RiverDefender's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 10

Jakarta Night Ride

SETIAP Jum'at malam, individu dan komunitas pesepeda di Jakarta memenuhi jalan ibu kota. Mereka datang dari segala penjuru arah ibukota. Mereka tergabung dalam kampanye publik di jalan ibukota. Ajakan mereka adalah berbagi jalan bagi sesama pengguna jalan, memakai helm, memberi tanda pada pengguna jalan lain bahwa sepeda itu ada, tetap tertib lalu lintas dan tidak membuang sampah sembarangan. Itulah beberapa kampanye kebaikan yang disuarakan oleh pesepeda di Jakarta Indonesia.

Flyer Kampanye Jakarta Night RideFlyer Kampanye Jakarta Night Ride

Saya tertarik dengan ajakan ini. Bukan tanpa apa-apa, kondisi jalan ibukota relatif semakin macet oleh kendaraan bermotor. Ini berita di koran The Jakarta Post tentang Polusi Udara di Jakarta, Indonesia
Polusi asap dari kendaraan bermotor juga semakin meningkat. Disiplin pengguna jalan juga rendah, bahkan tidak sedikit jalan  di ibukota menjadi tempat parkir. Trotoar dikuasai oleh pedagang kaki lima.

FJoe, Heru dan Suci di dalam CommuterlineFJoe, Heru dan Suci di dalam Commuterline

Ceritaku bersama @Suciantyrd, Heru ketika mengikuti Jakarta Night Ride pada 7 Desember lalu. Saya berangkat sore hari dari Ciganjur dengan sepeda  lipat. Saya berangkat bertiga. Pengalaman naik sepeda, melipat sepeda, naik commuterline, turun commuterline menjadi pengalaman menarik. Kebetulan, saat saya naik dari stasiun Lenteng Agung menuju stasiun Jakarta Kota, penumpang commuterline tidak sepadat jam pada saat sibuk. Tiga sepeda lipat dapat masuk dengan sangat mudah. Ruang dalam commuterline juga sangat lega. Perjalanan dari stasiun Lenteng Agung dengan commuterline ditempuh dalam waktu sekitar 50 menit sampai Stasiun Jakarta Kota.

Ini pengalaman saya pertama kali naik sepeda dikombinasi dengan commuterline ke Jakarta Kota. Rasanya seru. Terlebih ketika tubuh merespon gerakan bertubu-tubi dengan mengayuh sepeda. Keringat mengucur sekujur dari sekujur tubuh. Tiba di Stasiun Lenteng Agung, kami istirahat sejenak.

Kami di halaman barat stasiun Lenteng AgungKami di halaman barat stasiun Lenteng Agung
...
Tiba di stasiun Jakarta Kota, kami bertiga langsung pasang kembali lipatan sepeda. Kami kayuh sepeda hingga di titik kumpul di halaman Museum Wayang, dan finish di Jakarta International Velodrome 

Peta jalan yang dilewati pesepeda Jakarta Night RidePeta jalan yang dilewati pesepeda Jakarta Night Ride

Bagaimana cerita sepeda dan kampanye transportasi publik dan ramah lingkungan di kota Anda? @ermest @DavidTito @PaDeSSo @NunungAfuah @BudionoS @AngieYC ? Saya ingin mendengar ceritamu.

 

Salam Goes

FJoe

Jakarta, Indonesia
10 comments
Level 10

Re: Jakarta Night Ride

Halo @RiverDefender

Kelihatannya seru ya bersepeda bareng temen2.

 

Malem2 apa engga semriwing. 

 

Sepertinya pulang2 kakimu kakuuuuu... LOL.

Semangat ya terus berkampanye

Level 10

Re: Jakarta Night Ride

Mbak @Ddimitra saya ingin cerita transportasi ramah lingkungan di rumah Anda, sepertinya sering naik sepeda, bukan?

 

Betul-betul...Seru. Perempuan dan keluarganya juga ada loh. Bahkan beberapa anaknya diajak serta juga.

Perempuan di Jakarta Night Ride Photo by @AgarSupayaPerempuan di Jakarta Night Ride Photo by @AgarSupayaPerempuan di Jakarta Night Ride Photo by @AgarSupayaPerempuan di Jakarta Night Ride Photo by @AgarSupayaRombongan Jakarta Night Ride Photo by @AgarSupayaRombongan Jakarta Night Ride Photo by @AgarSupaya

Bogor dan Jakarta Local GuidesBogor dan Jakarta Local Guides

Saya juga ingin menyapa @Bravo dari Jakarta Local Guides. Kami beberapa kali ketemu di Kampanye Publik ini. Terima kasih photonya om @AgarSupaya

 

Google Moderator

Re: Jakarta Night Ride

Halo @RiverDefender,

 

Ini sepertinya next level dari car free day ya, karena disini memang semuanya bersepeda dan memiliki misi yang sama. 

 

Apakah kegiatan ini memang sudah rutin dilaksanakan setiap jumat? 

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Level 10

Re: Jakarta Night Ride

Hhhmm... Bukan next level Car Free Day. Tapi memang kami memiliki pandangan sama. Bahwa pesepeda menjadi pengguna jalan yang paling rentan terhadap kecelakaan. Untuk itu kami sedang akan mengajak semua pihak agar pemerintah pusat, propinsi dan pemerintah daerah memfasilitasi jalur sepeda. 

 

Ya. Kampanye di Jakarta Night Ride ini berjalan tiap Jumat malam. Baru berjalan 6 kali. Menyusul Purwodadi,  Banyuwangi. Akan segera menyusul di Kota Bogor.

 

Sementara di Bandung sudah berjalan lebih dari satu tahun.

 

Terima kasih @AngieYC 

Google Moderator

Re: Jakarta Night Ride

Halo @RiverDefender,

 

Ini adalah kampanye yang sangat menarik, dan saya mengatakan next level car free day dari sisi bersepeda untuk kesehatan karena seperti yang kita tau setidaknya yang saya lihat dari kegiatan car free day di Jakarta, memang banyak berolah raga tapi banyak juga yang menjual berbagai jajanan dan akhirnya banyak yang datang bukan untuk olah raga tapi untuk kuliner. 

 

Semoga kegiatan ini dapat berjalan secara rutin dan akan sangat bagus jika bisa mendapat dukungan dari pemerintah setempat juga. 

 

Semangat terus dan terima kasih selalu menginspirasi. 

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Level 10

Re: Jakarta Night Ride

Hello @RiverDefender

It shows that there are many people who love bicycles in your activities. However it seemed that existing roads did not accept them. Please continue to appeal to the administration for your safety.

#Let's introduce your Japan with #DeepJapan hashtag. You will discover Japanese background stories.
#Let's try your native language conversation with Google Translate #UseNativeLanguage
#Enrich Google Maps with Cycling information #Bike
#lit.link/yasumikikuchi #Guiding Star 2022 Inclusive Mapper

Level 10

Re: Jakarta Night Ride

Betul. Di Jakarta banyak komunitas sepeda. Mereka ingin kampanyekan itu semua. 

 

Saya suka dengan publik di Jepang yang suka dengan sepeda. Sebagian lagi jalan kaki untuk kemudian naik kendaraan umum,  bus atau commuterline .

 

Terima kasih @YasumiKikuchi sudah mampir dan membaca post saya.

Level 8

Re: Jakarta Night Ride

@RiverDefender Thanks, I don't have a bike at the moment although I do like  riding, I have your post in the Map Here

Level 10

Re: Jakarta Night Ride

Sharing yang bagus bro @RiverDefender dulu saya juga sering gowes, pagi siang malam. Namun sejak sepeda polygon xtrada 5 saya digondol maling dari garasi rumah saya sekitar tahun 2012 lalu, sampai sekarang belum beli sepeda lagi. Dan sebagai gantinya, saya sekarang olahraga jogging dan renang.