RivaniRahmadani's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 8

Tahu Guling Khas Jogja

Jika biasanya kita mengenal makanan khas Kota Jogja adalah gudeg (*saja), ternyata itu salah besar karena ternyata masih banyak makanan lainnya yang merupakan khas Jogja selain gudeg, misalnya saja : brongkos, mangut lele, jadah tempe, oseng mercon dan tahu guling.

 

Tak heran jika Gudeg lebih dikenal oleh wisatawan yang berkunjung ke Jogja karena menu makanan lainnya masih belum familiar di kalangan wisatawan, padahal citarasa makananya tak kalag enak dengan Gudeg,  misalkan saja satu di antaranya adalah "Tahu Guling" ,  berbeda sekali dengan kambing guling walau sama-sama pakai kata guling dibelakangnya (hahaha) dan yang paati tidak ada guling juga di penyajiannya (hahaha).

 

Tahu Guling adalah makanan dengan bahan dasar tahu dan tempe yang di goreng atau bisa juga di bacem lalu di potong dadu kecil-kecil, dengan kuah gula jawa yang di cairkan di campur dengan bumbu bawang dan asam jawa serta potongan cabe rawit jika yang suka pedas, lalu di lengkapi dengan sayuran yaitu tauge dan kubis atau kol mentah yang di iris tipis, dan di sempurnakan dengan topping bawang merah goreng dan kerupuk. Bisa di bayangkan gimana segar, gurih dan enaknya Tahu Guling ?! Untuk aku pribadi aku suka dengan rasa dari makanan ini apalagi di tambah dengan irisan cabe rawit yang banyakkkkkk sekaliiii ... 😁.

 

Nama Tahu Guling konon katanya berasal dari tahu yang di potong dadu kecil - kecil lalu di goreng kering saat di taruh di piring yang di sudah tertuang kuah gula merah cair segar di dalamnya, membuat tahu yang gembul karena panas minyak goreng tampak berguling-guling di atas kuah gula merah tersebut.

Tahu guling ini enak banget, sesuai dengan selera lidah saya 😉

 
12345.jpg
Rivani Rahmadani
Jogja, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
1 comment
Google Moderator

Re: Tahu Guling Khas Jogja

Halo @RivaniRahmadani,

 

Terima kasih telah berbagi, saya belum pernah nih mencoba tahu guling tapi kedengarannya sangat menarik. Sepertinya kamu pecinta pedas ya. 

 

Mungkin bisa disertakan beberapa foto lagi mengenai kuliner ini agar Local Guides lainnya dapat merasakan kenikmatannya setidaknya melalui foto. 

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!