BudiFXW's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 10

Manfaat Rute Khusus Sepeda Motor

Suatu hari kawan  saya yang bekerja sebagai agen asuransi bercerita betapa sulitnya jika nasabahnya mengajak bertemu di Mall Belanova Sentul, secara jarak dan kemudahan memang tidak terlalu jauh, namun dia harus mengatur jadwalnya dengan suaminya untuk bisa menggunakan mobil masuk jalan tol.

 

Mengapa demikian, karena dia selama ini bepergian selalu menggunakan sepeda motor dan itu sudah dilakukannya selama lebih dari 14 (empatbelas) tahun.

 

"Apakah menggunakan Google Maps ?"

 Ya.

 

Kalau begitu saya pinjam telpon genggamnya dan kami berdua membuka aplikasi Google Maps.

 

 

Lalu kami membuka Petunjuk arah dari kantornya menuju Belanova Mall, menggunakan rute mobil.Rute dengan menggunakan mobil.Rute dengan menggunakan mobil.

Ya benar rute itu yang biasa ditempuh bersama suaminya.

 

Kemudian saya menunjukan rute khusus sepeda motor dengan tujuan yang sama,

Hasilnya menunjukkan rute yang berbeda, yang bisa ditempuhnya. agak memutar memang tetapi bisa menggunakan sepeda motor.

 

 

"lho ada ya ? Bisa ya ?"

 

Ini ada dan silahkan coba.

 

Dengan begitu, jika ada nasabahnya yang mengajak bertemu di Bellanova Mall, dia ngga perlu lagi merepotkan suaminya untuk mengantarnya.

 

Ternyata Google Maps lebih tau tentang rute sepeda motor dibandingkan orang yang sudah tinggal di Bogor dan menggunakan sepeda motor selama lebih dari empat belas tahun.

 

 

Rute dengan menggunakan Sepeda Motor.Rute dengan menggunakan Sepeda Motor.

Adakah anda memiliki pengalaman unik dengan rute khusus sepeda moto, setelah hampir satu tahun dipasang di Google Maps, khususnya di Indonesia ?  

 

@PaDeSSo 

@SuhandiWidjaja 

@Andries0313 

@RahmatHarmanP 

@liantokate 

@AHF 

 

 

  

Tag (@BudiFXW) in your post or comment, I will happily to connect with you.
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
10 comments
Level 10

Bls: Manfaat Rute Khusus Sepeda Motor

Terima kasih om @BudiFXW  sudah mentag saya, 

Kebetulan di Kota Bandung baru ada 2 jalan Toll dan 10 Pintu masuk, jadi masih relatif mudah untuk memakai kendaraan Sepeda Motor atau Mobil, karena jalur toll berada di lingkar luar Kota Bandung.

 

Kendala utama bagi wisatawan yang mendatangi Kota Bandung ada 3,

Pertama, yaitu banyaknya destinasi wisata kuliner & factory outlet yang tidak mempunyai lahan parkir yang cukup. Sehingga kadang meluber ke jalan raya.

Kedua, Jumlah Jalan yang tetap dari dulu dan kurang lebar;

Ketiga, Jumlah Volume kendaraan roda empat yang memasuki kota Bandung, terutama di akhir pekan dan liburan sangat banyak. 

 

Hal itu banyak mengakibatkan kemacetan rutin. Mungkin perlu juga ditambahkan di maps. Jalur alternatif manakala diadakan car free day yang lagi semarak di berbagai kota di seluruh Indonesia.

 

PaDeSSo

Level 10

Re: Manfaat Rute Khusus Sepeda Motor

@BudiFXW  Saya beberapa kali mencoba fitur ini di Batu dan Malang, dan kadang ada perbedaan hasil walaupun tidak banyak. Mungkin ini lebih berguna di Jakarta ya untuk menghindari kemacetan. Akan lebih berdampak, seandainya garis jalan yang ada di Google Maps ada pembeda antara rute yang bisa dilalui oleh kendaraan roda empat, sepeda motor, atau bahkan pejalan kaki.

Level 10

Re: Manfaat Rute Khusus Sepeda Motor

Setuju @br14n .

 

Kekurangannya juga kalau udah terkait dengan portal yang ditutup di hari tertentu atau jam tertentu.

 

Jalannya memang ada dan benar, namun ada portal yang menghalanginya.

Tag (@BudiFXW) in your post or comment, I will happily to connect with you.
Level 7

Re: Manfaat Rute Khusus Sepeda Motor

saya pernah diperumahan bekasi dirute menunjukkan jalan tercepat pas ditengah jalan ada portal yang menghalangi terpaksa balik lagi

Level 7

Bls: Manfaat Rute Khusus Sepeda Motor

Haii coach @BudiFXW setelah Google Maps membuat fitur yang bisa untuk pengguna motor seperti saya sangat membantu untuk mengatur perjalanan menuju tempat yang belum saya ketahui, namun ada kalanya beberapa kali saya tersesat dan harus mengulang ke jalan sebelumnya dan menanyakan kembali kepada penduduk sekitar,

 

terakhir ini menggunakan untuk berkunjung kerumah teman saya lokasinya ada di perkampungan tidak jauh dari rumah saya dan saya tersesat sampai masuk jalan paling kecil dengan rumah yang saling berdekatan satu dengan yang lainnya, berhubung motor saya besar dan tidak muat ke gang tersebut akhirnya saya memundurkan kembali motor saya dan diantar teman saya kerumahnya dengan jalan yang benar, tidak semua track motor yang ada di Google Maps bisa dilewati motor

 

itu saja cyrhatan saya mengenai fitur Google Maps untuk Kendaraan Motor Roda Dua

Level 10

Bls: Manfaat Rute Khusus Sepeda Motor

@PaDeSSo , @nurkayaitik  dan @360bymiftah .

 

Betul, ternyata kita semua merasakan manfaat dari rute khusus sepeda motor.

 

Saya paling suka salah satu fasilitasnya yaitu re-routing, jadi kalau saya sudah ambil satu pilihan, maka petunjuk arahnya berubah menyesuaikan.

 

Ada.dua masalah yang belum terselesaiakan :

1. Jalan yang ditutup.portal.

2. Mengedit jalan yang terlalu sempit untuk motor seperti yang dialami @360bymiftah .

 

Adakah saran dari @AngieYC  untuk mengedit jalan yang terlalu sempit dan jalan yang ditutup portal.

Tag (@BudiFXW) in your post or comment, I will happily to connect with you.
Level 8

Re: Manfaat Rute Khusus Sepeda Motor

 

 

Level 8

Re: Manfaat Rute Khusus Sepeda Motor

trimakasih Pak @FXBudiW  setahun belakangan ini saya menggunakan Fitur Motor . Senang sekali dan sangat membantu, terutama untuk mengakses  jalan-jalan pintas berukuran kecil (jalan tikus) yang hanya bisa dilalui roda dua dan membantu saya menghemat waktu tempuh dari satu point ke point lain. 

Kalau menurut saya, perbedaannya lebih terasa di pinggir kota atau di kawasan pemukiman, bukan di jalur utama.

 

Kebetulan saya suka pakai Transportasi Online , apakah  Google Map Rute motor sudah diadaptasi oleh penyedia Transportasi Online? direction yang digunakan oleh aplikasi transportasi online sepertinya masih mengadaptasi rute mobil. jadi terkadang berdampak kepada penghitungan harga.

 

Kalau harapan saya , dan mungkin sebagian besar Local Guides, adalah bagaimana User bisa mengirimkan Send Feed Back yang bisa di eskalasi prioritasnya dan di moderasi untuk informasi jalan, baik untuk motor ataupun mobil., karena seperti yang kita tahu bersama sudah banyak berita terkait "Optimalisasi Penggunaan Direction"  (nyasar/salah jalan) yang perlu perhatian kita semua.

Google Moderator

Re: Manfaat Rute Khusus Sepeda Motor

Halo @BudiFXW,

 

Terima kasih telah berbagi mengenai informasi ini, pastinya fitur motor akan sangat amat membantu terutama pada masyarakat Indonesia yang banyak menggunakan motor, mengingat jalanan ibukota yang selalu macet. 

 

Mengenai pertanyaan dari kamu, memang untuk saat ini pada Google Maps belum ada opsi edit untuk masalah yang disebutkan, namun sudah ada ide yang dibagikan oleh @StephenAbraham pada bagian Idea Exchange mengenai topik Add avoid Small & Narrow roads for Navigation settings

 

Silahkan berikan dukungan kamu pada ide tersebut, dan jika kamu memiliki ide yang berbeda silahkan langsung dibagikan pada bagian Idea Exchange

 

Saya juga akan mengganti topik label kamu kedalam topik how-tos, mengingat apa yang kamu bagikan disini merupakan suatu tips. 

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!