide Series

 
Sebagai seorang ibu saya mencari sarana hiburan untuk anak saya.  Ketika usia anak saya di bawah 10 tahun, hiburannya masih berupa mengunjungi tempat wisata atau tempat perbelanjaan, seiring dengan waktu, ketika ia beranjak remaja maka hiburan harus lebih dari sekedar menghibur. Tidak sengaja saya berpikir untuk mengajak dia ke perpustakaan.
 
Perpustakaan juga bisa menjadi sarana hiburan yang mendidik bagi anak, dan saya tinggal di Jakarta yang mempunyai Perpustakaan Nasional.
 
Perpustakaan Nasional ini baru direnovasi dan dibuka untuk umum akhir tahun 2017. Perpustakaan ini ada 24 lantai yang disediakan untuk melayani masyarakat.
 
Perpustakaan Nasional dari LuarPerpustakaan Nasional dari Luar

LOBI UTAMALOBI UTAMA

 

Perpustakaan menyediakan koleksi  yang sangat lengkap mulai dari buku anak-anak, referensi, buku untuk dewasa, koleksi buku kebudayaan nusantara, koleksi buku langka, koleksi foto, koleksi lukisan, koleksi majalah, dll.
 
Direktori LantaiDirektori Lantai
Fasilitas sangat lengkap, mulai dari Loker, toilet, kantin, musholla, tangga berjalan, Wifi yang cepat, pelayanan copy, teater mini, sampai Anda bisa bisa menggunakan komputer gratis di sini. 
 
Untuk menggunakan berbagai fasilitas, pengunjung diharuskan mendaftar keanggotaan. Lantai 2 Ruang pendaftaran AnggotaLantai 2 Ruang pendaftaran Anggota

 

Mendaftar keanggotaan cukup mudah,  datang ke lantai 2  mengisi data diri Anda di komputer yang disediakan, kemudian menunggu antrian untuk mencetak kartu. Di lantai 2 Ini pun tersedia katalog secara online, sehingga Anda bisa mencari lokasi buku di gedung ini dengan mudah, tanpa harus keliling. 
 
Mungkin saya norak, karena menemukan satu lantai audio visual,  yaitu lantai 8. Pengunjung dengan menyerahkan kartu anggota, bisa membaca buku digital, mendengarkan musik dan menonton film di lantai ini. Tersedia teater mini, untuk acara nonton bersama. Dan di lantai ini, pengunjung boleh menggunakan ruangan untuk diskusi grup. 
 
20181013_104358.jpg

 

 

20181013_103712.jpg

 

 
Saya memang seorang dewasa, tapi lantai yang pertama kali saya kunjungi adalah lantai 7, lantai koleksi anak2. Disini harus membuka alas kaki, karena ruang khusus anak dilengkapi dengan alas duduk untuk anak2 bermain. Ada pojok khusus untuk acara yang diadakan, seperti pembacaan buku, dongeng, talkshow dan lain2.  Senang sekali saya disini. 
 
Ruang Baca Anak2Ruang Baca Anak2

 

Anda lapar? Di lantai 4 ada KANTIN yang menjual berbagai macam makanan disini, tanpa Anda harus keluar dari gedung. 
 
KantinKantin

 

Saya menjelajahi tempat ini baru 2 hari, dan mencoba beberapa fasilitas. Saya rasa, saya akan kembali dan kembali lagi. Inilah wisata favorit saya, dimana saya merasa nyaman dan tentunya ramah di kantong! Bagaimana tidak, semua gratis!
 
Setelah ini saya akan terus eksplorasi tempat hiburan mendidik lainnya. Seperti Perpustakaan Daerah.  Selalu kembali dan kembali. 
 
Bagaimana perpustakaan di daerah Anda? Ceritakan dong. 
 
 

Cheers,


Devi Dimitra Maksum
Jakarta, Indonesia
22 comments
Anonymous
Not applicable

Bls: Tempat Hiburan Mendidik - Mom As A Local Guide Series

Membawa anak2 berkunjung ke perpustakaan sebagai kegiatan wisata edukasi memang jauh lebih baik dari pada sekedar bermain dan berbelanja di mall

 

Level 10

Re: Tempat Hiburan Mendidik - Mom As A Local Guide Series

Benar Mbak @Ddimitra 

 

Kemarin siang saya datang untuk suatu keperluan ke Perpusnas. Rasanya saya norak. Riang gembira melihat fasilitas bintang 7 layanan publik. 

 

Setiba di rumah, saya ceritakan pada anak-anak, mereka seperti tidak tahan menunggu waktu untuk kesana. 

 

Semoga Perpustakaan di setiap daerah dibuat nyaman dikunjungi oleh siapapun dan kapanpun. Karena dari sana jendela dunia bisa dilihat. 

 

Salam

FJoe

Level 7

Bls: Tempat Hiburan Mendidik - Mom As A Local Guide Series

Tempat hiburan mendidik sekaligus tempat mendidik yang ada hiburannya.

Tiap lantai punya cerita seperti buku-buku dengan kata-katanya.

Puncak cerita ada di lantai 24, luar biasa...

Level 7

Bls: Tempat Hiburan Mendidik - Mom As A Local Guide Series

Hi Mommy @Ddimitra, really nice share ??

 

Saya juga pernah bersama keluarga berkunjung ke sana, memang mengejutkan!! Suasana nyaman, bersih dan tenang, kualitas dunia perpustakaan ini. Area yang waktu itu didatangi adalah area baca anak, disana sangat nyaman dan aman untuk anak beraktifitas. Memang membaca itu memancing imajinasi anak menjadi lebih liar. Seperti yang saya rasa pada ananda saya, disana untuk pertama kalinya dia melihat buku-buku dinosaurus dan imajinasinya langsung terpacu liar melanglang buana. Sejak dari bermain dan membaca disana, dia suka dengan dinosaurus.

 

Petikan kecil dari kisah positif ketika membawa anak ke perpustakaan, sebagai salah satu wisata keluarga yang memiliki value edukasi dan kebaikan nan positif. Semoga dapat mendukung value yang disampaikan pada thread ini mom.

 

Salam hangat,

Ubay ?

 

Membaca dinosurus, hewan, tumbuhan serta buku do'a-do'a untuk anakMembaca dinosurus, hewan, tumbuhan serta buku do'a-do'a untuk anak

 

 

Pria Unique dengan Rasa Lemon yang Asik
~~ Share happiness for happiness ~~
Level 8

Re: Tempat Hiburan Mendidik - Mom As A Local Guide Series

Perpusatakaan sekarang bukan tempat membaca Buku saja, Perpustakaan sudah berkembang menjadi Pusat Ilmu Pengetahuan audio , visual  dan pengunjung bisa berexplorasi bersama anak-anak untuk belajar juga. terimkasih sudah berbagi Mom Devi.  saja juga ingin mnegajak anak saya kesini...

Level 10

Bls: Tempat Hiburan Mendidik - Mom As A Local Guide Series

Lah mas @Ubaystian saya kira masih mahasiswa, taunya udah ada junior.

 

Hahaha

 

Senang deh lihat foto anakmu lagi baca. Lucuuuuuu...

 

Coba balik lagi dan kunjungi lantai 8 Audio Visual, dijamin suka 

 

 

Level 8

Bls: Tempat Hiburan Mendidik - Mom As A Local Guide Series

Saya sering lewat tapi belum pernah singgah. Terima kasih atas reviewnya ☺️👍 Saya berencana akan kesana mengajak keluarga. Apakah pendaftarannya gratis? dan apabila KTP luar Jakarta juga bisa menjadi anggota?

Level 10

Re: Tempat Hiburan Mendidik - Mom As A Local Guide Series

Mas @RahmatHarmanP 

Betul fasilitas nya bukan melulu buku, tapi ada audi visual dan multi media. 

 

Si cantik harus diajak kesini, sepertinya dia suka membaca, pas banget deh

 

 

Level 10

Bls: Tempat Hiburan Mendidik - Mom As A Local Guide Series

@EryWiyanto harus mampir lah. Kan dirimu masih 1 kecamatan. Wkwkkwkw

 

Namanya aja perpustakaan nasional, pasti boleh lah daftar pakai ktp mana pun. Yg pasti ktp sendiri ya, bukan ktp tetangga.