ErmesT's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 10

Re: Local Guides clean the world - A Local Guides project

thank you very much


@ErmesT  ha escrito:

That's great @HUMBERTO_V

It is quite crazy to see what you can find in a beach




https://gasmountain.com/blog/
FOLLOW ME ON GOOGLE MAPS
https://goo.gl/maps/nTobaEosxkmA1cvq8
Level 10

Re: Local Guides clean the world - A Local Guides project

@ErmesT 

I don't know why I missed seeing this post earlier but this is a fantastic idea. 

Maria

Level 5

Re: Local Guides clean the world - A Local Guides project

Great initiative @ErmesT! I was almost for it and part of it in different locations I've lived - Post Soviet Space, Romania and now Austria! I join you - no question!

 

Level 10

Re: Local Guides Clean The World - Ciliwung River Kedungbadak Clean Up

SATU titik sungai Ciliwung di sekitar jalan Soleh Iskandar dan bawah jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) menjadi salah satu titik aksi relawan pada Sabtu, 25 Agustus 2018. 

 

Jumlah relawan yang terlibat tidak banyak. Ada Pak Yudhi, Mas Zain  @omarabdilla @johanesjenito. Setelah melakukan observasi sedikit dan tentu saja menikmati kopi lokal di Bogor kami segera turun ke sungai. Berbekal  kantong plastik, tongkat dan sarung tangan. Saya berpesan, target operasi kali ini hanya sampah plastik yang ada di daratan sekitar sungai dan tentu kering.

 

Coffee Morning and DiscussionCoffee Morning and Discussion

sekitar 90 menit kami beraksi, ada 6 trashbag volume sekitar 50kg penuh berisi sampah kantong plastik dan kemasan sekali pakai. Sementara di sekitar juga masih banyak sampah plastik dalam kondisi basah. Ada juga pakaian bekas, alas kaki bekas dan aneka sampah organik lainnya. Trashbag berisi sampah ini kemudian kami angkut ke tepi  untuk kemudian dibawa petugas pemerintah. Sampah ini kemudian dibawa ke lokasi Landfill. Memang belum tercapai kondisi ideal. Harusnya sampah plastik ini di olah menjadi sesuatu tanpa meninggalkan jejak polusi.Kami sedang berusaha untuk mendapatkan tabung reaktor untuk mengolah sampah plastik ini.

Bogor Ciliwung CommunityBogor Ciliwung Community

Sementara yang saya lakukan di rumah, sampah plastik ini dibuat ecobrick. Sampai saat ini baru ada 4 buah ecobrick dari sampah pl di Bogor dan Indonesia juga lebih sering berkomunikasi tentang ecobricks untuk menahan laju sampah plastik yang akan berakhir ke kebun, sawah, parit, sungai dan berakhir ke laut. Apabila ini terjadi akan berpengaruh terhadap kesehatan dan keseimbangan alam.

 

Oh, ya... Selesai kami membersihkan sungai, saya bertiga menyusuri sungai melewati kampung dengan padat pemukiman. Dan apa yang terjadi? Menyedihkan.

7.jpg

Ini link peta lokasi membersihkan sungai Peta Lokasi 

Ini link Album Foto

 

Saya kehabisan kata-kata

@ErmesT @DavidTito @KarenVChin @Badruddeen @NunungAfuah @BudiFXW @MutiahA @SUDIYAH

 

Bogor, Minggu 26 Agustus 2018

Salam
FJoe

Level 8

Re: Local Guides Clean The World - Ciliwung River Kedungbadak Clean Up

@RiverDefender Hi very illustrative work here, I have your polygon in the Map Here but there is something wrong with your photo album link, I think you may need to check it 

Level 8

Re: Local Guides Clean The World - Ciliwung River Kedungbadak Clean Up

Keep spirit bro FJoe.
Level 10

Ecobricks

Hai @ErmesT @DavidTito @NunungAfuah @AngieYC @Gio51x @helga19  Sangat sulit rasanya menahan laju produksi plastik. Alih-alih menolak. Itu tidak mungkin. Hampir semua yang ada di sekitar rumah, kantor, bengkel semuanya ada plastik. Plastik dari sekecil bungkus permen sampai ukuran besar seperti sparepart mobil.

 

Baiklah. Sekarang kita mulai saja menahan laju plastik yang sudah terlanjur ada di sekitar kita, agar tidak ke kebun, sawah, parit, sungai dan laut. Kita buat ecobricks. Ini cara paling mudah dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Saya sudah mulai beberapa waktu lalu di rumah dan di kantor.

 

Alat dan bahan:

1. Kumpulkan sampah plastik sisa kemasan atau sekali pakai. Pisahkan yang betul-betul kering dan bersih. Sementara yang kotor dicuci dan dikeringkan.
2. Siapkan botol bekas air minum dalam kemasan.
3. Siapkan satu batang stick yang bisa masuk lubang mulut botol.

 

Caranya:
Masukan sampah plastik ke dalam botol. Padatkan menggunakan stik. Setelah betul-betul padat, kumpulkan ecobricks.

Setelah terkumpul cukup, bisa dimanfaatkan sebagai kursi, meja, dinding pagar, rumah. Satu botol bekas volume 1500 mililiter bisa terisi sampah plastik yang dipadatkan sekitar 400 gram. Agar supaya mendapatkan bentuk yang sama, gunakan botol bekas yang ukurannya sama.

 

Nahh... Saya ingin dengar cerita dari @br14n @Sandra1961 @Aikoo 

 Membuat Ecobricks di RumahMembuat Ecobricks di RumahSaya dan EcobricksSaya dan Ecobricks

Sampah Plastik di RumahSampah Plastik di RumahTumbler, Ecobricks, Sampah Plastik dan Kopi di KantorTumbler, Ecobricks, Sampah Plastik dan Kopi di Kantor

 

 

Level 10

Re: Local Guides Clean The World - Ciliwung River Kedungbadak Clean Up

Siap dan terima kasih Mas @AgoesSantosa

Connect Moderator

Re: Local Guides Clean The World - Ciliwung River Kedungbadak Clean Up

Hai mas @RiverDefender yang selalu inspiratif. Semakin ingin buat saya ingin ke Bogor, hopefully one day. Thanks for sharing 🙂

Indonesia Local Guides
Level 8

Re: Local Guides clean the world - A Local Guides project

Hi @ErmesT, @NunungAfuah, @DavidTito, @RiverDefender ,all over the world there is a new problem of cigarette butt entering see causing additional pollution and tortoise and fish eating it,and ultimately plastic content of cigarette butt filter entering human body from fish.All this causing harm to us and aquatic life.Some mechanism of making humans aware about it requires to be initiated.