RiverDefender's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 10

Tama River - Mitake Valley

Teman-teman Local Guides seluruh dunia... @Atsukot @AngieYC @ErmesT @DavidTito @NunungAfuah 

 

SAYA mendapat undangan bersama beberapa komunitas relawan Ciliwung dari Pendiri Jakarta Osoji Club. Undangan ini teramat istimewa, karena kami akan merayakan hari istimewa. Ciliwung Day. Kami dari komunitas relawan Ciliwung dari Bogor, Depok, Jakarta bersama-sama Organisasi Non Pemerintah Jepang.

 

Tamagawa atau Tama River adalah salah satu sungai yang berada di Tokyo. Masa lalunya memiliki persoalan yang hampir sama dengan sungai Ciliwung. Persoalan sampah dan limbah menjadi salah satu persoalan rumit.

 

Upaya masyarakat sipil dan berbagai pihak terus dilakukan hingga akhirnya, setelah lebih 50 tahun, sungai Tama menjadi seperti sekarang. Sangat bersih. Saya teman-teman hampir tidak menjumpai sampah di sungai ini.

Sungai Tama di Mitake ValeySungai Tama di Mitake Valey

Atas keberhasilan upaya bersama, NPO Ecomuseum lewat organisasi relawan Jakarta Osoji Club didukung oleh Japan Foundation mengundang beberapa relawan dari sungai Ciliwung dan Gerakan Ciliwung Bersih ke Jepang. Diharapkan kepedulian organisasi relawan kedua negara menjadi dorongan kuat bagi upaya normalisasi Sungai Ciliwung dan sungai lain di Indonesia.

Jembatan MitakeJembatan Mitake

Hubungan organisasi relawan harus terus dijaga ditengah kondisi lingkungan global terus menurun. Upaya hubungan organisasi non pemerintah diharapkan menjadi meningkat menjadi hubungan pemerintah kedua negara dalam mengatasi persoalan sampah di Indonesia.

 

Rangkaian acara ini dimulai pada 09 Nopember 2018 lalu. Perjalanan diatur oleh teman-teman relawan dari Jepang. Tiba di Haneda International Airport kami dijemput. Satu team membawa kami ke hulu sungai Tama. Sementara satu team lagi membawa tas serta perlengkapan lain ke tempat kami menginap.

 

Perjalanan kami dari airport dilanjutkan dengan commuterline menuju Mitake Station. Setelah transit di beberapa stasiun, dengan perjalanan sekitar dua jam. Kami tiba di Mitake Station. Sebuah stasiun di pegunungan. Saat itu, cuaca mendung dengan sedikit gerimis. Rencananya kami akan menyusuri tepi sungai Tama sekitar 2-3 kilometer. Namun karena cuaca hujan, akhirnya hanya bisa melihat dari dekat sungai Tama nan jernih. Cuacanya mirip dengan kawasan Puncak, Bogor. Hampir tidak ada sampah. Saya hampir saja menyeburkan diri melihat dan merasakan bersih dan segarnya air sungai. Saya baru ingat, semua pakaian ganti sudah dibawa ke tempat menginap.

 

Ya sudahlah.

 

Akhirnya kami ke lembah Mitake, salah satu hulu aliran sungai Tama. Di sekitar lokasi ada beberapa restoran, penginapan dan satu halte bus, stasiun commuter line. Daerah ini sangat rapi, ditata dengan Indah. Dari stasiun Mitake, kami hanya tinggal berjalan sekitar 5 menit hingga sampai lembah. Toilet bersih terawat ada di sekitar lokasi. Konon, pada musim semi pohon sakura menampakan keindahan. Pun dengan pohon Maple. Jembatan Mitake Gorge menghubungkan dua wilayah yang dipisahkan sungai Tama. Sementera Jembatan Mitake (jembatan gantung) menghubungkan daerah yang sama bagi turis yang menikmati keindahan sungai.

 

Relawan sungai Ciliwung dan Relawan Sungai TamaRelawan sungai Ciliwung dan Relawan Sungai Tama

Sebuah lingkungan sungai yang dibiarkan secara alamiah dengan faslitas pendukungnya sangat lengkap. Transportasi Bus, Commuterline, Pusat Informasi Turis, Penginapan,Restoran, Coffee Shop, Merchandise dan tentu toilet yang bersih. Sebuah kota yang dibangun dengan sangat mempertimbangkan banyak aspek.

Hulu Sungai Tama (Tamagawa)Hulu Sungai Tama (Tamagawa)

Penasaran ? Lihat Album Photo

Bersambung ~

Mitake Station, Mitakehoncho, Ome, Tokyo, Japan
15 comments
Level 8

Bls: Tama River - Mitake Valley

Sungguh sangat menarik dan menambah pengetahuan bagi rekan-rekan disini. Sesuai dengan yang anda ceritakan kepada saya saat anda memenuhi undangan ini, saya ikut merasa senang. Karena saya yakin anda akan menjumpai hal hal baru disana.

 

@RiverDefender Saya sampai saat ini masih berfikir, bagaimana agar di negara kita bisa seperti itu?. Dari yang semula banyak limbah dan kotor bahkan bisa jadi mengandung bahan bahan berbahaya, hingga pada akhirnya bisa menjadi tempat yang nyaman untuk berekreasi dan berkumpul dengan keluarga di sekitar sungai Tama tersebut.

 

Alangkah indahnya bila suatu hari nanti sungai sungai di negara kita bersih dan nyaman untuk disinggahi sebagai tempat wisata keluarga atau pelancong. Dengan suguhan alam yang indah dan sejuk dipandang. Ekosistem terjaga, lingkungan bersih dan sehat adalah harapan semua umat manusia. Mari kita terus galakan penanggulangan sampah dimulai dari diri kita masing masing terlebih dahulu.

Terima kasih @RiverDefender Atas berbagi cerita ini.

Level 9

Bls: Tama River - Mitake Valley

Perjalanan yang sangat menarik dan menginspirasi Mas @RiverDefender 

Semoga suatu saat Sungai Ciliwung dan sungai-sungai lain di Indonesia juga bisa seperti Sungai Tama di Jepang

Terus semangat dan terus berjuang Mas @RiverDefender dan Tim

Level 10

Bls: Tama River - Mitake Valley

Terima kasih @AgoesSantosa 

 

Ya. Alangkah indahnya bila kawasn sungai ditata dengan baik, sehingga daerah aliran sungai menjadi salah satu titik interaksi sosial masyarakat. Termasuk keluarga di dalamnya.

 

Harapan Anda adalah harapan kita semua.

 

Terima kasih

Salam

FJoe

 

Level 10

Bls: Tama River - Mitake Valley

@em_shal terima kasih sudah mampir, semoga tidak bosan untuk saling berbagi kebaikan. Walaupun hanya lewat perbaikan peta dan cerita ringan.

 

Salam

FJoe

Google Moderator

Re: Tama River - Mitake Valley

Hello @RiverDefender,

 

Amazing initiative, thank you for sharing with us! Do you live in Japan? I was living in Tokyo for a while and in my opinion Japan is really clean country!

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Google Moderator

Re: Tama River - Mitake Valley

Halo @RiverDefender,

 

Pastinya ini merupakan suatu kebanggaan bisa mendapatkan undangan khusus dari negara lain. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan yang kamu lakukan sangat inspiratif dan bermanfaat bagi banyak orang. 

 

Berapa lama kamu berada di Jepang kalau boleh tau?

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Level 10

Re: Tama River - Mitake Valley

Hi @Ivi_Ge  dan @AngieYC

 

Saya tidak tinggal di Jepang. Saya tinggal di Kota Bogor, Jawa Barat,  Indonesia. Ya... Jepang adalah salah satu negara yang sangat bersih dan masyarakatnya disiplin. 

 

Saya di Jepang dari 9 - 11 November. Ini satu cerita dari tiga cerita selama saya di Tokyo, Jepang. 

 

Saya akan segera terbitkan cerita ke dua dan tiga. 

 

Salam

FJoe

 

 

 

 

Level 7

Bls: Tama River - Mitake Valley

Im telling you It was AmAzing mas @RiverDefender🤗👍

Cuma berawal dari kepedulian terhadap ciliwung akhirnya Mas @RiverDefender dan kawan² bisa nginjekin kaki di jepang dan ngerasin jernih + dingin nya air sungai disanaaaa 😱😱🤓🤓🤘

Pokoknya kereeeenn mas ..

Semoga mas @RiverDefender dkk bisa ngerubah sungai ciliwung dan semua sungai di Indonesia bisa jadi kaya di jepang 😘😘😘

Sukses teruss mas

 

Level 10

Bls: Tama River - Mitake Valley

Terima kasih @Nadyna29 ...

 

Semangat ini harus juga menular kepada Anda. Kemudian Anda juga menularkan kembali kepada keluarga dan sekeliling tempat tinggal. 

 

Saya sangat senang dengan keriangan yang sering Anda tunjukkan. 

 

Salam

FJoe