Septarina_H's post
cancel
Showing results forย 
Search instead forย 
Did you mean:ย 
Level 8

[RECAP] Cimenyan Festival Pasar Puri Bambu

Halo Indonesia,

 

Pada hari Sabtu lalu tanggal 29 Desember 2018, Bandung Local Guides telah melaksanakan pertemuan dengan tema photowalk dan edit map di acara soft opening Cimenyan Festival. Acara ini adalah pembukaan kawasan objek wisata berupa pasar kerajinan bambu yang diadakan seminggu sekali dengan konsep digital. Nanti nya setiap minggunya acara ini mengusung tema berbeda yang berhubungan dengan kesenian bambu. Terletak di kawasan kelurahan Bojong Koneng, kecamatan Cimenyan, lokasi tempat ini cukup terpencil dan jalan yang dilalui pun cukup sempit dilalui oleh dua kendaraan mobil. Tapi disekitaran lokasi tersebut ada banyak objek wisata yang sudah ada sebelumnya.

Pasar Puri BambuPasar Puri Bambu

 

Bandung Local Guides mengadakan pertemuan ini atas inisiasi oleh @SriSedono_id yang mengusulkan agar Bandung Local Guides mengkuti acara ini. Pada acara soft opening ini banyak kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia dan aneka jajanan khas wilayah sekitar tempat tersebut. Acara pertama adalah pembukaan oleh kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bandung. Acara pembukaan dilaksanakan mengusung adat Sunda dan berlangsung meriah. Pada pembukaan ini peserta diberikan souvenir berupa mainan toroktok yang jika diputar maka akan berbu

Toroktok, mainan khas SundaToroktok, mainan khas Sunda

 

Setelah pembukaan baru lah acara seremonial transaksi belanja di Pasar Puri Bambu ini. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung. Uniknya disini, belanja tidak menggunakan uang tunai langsung, tapi pengunjung harus menukarkan uang tunai nya ke kasir dan mendapatkan alat pembayaran berupa kepingan bambu yang berisi nominal pecahan uang yang tersedia sesuai jumlah uang tunai yang ditukarkan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung secara simbis menukarkan yang tunai dengan uang bambuKepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung secara simbis menukarkan yang tunai dengan uang bambu

 

Setelah itu pengunjung dapat belanja dan mencicipi aneka hidangan khas wilayah sekitar dengan uang bambu tersebut. Selain makanan ada juga souvenir kerajinan bambu yang dijual di acara ini.

Aneka jajanan khas yang dijual selama festivalAneka jajanan khas yang dijual selama festival

 

Pengunjung sedang membeli makanan khas CimenyanPengunjung sedang membeli makanan khas Cimenyan

 

Selain jajanan kuliner dan souvenir ada juga aneka pertunjukan seni yang ditampilkan disini. Saya dan Ibu Yuni sempat berpartisipasi dalam pertunjukan seni memainkan musik karinding, meskipun susah dan kadang tidak sampai bunyi, namun kami tetap antusias mengikuti dan belajar memainkan musik karinding khas Sunda ini. Bisa dilihat di album bagaimana aksi kami belajar memainkan Karinding.

Persiapan belajar memainkan KarindingPersiapan belajar memainkan Karinding

 

Selain itu kami juga ikut dalam permainan Bambu Gila. Permainan Bambu Gila ini adalah permainan dimana peserta berjumlah sepuluh orang mengangkat bambu dan setelah diangkat bersama maka bambu ini akan bergerak seolah berontak dan tidak boleh dilepaskan oleh peserta. Saya kira permainan bambu gila ini membuat peserta bergerak kesana-kemari sambil membawa bambu itu akibat keberatan mengangkatnya, ternyata bambu nya beneran bergerak loh, bisa lihat di album video bagaimana aksi kami bermain Bambu Gila.

 

Setelah itu kami menuju bangunan utama yaitu tempat wotkshop bambu dipamerkan. Ada banyak kerajinan bambu yang di pamerkan disini, salah satu nya yang menarik perhatian saya adalah baju kaos dan kaos kaki yang terbuat dari bahan serat bambu. Sekilas tampak seperti pakaian biasa, tapi ternyata bobotnya lebih berat dari kaos biasa.

Kaos dan Kaos Kaki yang terbuat dari serat bambuKaos dan Kaos Kaki yang terbuat dari serat bambu

 

Aneka kerajinan yang terbuat dari BambuAneka kerajinan yang terbuat dari Bambu

 

Setelah selesai keliling workshop, kami sempatkan foto bersama dan sebagian dari kami ada yang pulang duluan dan masih ada yang bertahan untuk mengikuti acara lanjutan di sesi berikutnya.

Pertunjukan merakit dan memaikan mainan dari bambuPertunjukan merakit dan memaikan mainan dari bambu

 

Acara ini sangat menyenangkan, banyak hal baru yang saya dapatkan selama mengikuti acara ini. Untuk recap ini mohon maaf telat tayang karena host baru saja selesai liburan dan langsung diisi kegiatan padat.

Pemandu Lokal BandungPemandu Lokal Bandung

 

Terima kasih sudah menyempatkan membaca recap ini. Sampai ketemu di pertemuan berikutnya๐Ÿ˜Š

 

Album foto & video

Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
16 comments
Connect Moderator

Re: [RECAP] Cimenyan Festival Pasar Puri Bambu

What an awesome Meetup @Septarina_H thanks for sharing your recap.

 

Bamboo is an amazing and flexible material useful for so many things.

Level 8

Re: [RECAP] Cimenyan Festival Pasar Puri Bambu

Hi @Septarina_H,

Greetings from the Bangladesh Local Guide!

Thanks for sharing the Cimenyan Festival Pasar Puri Bambu meetup recap post with us. 

Aswome meet up! Photography of the meetup was excellent!

Thanks again.

#LetsGuide

#LocalGuides | #LetsGuide | #Bangladesh |#BangladeshLocalGuides | #SoundOfBeautifulBangladesh
Google Moderator

Re: [RECAP] Cimenyan Festival Pasar Puri Bambu

Halo @Septarina_H,

 

Terima kasih telah memberikan pembahasan secara singkat, padat dan jelas yang menggambarkan segala sisi dari acara ini. Semoga acara seru seperti ini lebih banyak diadakannya ya.

 

Mungkin jika kamu ada foto permainan bambu gilanya bisa disertakan juga, pasti akan menarik bagi Local Guides lainnya.

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Former Google Contributor

Re: [RECAP] Cimenyan Festival Pasar Puri Bambu

Hi  @ Septarina_Hadori ,

 

Thanks for the tag and for the recap.

 

It is trully amazing. I can see that you had a great time. The snacks look yummy, what are these exactly?

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Google Moderator Thank you!

Level 8

Re: [RECAP] Cimenyan Festival Pasar Puri Bambu

@PaulPavlinovich Thanks for attention, 

 

I also just found out if it turns out bamboo has many benefits that can be used. This greatly adds to my insight.

Level 8

Re: [RECAP] Cimenyan Festival Pasar Puri Bambu

Thank your for your attention @MdAtikuzzamanLimon ๐Ÿ˜Š

Level 8

Re: [RECAP] Cimenyan Festival Pasar Puri Bambu

Halo @AngieYC terima kasih atas perhatiannya ๐Ÿ˜Š

 

Btw, video saya sedang memainkan Bambu Gila ada di album Google Foto, apakah ada cara untuk menyematkan video di psotingan ini? Kalau foto juga ada tapi hasilnya kurang maksimal.

Level 8

Re: [RECAP] Cimenyan Festival Pasar Puri Bambu

Hi @Petra_M Thank you for reminding me to make a recap.

 

All snacks generaly made from cassava which has been fragmented, I don't know what's it called in English, maybe @AngieYC can help description about it. But here we call it "Tape".

 

The snacks sold there are Tape Ketan, Colenak, Lepet, Lemper, Kripik Pisang, Awug (this is my favourite made from rice flour and very tasty), Ali Agrem (also my favourite, sweet and crunchy), Gemblong, and much more that I don't remember all the names. 

Google Moderator

Re: [RECAP] Cimenyan Festival Pasar Puri Bambu

Halo @Septarina_H,

 

Kebetulan dalam post di Connect, untuk menyertakan video hanya dapat digunakan via URL.

 

Saya mengerti, pasti memang agak sulit yang untuk mengambil gambar yang banyak pergerakannya, apalagi di permainan bambu gila ini. 

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!