MOH_MUAD's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 8

Perjalanan ke Puncan B29

suasana di puncak B29suasana di puncak B29

Akhir pekan kami berencana akan berkunjung ke kabupaten Lumajang, dengan mengunakan kendaran pibadi yaitu mobil Daihatsu Sigra, mobil ini adalah mobil yang kami miliki, Kami akan berangkat ke Lumajang pada sore hari sehingga malam kami baru akan sampai, tapi sebelumnya kami telah menghubungi teman-teman RTIK Lumajang yang akan kami jadikan base untuk seluruh kegiatan kami di sana nanti, Rute berangkat Kami sengaja mengambil rute jalan Bojonegoro – Jombang disambung dengan lewat Toll Jombang – Mojokerto – Surabaya disurabaya sejenak mampir ke Wonokromo ke rumah saudara dari (nova) kemudian dilanjut lagi lewat Jalan Toll Surabaya (Gunug sari) – Pesuruan.

Sampai sini mohon hati-hati karena rambu-rambu jalan tidak jelas banyak simpangan tanpa penunjuk arah pakai Google juga sering salah arah. Kemudian lanjut menuju arah Probolinggo sebelum masuk kearah Grati – probolingga aka ada jangan salah masuk arah Toll fungsional (terutama yang pakai Google map) bisa kesasasar (google map kurang sajen), lanjut terus ambil arah probolinggo terus ambil jalur lingkar timur ahirnya jam 22.30 kita sampai di tujuan perjalanan hamper 7 jam kita di jalan. Kami bersama rombongan cepat-cepat tidur dan menyiapkan tenaga untuk kegiatan besuk pagiKami bangun pukul 05.00 dimulai dengan sholat subuh dilanjutkan mandi pagi terus ngopi – sambil persiapan untuk rute berikutnya yaitu kami akan naik ke puncak B29, perjalanan dari tempat menginap kurang lebih 30 menit dengan jalan berasapal bagi yang belum pernah ke B29 jangan hawatir karena mulai dari bawah banyak relawan yang akan menanyakan apakah kita mau ke B29 kalau iya kita akan di kawal karena sebagaian besar jalanya akan naik dan banyak tikungan tajam – akhirnya kami sampai di pintu gapura B29 disinilah kita di harus parkir di tempat yang sudah disediakan.

Dari tempat parkir ini kita akan melanjutkan perjalanan dengan naik Ojek, tapi jangan lupa tanyakan dulu berapa ongkosnya, untuk satu penumpang (ojek) rata-rata Rp. 100.000, – sampai 150.000,- tinggal kepiawaian kita untuk tawar menawar kemarain kami borongan untuk 5 ojek kita bayar Rp 450.000,- tapi sesui dengan pelayanan mereka ramah-ramah dan akan menungu kita sampai kita turunPerjalanan ke pun dilanjutkan dengan abang-abang ojek, perjalanan kurang lebih 15 menit, sepanjang perjalanan kita akan di suguhi pemandangan yang eksotik dengan keahlian abang-abang ojek yang meliuk-liuk melewatan jalan dengan tikungan yang curam dan tajem, akhir kita sampai di puncak B29, akan terbanyar sudah lelah kita, kita dapat bersuwa foto di tulisan B29 dan kita juga bisa jalan ke atas akan kita temui tebing-tebing curam di bawah kita dengan pemandangana yang luar biasa indah di atas B29 juga banyak warong jajanan makanan ringan, sebelum kita jajan ada baiknya tanyakan dulu harganya biar tidak salah sangka, Setelah menikmati indahnya puncak B29 kita turun kita melewati rute yang tadi kita lewati, harap hati-hati karena sepanjang perjalanan mulai dari puncak B29 jalanan curam dan tikungan tajam, apalagi kalua sedang turun kabut, sekali lagi hati-hati ohya kalau ke B29 jangan pakai Mobil / Sepeda Metik ya

ABAHE_ALIS
Puncak B29, Nganjir, Sariwani, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Indonesia
4 comments
Google Moderator

Re: Perjalanan ke Puncan B29

Halo @MOH_MUAD,

Salam Kenal sebelumnya. 

 

Perjalanan akhir pekan kamu sepertinya sangat panjang ya, namun pastinya terbayarkan dengan pemdangan yang sangat indah saat sampai ke pencak B29. Terima kasih sudah berbagi tips dengan sangat detail, pasti akan sangat bermanfaat bagi Local Guides lainnya. 

 

Setibanya disana apakah ada kegiatan yang dapat kamu rekomendasikan?

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Level 8

Re: Perjalanan ke Puncan B29

Kegiatan puncak B29 ada lapangan yang bisa dipakai untuk kemping dan bisa selfi dengan latar belakang lautan pasir BromoSelfi dengan latar belakang Lautan Pasir BromoSelfi dengan latar belakang Lautan Pasir Bromo

ABAHE_ALIS
Google Moderator

Re: Perjalanan ke Puncan B29

Halo @MOH_MUAD,

 

Tampaknya sangat seru ya tempatnya untuk menghabiskan akhir pekan dengan kelurga dan teman dekat, apakah kmau saat berkunjung hanya pulang pergi atau sempat menginap?

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Level 8

Re: Perjalanan ke Puncan B29

Untuk pergi ke puncak B29 saya sarankana menginap, di desa terdekat, bisa menginap di rumah penduduk dan kemudian melanjutkan perjalanan dini hari ke puncak B29 bisa melihat sunrise, aku kemarin tidak sempat menikmati sunrise B29

ABAHE_ALIS