RiverDefender's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 10

Sungai Ciliwung Jelang Akhir 2018

Hi @ermest @DavidTito @NunungAfuah @AngieYC dan teman-teman Local Guides seluruh dunia...

Saya tuliskan dua aksi berturut-turut menjelang akhir tahun 2018, yaitu aksi kolaborasi pada 22 Desember dan aksi komunitas pada 29 Desember.

 

Sabtu, 22 Desember 2018
SETELAH melalui jalan cukup panjang, didahului dengan post beberapa foto titik timbunan sampah di sungai Ciliwung di media sosial dan grup komunikasi whatsapp, relawan BCC diajak diskusi bersama dengan Pemerintah Daerah Kota Bogor.

Dalam diskusi, pemerintah lokal berkomitmen untuk memberikan perhatian lebih kepada sungai. Dimulai dibentuk surat keputusan Walikota dibentuknya satuan tugas Naturalisasi Ciliwung yang berlaku selama dua tahun. Anggota Satuan Tugas ini dari kalangan Pemerintah, Akademisi, Dunia Usaha, Pemerhati Lingkungan dan beberapa anggota relawan BCC. 

 Tugas pertama adalah memetakan titik timbunan sampah dan titik pembuangan limbah di sungai Ciliwung yang melintasi Kota Bogor, sepanjang 15 kilometer. Catatan sebagian proses mapping titik timbunan sampah di  Ciliwung River Walk Etape III dan IV

Selanjutnya mempresentasikan data temuan satuan tugas naturalisasi ciliwung dihadapan Pemerintah Kota Bogor (Walikota, Camat, Lurah berikut Dinas terkait).

Hanya beberapa hari setelah team satuan tugas presentasi, Walikota Bogor Bimaarya Arya menyatakan akan turun ke sungai Ciliwung bergabung bersama BCC, perangkat kelurahan, warga.kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Aksi ini melibatkan Pemerintah Kota Bogor, Lurah, Camat, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Batalyon Infanteri Garuda 315, Pelajar dan Relawan Bogor Ciliwung Community. Jumlahnya sekitar 150 orang. Lokasinya di Sungai Ciliwung di Sukasari

 

Sekitar 200 karung berisi sampah plastik, kain, styrofoam, alas kaki berhasil kami angkat. Sementara sampah kayu dan sejenisnya dibakar di tempat.

Local Guides Clean The World Pin dengan latar belakang karung sampahLocal Guides Clean The World Pin dengan latar belakang karung sampah

 

Pernyataan menarik dari walikota adalah, sungai Ciliwung harus ditata. Masyarakat harus diedukasi. Setelah semua berjalan, sangat mungkin sungai Ciliwung akan menjadi titik wisata dan akan mendatangkan banyak manfaat ekonomi dan ekologi. Foto selengkapnya di Album Photo Ciliwung - Sukasari

 

Sabtu, 29 Desember 2018

MENUTUP tahun 2018, Bogor Ciliwung Community terus beraksi di Jembatan Gantung Dua Sempur. Seperti sebuah kerinduan. Beberapa relawan BCC kembali turun. Mereka Sutisna Rey, Een Irawan, Ayu, Pay, Ida, Dendry (Ketua Karang Taruna Kelurahan Sempur). Ada juga satu Jurnalis Koran KOMPAS, Siren Patricia yang akan  menulis profil BCC dari sisi aksi relawan pada setiap akhir pekan.

Sampah Alas Kaki Photo by AyuningtyaSampah Alas Kaki Photo by Ayuningtya

Beberapa waktu lalu beberapa teman-teman Bogor, Bekasi dan Jakarta Local Guides pernah ke Jembatan Gantung 2 Sempur. Mereka @ndraverne @Nadyna29 @SuhandiWidjaja @Ddimitra dan beberapa teman lainnya.

Di sela aksi memungut sampah plastik, styrofoam, kain dan alas kaki, kami sesekali menjawab pertanyaan jurnalis KOMPAS. Aksi selama sekitar dua jam saja di , kami berhasil mengumpulkan sampah sekitar 500 kilogram. Selesai membersihkan sungai, kami lanjutkan diskusi masih tentang sungai Ciliwung di kantor Rekam Nusantara Foundation. Ini Album Photo di Jembatan Gantung Dua

Perjalanan untuk mewujudkan dunia yang semakin bersih masih sangat panjang. Mari saling bergandengan tangan.

 

SELAMAT TINGGAL 2018... SELAMAT DATANG 2019, Semoga tahun ini menjadi lebih baik.

 

Salam

FJoe

 

 

Kota Bogor, West Java, Indonesia
10 comments
Connect Moderator

Re: Sungai Ciliwung Jelang Akhir 2018

Level 10

Re: Sungai Ciliwung Jelang Akhir 2018

Hai @RiverDefender

Sangat senang berkenalan dengan mu di tahun ini. Dari Anda, saya mendapat banyak pengetahuan dan ilmu baru. Dan utamanya saya lebih perhatian kepada kebersihan sungai. Terkadang karena kesibukan sehari-hari saya melupakan banyak hal.

 

Saya gembira melihat aktifitas teman-teman dalam membersihkan sungai. Dan begitu semangatnya Anda dalam mensosialisasikannya di berbagai media. 

 

Terus berkarya dan bersemangat ya mas. Setiap langkah dan usaha walaupun sekecil apapun tetap berarti. Dan tentunya mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT.

 

 

 

 

Level 10

Re: Sungai Ciliwung Jelang Akhir 2018

Thank You  @PaulPavlinovich 

Level 10

Re: Sungai Ciliwung Jelang Akhir 2018

Terima kasih @Ddimitra

 

Senang juga mengenal Anda. Saya ingat betul. Pertemuan saya bersama teman-teman Jakarta Local Guides di Taman Menteng, menyambut Mas @syaubananas

 

Ya... Semua kami lakukan dengan gembira.

 

Terima kasih untuk kita semua yang sudah melihat Bumi ini yang satu. Untuk kita rawat dan jaga bersama.

 

Salam

FJoe

Google Moderator

Re: Sungai Ciliwung Jelang Akhir 2018

Halo @RiverDefender,

 

Terima kasih telah berbagi kembali post inspiratif ini, kalau boleh tau apakah kegiatan ini rutin dilakukan dalam periode tertentu?, karena dari cerita yang sering dibagikan terlihat sangat rutin mengadakan kegiatan kebersihan ini. 

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Level 10

Re: Sungai Ciliwung Jelang Akhir 2018

Ya. Bogor Ciliwung Community atau Komunitas Peduli Ciliwung melakukan kegiatan setiap akhir pekan pada hari Sabtu pagi. 

 

Kegiatan ini yang sering adalah clean up sungai dan susur sungai atau river walk. Kombinasi dalam setiap satu bulan adalah 3 kali clean dan 1 kali susur sungai (tergantung kondisi cuaca).

 

Inilah profil Komunitas Peduli Ciliwung 

 

Salam

FJoe 

Connect Moderator

Re: Sungai Ciliwung Jelang Akhir 2018

This is a great way to celebrate the end of 2018, @RiverDefender

I think @DavidTito want to read it too.

I see you made the #LocalGuidesCleanTheWorld too.

Beautiful

Have a great 2019, what Bogor Local Guides is doing for the community is absolutely amazing. @NunungAfuah should be very happy

Level 7

Bls: Sungai Ciliwung Jelang Akhir 2018

Wah keren mas @RiverDefender semoga suatu hari nanti aku bisa ikutan ngeribetin komunitas ciliwung ya mas😂🤗

 

Level 8

Re: Sungai Ciliwung Jelang Akhir 2018

@RiverDefender Very impressive I just sore you on Google Maps here  https://goo.gl/maps/ZE3S7XbVuAv

I love the Photo album but have this in the map Here but I think I will be adding more polygons 

@ErmesT fantastic