RiverDefender's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 10

Kebun Raya Bogor - Kebun Tanda Cinta

Kebun Raya Bogor berada di pusat Kota Bogor. Lokasi ini di kelilingi jalan satu arah. Sebelah timur jalan Pajajaran. Di jalan ini ada bangunan cukup terkenal. Adalah Rumah Sakit Palang Merah Indonesia (PMI) dan Kampus Institute Pertanian Bogor- Baranangsiang. Sebelah selatan adalah jalan Otto Iskandar Dinata. Pada ujung timur ada Tugu Kujang landmark Kota Bogor. Pada jalan ini ada jembatan Otista. Di bawahnya mengalir sungai Ciliwung. Konon, dari sini dulu tempat bersandarnya kapal-kapal niaga dari berbagai daerah atau kerajaan di Nusantara. Diujung barat jalan ini ada sebuah kelenteng Hok Tek Bio yang berdiri sudah sangat lama. Diujung jalan ini ada sebung simpang tiga. Jalan yang menuju arah selatan adalah jalan Suryakencana. Hampir sepanjang sekitar 1 kilometer, kiri-kanan jalan adalah pusat bisnis atau China Town. Lokasi ini sudah ada sejak masa Belanda di Indonesia. Sebagian sisi selatan dan bagian barat adalah jalan Ir. Haji Juanda. Pada sisi jalan ini, kaya dengan bangunan bersejarah. Adalah gedung-gedung dengan gaya arsitektur Belanda, seperti Museum Tanah Laboratorium Voor Agrogeologie En Grond Onderzoek, Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehuta... - Republik Indonesia, Kantor Pos Besar Bogor, Gereja Zebaoth, Kantor Walikota BogorHotel Salak The Heritage serta diujung jalan adalah sekolah Regina Pacis Bogor. Sementara di bagian utara adalah jalan Jalak Harupat. Pada ujung barat adalah Pintu Utama Istana Kepresidenan Bogor. Kemudian di seberangnya adalah kantor Detamesen Polisi Militer III/ Siliwangi. Pada jalan ini ada Jembatan Sempur dan lTaman Sempur di sisi utara jalan Jalak Harupat. Ada juga beberapa bangunan bernilai sejarah lainnya. Kebun Raya Bogor juga dikelilingi dengan jalur pedestrian serta jalur sepeda. Trotoar ini relatif lebar, terutama yang berada di sisi timur Kebun Raya Bogor.

 

Istana Kepresidenan BogorIstana Kepresidenan Bogor

Akses menuju Kebun Raya Bogor sangat mudah dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Akses jalan propinsi yang menghubungkan dari Tangerang dan Jakarta bisa melewati jalan raya Bogor, jalan raya Parung serta jalan tol Jagorawi. Transportasi publik yang menuju ke Kota Bogor semuanya sangat dekat dengan Kebun Raya Bogor. Sebut saja bus Antar Kota dan Antar Propinsi (AKAP) yang menuju terminal bus Baranangsiang. Terminal Terminal Bus Damri jurusan Bogor (Botani Square) dari Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kusuma juga ada. Dari terminal Baranangsiang dan terminal Damri Botani Square, tinggal jalan kaki menuju Pintu Utama Kebun Raya Bogor. Atau setelah lewat jam 8 pagi, bisa masuk lewat Pintu 3  Kebun Raya Bogor. Commuter line yang menghubungkan Bogor denganTangerang, Bekasi, Jakarta dan Depok. Dari Stasiun Bogor, tinggal jalan kaki menuju Pintu 2 Kebun Raya Bogor (Khusus hari Sabtu dan Minggu). Tiket masuk satu orang adalah IDR 15K. Tiket ini berlaku sepuasnya dari pagi hingga tutup jam 5 sore. Tiket juga berlaku untuk mengunjungi museum Zoologi. Bagi yang membawa sepeda juga boleh. Malah lebih mengasyikan. Karena kalau jalan kaki, menjelajah Kebun Raya Bogor seluas 87 hektare tidaklah akan selesai dalam satu hari.

 

Pemandangan dari Grand Garden Resto & CafePemandangan dari Grand Garden Resto & Cafe

Di dalam Kebun Raya Bogor kita serasa ada dalam hutan. Koleksi ratusan aneka pohon menjulang tinggi. Sementara ribuan koleksi tanaman lainnya menambah suasana menjadi lebih terasa dingin. Ada banyak titik menarik untuk foto. Salah satunya adalah Istana Bogor yang bisa menjadi latar belakang foto. Sungai Ciliwung sepanjang sekitar 1.2 km membelah tengah Kebun Raya. Jangan khawatir kalau Anda kelelahan. Ada banyak kursi taman. Jangan khawatir juga kalau Anda haus dan lapar. Ada beberapa kios makanan dan minuman yang dikelola oleh Koperasi Karyawan Kebun Raya Bogor. Bila uang Anda berlebih, cobalah ke Grand Garden Resto & Cafe. Anda bisa menikmati kopi, teh serta aneka makanan lainnya. Bagi Anda yang Muslim, tunaikan sholat di Masjid Masjid Kebun Raya Bogor.

 

Beberapa toilet bersih tersebar di sudut Kebun Raya Bogor. Nyaris semua sudut tempat ini cocok bagi Anda yang suka foto-foto. 

 

Nisan Makam BelandaNisan Makam Belanda

Dekat Pintu Utama, ada sebuah monumen. Monumen ini dibangun oleh Sir Thomas Stamford Raffles sebagai tanda cinta pada mendiang istrinya Olivia Mariamne Devenish yang wafat di Batavia. Monumen ini juga di kenal dengan monumen Tanda Cinta. Betapa Raffles sangat mencintai istrinya. Kata-kata puitis Lady Raffles dapat dibaca dalam monumen ini.

 

Monumen Lady RafflesMonumen Lady Raffles

Oh thou whom neer my constant heart, one moment hath forgot, tho fate severe hath bid us apart, yet still – forget me not.

 

Salah satu sudut jalan Kebun Raya BogorSalah satu sudut jalan Kebun Raya Bogor

Hutan di tengah kota yang cocok untuk melepas penat. Tidak pernah bosan rasanya datang dan menikmatinya. Apalagi ditemani keluarga, teman atau sahabat. Meetup di Kebun Raya Bogor? Kenapa tidak?

 

Salam Penuh Cinta dari Kota Bogor

FJoe

32 comments
Level 8

Bls: Kebun Raya Bogor - Kebun Tanda Cinta

@RiverDefender  Sangat update dan membantu sekali informasinya, membuat saya ingin mengunjungi kembali kota Bogor. Kota yang belum bisa saya explore semua.

Level 10

Bls: Kebun Raya Bogor - Kebun Tanda Cinta

Terima kasih Mas Bro @AgoesSantosa semoga kita selalu ada waktu untuk berjumpa. Ingin juga rasanya menjelajah kotamu dan negeri ini.

Level 9

Re: Kebun Raya Bogor - Kebun Tanda Cinta

Terima kasih sudah menuliskan ulasan yang sangat detail tentang Kebun Raya Bogor, salah satu kebanggaan warga Bogor dan Indonesia pada umumnya. Saya pribadi ingin sekali menjelajah tempat ini lebih jauh lagi. Selalu ada cerita yang belum selesai setiap kali saya datang. Ayo, mungkin bisa kita agendakan meet-up Bogor Local Guides dengan teman-teman Jakarta. Tangerang, Bekasi, dan kota lainnya di tempat ini?

 

Salam,

 

Mutiah

Google Moderator

Re: Kebun Raya Bogor - Kebun Tanda Cinta

Halo @RiverDefender,

 

Terima kasih sudah berbagi informasi mengenai Kebun Raya Bogor yang sangat detail ini, saya pribadi akan menggunakannnya sebagai panduan saat berkunjung kesana karena sudah lama tidak berkunjung ke Bogor dan dulu saat berkunjung pun terlalu fokus ke kuliner sehinggat tidak sempat untuk mampir ke Kebun Raya Bogor. 

 

Dari semua lokasi yang disebutkan, titik mana yang paling berkesan untuk kamu?

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Level 10

Re: Kebun Raya Bogor - Kebun Tanda Cinta

Terima kasih @MutiahA @AngieYC 

Lokasi yang mudah dijangkau dengan transportasi publik dan kendaraan pribadi, menjadi sangat mungkin untuk meetup di Kebun Raya Bogor.

 

Lokasi yang sangat berkesan? Banyak.

Kolam Gunting yang dekat dengan Tugu Rafless. Kita bisa foto dengan latar istana presiden, juga Kolam Teratai yang berada di seberang bawah Grand Garden Cafe and Resto. Hamparan rumput luas dan lembut salah satu tempat favorit saya bersama keluarga.

 

Ada lagi spot sungai Ciliwung dalam Kebun Raya Bogor. Saya sedang siapkan tulisannya.

 

 

Google Moderator

Re: Kebun Raya Bogor - Kebun Tanda Cinta

Halo @RiverDefender,

 

Lain kali saat berkesempatan untuk mengujungi Bogor, selain kuliner tidak akan melewatkan lagi untuk mampir ke Kebun Raya Bogor dan mengingat tempatnya yang sangat hijau dan asri pasti akan sangat nyaman untuk relax sesaat.  

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Level 10

Re: Kebun Raya Bogor - Kebun Tanda Cinta

Tentu @AngieYC ... Apalagi nanti bisa meetup bersama-sama Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi bahkan Bandung. Mohon dijadwalkan jauh-jauh hari bila ada rencana ke Indonesia.

 

Pasti akan tambah seru. Secara khusus saya mention @MutiahA @BudiFXW @EdiSuprihanto @RahmatHarmanP @Liahakso @tamtomo @SuhandiWidjaja @PaDeSSo dan Logal Guides Antar Kota Antar Propinsi @AgoesSantosa dan kawan-kawan

Level 10

Re: Kebun Raya Bogor - Kebun Tanda Cinta

Terima kasih om @RiverDefender  sudah mention saya di Post Unggulan yang sangat detail dan informatif.

 

Kebun Raya Bogor bisa kita explore dalam puluhan post, karena area yang begitu luas, memungkinkan kita memilah spot spot yang ada disana.

 

Post mas @RiverDefender  membuat saya tambah kagum pada sang legenda lingkungan ini, good job and thank you

 

Regards

PaDeSSo

Level 10

Re: Kebun Raya Bogor - Kebun Tanda Cinta

Betul Pak @PaDeSSo 

Di dalam Kebun Raya Bogor ada juga beberapa situ sejarah.Makam Mbah Jepra, Makam Belanda, Pohon Jodoh, Jembatan Merah, Kolam Teratai, Tugu Stamford Rafless dan masih banyak lagi. 

 

Mas @Anggitane dan kawan-kawan Kampoeng Bogor mudahan bisa menambah lebih detail.