iorikun301's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 9

[ RECAP ] Bincang Aksesabilitas Malang Local Guides Bersama Gerkatin Kota Malang

P_20170915_160702-01-01.jpeg

 

Hai!

 

Saya Ario, local guide dari Malang, Jawa Timur, Indonesia.

 

Beberapa waktu yang lalu, Minggu (25/11/18), kami komunitas Malang Local Guides mengadakan meet up yang bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi Google Maps kepada masyarakat luas, khususnya masyarakat Kota Malang, Jawa Timur. Seperti kata pepatah: Memasyarakatkan Google Maps, dan Meng-Google Maps-kan masyarakat.

 

Dan sasaran sosialisasi kami kali ini adalah Gerkatin (Gerakan Untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia) Kota Malang. Acara meet up dilangsungkan di kantor Gerkatin Kota Malang Jl. Ijen no. 34, Kota Malang, pukul 08:00-10:00 WIB.

P_20181125_081541-01.jpeg

 

 

Mengapa memilih Gerkatin untuk melakukan sosialisasi penggunaan Google Maps? Sederhana: Karena sudah kenal. Hahaa..

 

Niat awal menginisiasi meet up ini sebetulnya karena isyu aksesabilitas merupakan isyu yang mulai banyak diperhatikan di Google Maps. Hal-hal yang berkaitan dengan, misalnya, akses pengguna kursi roda mulai banyak diperhatikan. Lalu bagaimana dengan teman-teman tuli? Apakah mereka tidak memiliki masalah dalam penggunaan Google Maps? Secara umum tidak.

 

Tapi satu perbincangan dengan salah seorang teman tuli satu tahun yang lalu memantik pemikiran saya: Kalau ada fitur di Google Maps tentang ketersediaan penerjemah bahasa isyarat di sesuatu tempat tertentu, misal di tempat makan (saya hobi foodcrawl), agaknya akan cukup membantu.

 

Tapi benarkah demikian? Isyu inilah yang sedang ingin kami dalami.

Oom Brian (kiri, baju merah) menyampaikan materi cara penggunaan Google Maps dengan dibantu penerjemah bahasa isyarat Yanda Sinaga (berdiri, baju hitam)Oom Brian (kiri, baju merah) menyampaikan materi cara penggunaan Google Maps dengan dibantu penerjemah bahasa isyarat Yanda Sinaga (berdiri, baju hitam)Oom Brian (kiri, baju merah) menyampaikan materi cara penggunaan Google Maps dengan dibantu penerjemah bahasa isyarat Yanda Sinaga (berdiri, baju hitam)

 

Acara dimulai tepat pukul 08:00 WIB. Oom Brian sebagai salah satu local guide senior di Malang Local Guides maupun Batu Local Guides menyampaikan materi cara-cara penggunaan Google Maps dan bagaimana cara memberikan ulasan di Google Maps. Sebagai penerjemah bahasa isyarat adalah Yanda Sinaga, guru bahasa isyarat.

 

Teman-teman local guides selama Oom Brian menyampaikan materi mendampingi teman-teman Gerkatin.

 

Walaupun sedikit terkendala karena perbedaan bahasa (ya, bahasa isyarat Indonesia adalah satu jenis bahasa seperti halnya bahasa Inggris maupun bahasa Jawa), namun semua peserta nampak bersemangat mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh Oom Brian. Dari soal memberikan rating bintang, hingga menuliskan ulasan.

Tante Tarie mendampingi teman-teman Gerkatin belajar memberikan penilaian dan ulasanTante Tarie mendampingi teman-teman Gerkatin belajar memberikan penilaian dan ulasanTante Tarie mendampingi teman-teman Gerkatin belajar memberikan penilaian dan ulasan

 

 

Dari pendampingan tersebut diketahui mereka masih memiliki pemahaman yang cukup minim tentang penggunaan Google Maps. Jadi.., sosialisasi dan edukasi penggunaan Google Maps di masyarakat memang perlu dilakukan, Kawan.

Berkomunikasi dengan bahasa isyarat IndonesiaBerkomunikasi dengan bahasa isyarat IndonesiaBerkomunikasi dengan bahasa isyarat Indonesia

 

Antusias belajar Google MapsAntusias belajar Google MapsAntusias belajar Google Maps

 

 

Selain teman-teman local guides mengajarkan penggunaan Google Maps, kami juga belajar secara singkat tentang bahasa isyarat yang digunakan oleh teman-teman Gerkatin, yakni bahasa isyarat Indonesia.

 

Kami diajari cara menyampaikan terima kasih (yang mirip-mirip seperti orang kiss bye), juga bahasa isyarat untuk menyebut Malang Local Guides dan Batu Local Guides. Fyi, isyarat untuk menyebut kota Malang adalah dengan masing-masing 3 jari kanan-kiri seolah menggambar kumis singa di pipi (karena lambang kota Malang adalah singa).

 

Dan yang tidak disangka-sangka, teman-teman Gerkatin ternyata juga membuatkan isyarat khusus untuk menyebut Local Guides, yakni perpaduan antara huruf L dan G. Jadi sekarang kita sudah punya simbol isyarat sendiri untuk menyebut local guides, teman-teman. Asyik, kan?

Teman Atikersz dan teman Rivani (local guides) mempraktekkan simbol isyarat Local GuidesTeman Atikersz dan teman Rivani (local guides) mempraktekkan simbol isyarat Local GuidesTeman Atikersz dan teman Rivani (local guides) mempraktekkan simbol isyarat Local Guides

 

Belajar bahasa isyarat Indonesia yang gampang-gampang saja duluBelajar bahasa isyarat Indonesia yang gampang-gampang saja duluBelajar bahasa isyarat Indonesia yang gampang-gampang saja dulu

 

 

Tepat pukul 10:00 WIB acara ini diakhiri dengan sebuah janji untuk diadakan lagi di lain kemudian hari. Dan sebelum berpisah, kami pun menyempatkan untuk berfoto bersama.

 

Lho, lha trus di mana letak Bincang Aksesabilitasnya? Santuuyyy.., masih ada lain hari. Hehee.. (kami santai banget, ya? Hehee..)

 

Teman-teman local guides dari kota-kota tetangga kalau mau bikin acara yang begini-begini juga boleh, loh. Mari kita jadikan Google Maps sebagai aplikasi yang ramah pengguna yang beragam. 

Persiapan foto bersama dengan kamera 360 derajatnya Oom Brian

 

 

 

 

Akhirul kata, saya selaku host meet up mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini. Oom Brian yang sudah memberi materi sosialisasi, ibu Sumiati dari Gerkatin yang bersedia membukakan pintu kantornya, mbak Dini dari Malang Local Guides yang sudah mengenalkan saya kepada teman-teman Gerkatin, serta seluruh teman-teman Malang Local Guides, Batu Local Guides, juga teman-teman Gerkatin Kota Malang.

 

Oh, iya, kalau ada yang bertanya sulitkah belajar bahasar isyarat Indonesia? Saya menjawab: tidak. Cukup 30 menit, kita bisa setidaknya beberapa bahasa isyarat pergaulan dasar, seperti misalnya terima kasih, halo, i love you. Hehee..

 

Sampai jumpa di lain waktu.

 

Salam,

Ario (Malang Local Guides)

 

 

7 comments
Level 9

Re: [ RECAP ] Bincang Aksesabilitas Malang Local Guides Bersama Gerkatin Kota Malang

NB: Kami datang berdua belas. Wkwkk.. lupa.. 😁😁

Level 9

Bls: [ RECAP ] Bincang Aksesabilitas Malang Local Guides Bersama Gerkatin Kota Malang

@iorikun301 acara ini kereen..sangat berkesan sekali karena bisa bercengkrama dengan teman teman teristimewa dari 'gerkatin'.semoga ada agenda acara seperti ini lagi.

Google Moderator

Re: Bls: [ RECAP ] Bincang Aksesabilitas Malang Local Guides Bersama Gerkatin Kota Malang

Halo @iorikun301,

Salam Kenal sebelumnya. 

 

Terima kasih telah membagikan recap dari meet-ups ini dengan sangat lengkap, Semoga kegiatan ini dapat terus berjalan dan tesebar lebih luas agar dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. 

 

Semangat terus dalam berkontribusi. 

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Level 9

Bls: [ RECAP ] Bincang Aksesabilitas Malang Local Guides Bersama Gerkatin Kota Malang

Tante Nissa juga terima kasih sudah meluangkan datang.

Mudah-mudahan ke depan bisa ada lagi acara serupa yang lebih proper dan prepared.

Soalnya yang ini dadakan dan kepepet. Hehee..

Level 9

Re: Bls: [ RECAP ] Bincang Aksesabilitas Malang Local Guides Bersama Gerkatin Kota Malang

Halo, salam kenal, Kak AngieYC.

Saya Ario.

Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca recap kegiatan kami.

Semoga kegiatan sederhana ini bisa menginspirasi.

 

Salam,

Ario —Malang Local Guides

Google Moderator

Re: Bls: [ RECAP ] Bincang Aksesabilitas Malang Local Guides Bersama Gerkatin Kota Malang

Halo @iorikun301,

 

Sama-sama dan selalu semangat dalam berkontribusi. 

 

Jangan lupa untuk memberikan simbol @ sebelum nama mereka pada suatu post agar mereka dapat menerima notifikasi bahwa kamu sedang berkomunikasi dengan mereka. 

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Level 9

Re: Bls: [ RECAP ] Bincang Aksesabilitas Malang Local Guides Bersama Gerkatin Kota Malang

Baik.

Terima kasih tipsnya, Kak @AngieYC.. :))