npishak's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Google Contributor

5 taman hijau terasri untuk melepas penat di tengah kota Jakarta

Hutan rimba besi Jakarta terkenal dengan pusat-pusat perbelanjaan yang megah, dimana kaum muda dan para keluarga biasa bergabung bersama di akhir pekan. Tetapi buat aku sendiri, menghabiskan waktu setiap hari Sabtu hanya nongkrong di mal bisa bikin penat. Untungnya, pemerintah kota mulai meningkatkan upaya membangun ibukota yang lebih asri dengan adanya taman-taman hijau yang dapat dikunjungi. Penduduk lokal dapat menikmati ruang terbuka hijau yang bersih dan indah di tengah-tengah kota, sebuah alternatif menyegarkan daripada shopping di mal.

 

Daftar taman hijau yang asik dikunjungi di Jakarta semakin lama semakin bertambah, tetapi di bawah ini aku berbagi 5 taman hijau asri favoritku untuk relaksasi di tengah kota:

 

Taman Menteng (Jakarta Pusat)

 

Caption: Foto eksterior luar ruang-ruang acara yang terbuat dari panel kaca berlokasi di Taman Menteng di Jakarta Pusat, Indonesia, yang diambil pada hari yang berkabut. (Local Guide Iona Carina)Caption: Foto eksterior luar ruang-ruang acara yang terbuat dari panel kaca berlokasi di Taman Menteng di Jakarta Pusat, Indonesia, yang diambil pada hari yang berkabut. (Local Guide Iona Carina)Tak mungkin membuat daftar taman hijau terbaik di Jakarta tanpa menyebut Taman Menteng, salah satu ruang hijau terpopuler di kota. Mengapa taman ini bisa begitu populer? Salah satu alasannya adalah taman ini memiliki ruang terbuka yang luar biasa tanah kurang lebih seluas 30 hektar di jantung kota berisikan fasilitas publik yang terjaga dengan baik, seperti lapangan bola basket, lapangan futsal, taman bermain anak-anak, jalan batu setapak berdesain cantik, dan ruang-ruang acara berpanel kaca. Taman Menteng juga telah eksis jauh lebih lama dibandingkan taman Jakarta yang lain, dibangun pada tahun 2006 setelah Stadium Menteng tua dulu dirobohkan.

 

Taman Ayodya (Jakarta Selatan)

Caption: Foto jalan batu setapak dekat danau kecil yang dikelilingi tanaman hijau di Taman Ayodya di Jakarta Selatan, Indonesia. (Local Guide Aide C)Caption: Foto jalan batu setapak dekat danau kecil yang dikelilingi tanaman hijau di Taman Ayodya di Jakarta Selatan, Indonesia. (Local Guide Aide C)Karena tidak jauh jika berjalan kaki dari kesibukan daerah Blok M, tak heran Taman Ayodya biasanya penuh pengunjung. Ditambah danau kecil buatan seluas 1,500 m2 yang mengelilinginya, taman ini menjadi oasis menyegarkan di tengah panas terik kota. Banyak pengunjung taman berolahraga atau jogging di pagi hari melalui jalan setapak di sekeliling putaran danau. Taman ini juga mempunyai gazebo cantik untuk beradem, bangku-bangku, dan terdapat sederetan tukang jualan di area sekelilingnya, membuat taman ini tempat yang pas untuk mencari jajanan sambil menonton orang beraktivitas.

 

Taman Waduk Pluit (Jakarta Utara)

 

Caption: Foto sederetan huruf besar bertuliskan “taman kota WADUK PLUIT” di bawah pepohonan di Taman Waduk Pluit di Jakarta Utara, Indonesia. (Local Guide Ugahari Nurul)Caption: Foto sederetan huruf besar bertuliskan “taman kota WADUK PLUIT” di bawah pepohonan di Taman...

Usai keputusan pemerintah ibukota untuk memulai ekspansi waduk pada tahun 1970-an, daerah sekeliling waduk pun akhirnya menjadi terlalu padat oleh pemukiman penduduk. Ini berujung pada pengelolaan limbah yang tidak baik dan pembuangan sampah yang liar, meninggalkan waduk dalam keadaan tak terurus. Kini, setelah kampanye revitalisasi selama bertahun-tahun, waduk tersebut dikelilingi taman hijau yang asri dan bersih. Ditandai oleh huruf-huruf besar berwarna merah, taman ini menawarkan barisan pohon palem terawat, gym luar ruangan, dan jalanan setapak yang lega untuk jogging atau pun bersepeda. Taman ini paling cocok untuk berjalan-jalan atau berpiknik karena pemandangan waduk-nya yang bikin segar.

 

Taman Cattleya (Jakarta Barat)

 

Caption: Foto pohon dan tanaman di Taman Cattleya di Jakarta Barat, Indonesia, yang diambil pada hari setengah berkabut. (Local Guide Dwi Chandra)Caption: Foto pohon dan tanaman di Taman Cattleya di Jakarta Barat, Indonesia, yang diambil pada har...

Dikenal juga sebagai Taman Tomang, taman ini adalah tempat populer bagi para keluarga dan siswa untuk berfoto-foto karena nuansa tanaman hijau yang lebat. Taman ini tidak begitu besar dengan ukuran hanya 3 hektar, tetapi ini tetap menjadi tempat yang enak untuk berjalan-jalan karena lingkungan taman yang bersih (kemungkinan besar ini karena hanya sedikit tukang yang berjualan di sekitarnya). Nikmati jalan-jalan di taman ini hingga kamu temui air mancur di tengah, dimana kamu bisa bersantai dan menyegarkan diri dari udara panas.  

 

Taman Honda Tebet (Jakarta Selatan)

 

Caption: Foto sekumpulan orang berjalan menyebrangi jembatan dengan pepohonan di sekitarnya di Taman Honda Tebet di Jakarta Selatan, Indonesia. (Local Guide Aditya Fajar)Caption: Foto sekumpulan orang berjalan menyebrangi jembatan dengan pepohonan di sekitarnya di Taman...

Ketika masuk Taman Honda Tebet, pengunjung disambut oleh pepohonan asri dan rumput taman yang rapi. Kalau kamu berjalan masuk lebih dalam, kamu akan menemukan salah satu dari tiga jembatan yang berlokasi di dalam taman yang pengunjung gunakan untuk menyebrangi aliran sungai di sekeliling ruang hijau ini. Taman ini tidak hanya cantik; tempat ini juga memiliki banyak fasilitas olahraga publik seperti lapangan bulu tangkis, gym luar ruangan, dan lapangan sepak bola.

 

Dimana ruang hijau terbuka favoritmu untuk relaksasi di tengah kota? Jawab dalam komen-komen di bawah!

4 comments
Level 10

Re: 5 taman hijau terasri untuk melepas penat di tengah kota Jakarta

@npishak

Thanks a lot for the lively lovely review on 5 Taman Hijau Terasri until melepas. I have been to Indonesia several times and I love Bali.

Regards

aaryesdee

R S Dev
Connect Moderator

Re: 5 taman hijau terasri untuk melepas penat di tengah kota Jakarta

hai @npishak seru sekali jalan-jalan di taman hijau di kota super sibuk di Jakarta ya! bisa saya simpan untuk perjalanan berikutnya deh 🙂

Indonesia Local Guides
Connect Moderator

Re: 5 taman hijau terasri untuk melepas penat di tengah kota Jakarta

hai @npishak seru sekali jalan-jalan di taman hijau di kota super sibuk di Jakarta ya! bisa saya simpan untuk perjalanan berikutnya deh. Terimakasih telah berbagi 🙂

Indonesia Local Guides
Level 8

Bls: 5 taman hijau terasri untuk melepas penat di tengah kota Jakarta

Meetup di Taman MentengMeetup di Taman Menteng

 Hai @npishak salam kenal

 

Kami peenah meetup di Taman Menteng pada tanggal 19 Oktober 2018. Meetup waktu itu untuk menyambut kedatangan mas Anas (Probolinggo Local Guides) dan mbak Derie (Pontianak Local Guides). Sayang akhirnya mbak Derie tidak bisa datang, karena ada acara keluarga.

Yang datang xukup banyak juga, sekitar 20 an orang dari Jabotabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi). 

Setelah selesai meetup dan foto bersama, lanjut makan malam bersama di warung kuliner samping Taman Menteng. Hujan besar datang, untung makan sudah selesai. Beberapa teman pulang ke rumah masing-masing dan yang lain lanjut karaoke di Pasar Festival Kuningan.