RivaniRahmadani's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 8

Bukit Budug Asu

 

 

Salah satu pemandangan bukit Budug AsuSalah satu pemandangan bukit Budug Asu Budug Asu merupakan area perbukitan yang berada di kawasan lereng Gunung Arjuno, masuk dalam wilayah Kota Malang.

 

Dengan daya tarik pemandangan kebun teh yang hijau, pemandangan matahari terbit nan cantik yang selalu dinanti banyak pengunjung, selain itu kita juga bisa menyaksikan dan menjadi saksi  prosesi persembahan atau
sesaji Umat Hindhu kepada Sang Hyang Widhi yang banyak diletakan di tepi Gunung Arjuno sepanjang perjalanan menuju Budug Asu tersebut. Dan satu hal lagi yang menjadi magnet pengunjung adalah hutan pinus yang kita lalui sebelum mencapai Budug Asu, cantik dan instagramable.Spot foto yang menjadi favoritet pengunjungSpot foto yang menjadi favoritet pengunjung

Hutan Pinus yang akan kita lalui sebelum menuju Budug AsuHutan Pinus yang akan kita lalui sebelum menuju Budug Asu 

Di daerah lereng Gunung Arjuno menuju Budug Asu masih banyak berkeliaran anjing - anjing liar, yang memang merupakan penghuni asli tempat tersebut. 

 

Anjing liar penghuni lereng Gunung Arjuno tersebut konon pada suatu waktu terkena wabah penyakit gatal - gatal yang sangat parah atau yang dalam bahasa jawa di kenal dengan istilah penyakit "Budug-an" yang menyebabkan banyak dari anjing liar tersebut mati, yang kemudian oleh penduduk sekitar anjing-anjing liar yang mati tersebut dikubur dilokasi yang sekarang dinamakan Budug Asu,  karena begitu banyak jumlah anjing mati yang di kubur di tempat tersebut sampai kuburannya membentuk sebuah bukit, dari situlah asal muasal nama "Budug Asu"

 

Sesampainya di atas Bukit Budug Asu, sepanjang mata memandang adalah hamparan rumput dan pepohonan hijau yang menyegarkan pandangan.

Ilalang seperti ini akan banyak kita temui di Budug AsuIlalang seperti ini akan banyak kita temui di Budug Asu

 Sepanjang perjalanan selalu tak ingin ketinggalan untuk mengabadikannya dalam potretSepanjang perjalanan selalu tak ingin ketinggalan untuk mengabadikannya dalam potret

 

Lalu bagaimana rute menuju Budug Asu ??

Untuk menuju Budug Asu kita bisa lalui dengan motor cross atau mobil jeep. Jika memaksakan menggunakan motor bebek pun sebenarnya juga bisa, tapi membutuhkan perjalanan yang ekstra tenaga dan beresiko. Beberapa pengunjung seperti saya lebih memilih untuk menempuhnya dengan berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Dengan berjalan kaki kita dapat menikmati pemandangan alam sepanjang perjalanan. Bagi pengunjung yang terbiasa dengan kehidupan kota yang bising, berjalan kaki menuju ke Budug Asu tentu menjadi pengalaman yang asyik dan berkesan.

 

Untuk menuju ke Budug Asu sendiri kita bisa memilih 3 rute yang ada yaitu

1. melalui kebun teh wonosari - Lawang

2. melalui BBIB - Singosari

3. melalui Sumberawan - Singosari.

 

Dan jalur yang paling umum dilalui adalah jalur yang melewati kebun teh Wonosari - Lawang karena akses jalannya yang nyaman untuk para pejalan.

 

Bagaimana tertarik untuk berkunjung ke Budug Asu ?!

 

 

Rivani Rahmadani
6 comments
Level 9

Re: Bukit Budug Asu

Nice post @RivaniRahmadani

Thank you sharing

Google Moderator

Re: Bukit Budug Asu

Halo @RivaniRahmadani,

 

Wah, sepertinya kamu petualang sejati ya. Terima kasih telah berbagi, post kamu ini pasti akan bermanfaat bagi Local Guides lainnya. 

 

Semangat terus dalam berkontribusi. 

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Level 8

Re: Bukit Budug Asu

@AbdullahAM thanks ^_^

Rivani Rahmadani
Level 8

Re: Bukit Budug Asu

terimakasih @AngieYC semoga kontribusi saya bermanfaat bagi orang lain, dan selalu di tunggu saran dan masukan untuk tulisan saya dari kakak ^-^ hehe

Rivani Rahmadani
Level 10

Re: Bukit Budug Asu

@RivaniRahmadani Nice post, did you see any wild dogs?

Level 8

Re: Bukit Budug Asu

@AnuradhaP yes I saw it, but I couldn't take pictures because he ran too fast when I arrived

Rivani Rahmadani