jumatil's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 9

Mengedit informasi rumah sakit di Google Maps

Foto bersama gaya "salam sehat"Foto bersama gaya "salam sehat"

 

Foto bersama gaya "jempol"Foto bersama gaya "jempol"

Pada hari Sabtu, 15 Februari 2020 para Local Guide "dadakan" dari Kuala Kapuas berkumpul di aula RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas untuk mengikuti kegiatan Meet Up yang baru pertama kali diadakan di Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh lima orang peserta. Para peserta umumnya masih baru kenal dengan Local Guide, jadi pertemuan pertama ini lebih banyak menjelaskan tentang apa itu Local Guide dan apa yang manfaat yang bisa kita berikan kepada masyarakat dengan bergabung menjadi Local Guide. 

 

Pemetaan berbagai fasilitas rumah sakit secara umum sudah tersedia di rumah sakit, namun ada beberapa tempat seperti instalasi farmasi yang ingin menambahkan foto-foto kegiatan mereka. Unit transfusi darah pun ingin menambahkan berbagai kegiatan yang mereka laksanakan selama ini. 

 

Karena para Local Guide ini banyak berasal dari kalangan rumah sakit sendiri, diharapkan review yang diberikan pengunjung pada masing-masing tempat dapat dijadikan sebagai umpan balik terhadap pelayanan yang diberikan.

 

Rencananya kami mau jalan-jalan ke Apotek Mujarab dan Apotek Murah untuk mengedit informasi praktek dokter yang ada di sana. Tapi karena udaranya sedang hujan, kami menunda kegiatan tersebut.

 

Sewaktu akan menambahkan beberapa tempat yang ada di rumah sakit, ternyata tempat tersebut sudah ada, namun ketika dilihat di tampilan peta tidak ada. Tapi ketika kita ketik di kolom pencarian, baru keluar. 

 

Pelajaran dari meet up kali ini adalah perlunya persiapan yang cukup panjang untuk mempromosikan kegiatan ini. Saya bersyukur karena hanya dalam waktu satu hari Local Guide Connect sudah menyetujui kegiatan ini. Mudah-mudahan dalam kesempatan mendatang, persiapannya harus lebih panjang, sehingga cukup banyak waktu menyebarkan informasi ini kepada mereka yang berminat.

 

Jum'atil Fajar
RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo, Jalan Tambun Bungai, Central Selat, Kapuas Regency, Central Kalimantan, Indonesia
6 comments
Level 6

Re: Mengedit informasi rumah sakit di Google Maps

Halo, salam kenal, saya Joseagush dari Bali,

 

Apakah saya dapat meminta databasenya? Saya sendiri sedang mengembangkan database terkait rumah sakit di wikipedia. Saat ini masih database seputar rumah sakit di Bali. Datanya bisa dilihat disini: https://w.wiki/Kf7. Untuk database lainnya seperti data rumah sakit di Indonesia di Wikipedia dan Wikidata bisa dilihat di pranala berikut: https://w.wiki/KW2
sedangkan untuk database rumah sakit di dunia: https://w.wiki/JgW

Yosef Agus Haryanto
Level 9

Re: Mengedit informasi rumah sakit di Google Maps

Database apa yang diperlukan?

Jum'atil Fajar
Level 6

Re: Mengedit informasi rumah sakit di Google Maps

Jika ada, database rumah sakit di Indonesia, seperti data rumah sakit per provinsi/kabupaten dengan masing2 data seperti jumlah dokter, jumlah perawat, ranjang pasien, luas bangunan/tanah, laman resmi (website), alamat, no telepon, dsb. Untuk database daftar rumah sakit di Indonesia saya sudah dapat di http://sirs.yankes.kemkes.go.id/fo/ hanya saja datanya belum lengkap semua seperti diatas.

Yosef Agus Haryanto
Level 10

Re: Mengedit informasi rumah sakit di Google Maps

Saya baru tau kalau di kapuas pernah ada meet up para local guides. Saya juga org kapuas pak, semoga nanti bisa ikut berkumpul dan juga berkontribusi bersama-sama.

Level 9

Re: Mengedit informasi rumah sakit di Google Maps

Bagaimana kalau bikin meet up virtual seperti yang lain?

Jum'atil Fajar
Level 10

Re: Mengedit informasi rumah sakit di Google Maps

bisa untuk diatur pak. Meet up virtual dulu untuk sharing-sharing, saya masih perlu belajar banyak juga pak. Hehe