npishak's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Google Contributor

5 jajanan favorit khas Indonesia

Jajanan itu penting banget buat aku untuk melalui kesibukan sehari-hari dan aku yakin aku bukan satu-satunya anak Indonesia yang menikmati santapan jajanan. Walau itu pekerja kantoran yang jajan sehabis pulang kerja atau pelajar yang jajan selagi istirahat, menurutku kebiasaan jajan itu Indonesia banget. Apalagi dengan adanya berbagai macam jajanan khas Indonesia yang lezat. 

Indonesia memiliki berbagai pilihan jajanan, tetapi inilah lima pilihanku untuk jajanan favorit khas Indonesia:

 

Kue cubitCaption: Tumpukan kue putu dengan taburan kelapa parut diatas daun pisang. (Getty Images)Caption: Tumpukan kue putu dengan taburan kelapa parut diatas daun pisang. (Getty Images)Bantalan bulat penuh kenikmatan ini adalah jajanan favorit pilihanku saat masih di bangku sekolah dulu, makanya sekarang setiap jajan kue cubit berasa nostalgia. Hebatnya, walaupun kue ini merupakan jajanan sederhanadibuat hanya dengan tepung, baking powder, gula, dan susu—resepnya dapat menggugah selera. Paling enak dimakan panas-panas habis dari cetakan, jadi aku selalu minta tukang jualan untuk memberikan kue cubit yang baru saja diangkat.

 

CakweCaption: Foto setumpuk cakwe diatas piring. (Getty Images)Caption: Foto setumpuk cakwe diatas piring. (Getty Images)

Dikenal juga dengan nama youtiao, asal-muasal jajanan gurih ini dari komunitas Tionghoa-Indonesia dan bisa dinikmati di negara Asia Tenggara lainnya, tidak hanya di tanah air. Tekstur renyah jajanan cakwe berasal dari tepung roti yang dipakai untuk memasaknya. Nikmati dengan saus atau sebagai topping bubur ayam, jajanan ini merupakan salah satu jajanan terfavorit.

 

Kue putu

Caption: Tumpukan kue putu dengan taburan kelapa parut diatas daun pisang. (Getty Images)Caption: Tumpukan kue putu dengan taburan kelapa parut diatas daun pisang. (Getty Images)Aku paling suka jajanan manis makanya kue putu itu salah satu pilihan jajanan teratas untukku, walaupun kue ini sudah nggak se-umum dijual seperti kue jajanan lainnya. Kombinasi rasa manis dari gula aren, kerenyahan tepung roti, ditambah dengan taburan kelapa parut menghasilkan harmoni yang nikmati. Keunikan lain dari kue putu adalah penggunaan batang bambu untuk mendapatkan bentuk silinder khas kue putu.

 

Gorengan

Caption: Foto jarak dekat tumpukan gorengan. (Getty Images)Caption: Foto jarak dekat tumpukan gorengan. (Getty Images)

Biasanya, makanan apa pun yang digoreng pasti enak, dan jajanan gorengan membuktikan teori tersebut. Karena aku pecinta jajanan manis, biasanya aku pilih pisang goreng dengan saus coklat dan sedikit gula bubuk. Tapi kalau aku sedang mood untuk yang asin-asin, sepiring tahu goreng itu paling gampang merebut hati.

 

Batagor

Caption: Foto sepiring batagor. (Getty Images)Caption: Foto sepiring batagor. (Getty Images)Seagai anak sunda, tentu aku punya kewajiban untuk menyebutkan jajanan favorit asal sunda ini ke dalam daftar. Namanya cukup menjelaskan isi sajian jajanan ini — bakso tahu goreng disingkat menjadi batagor, biasanya dilengkapi dengan isian bahan dasar ikan tenggiri dan tepung tapioka. Tidak hanya bisa dibuat snack, dikombinasi dengan saus kacang khas batagor, jajanan ini juga cocok sebagai santapan berat yang cukup mengenyangkan.

 

Apa jajanan paling favorit kamu? Jawab dalam komen-komen di bawah!

 

6 comments
Connect Moderator

Re: 5 jajanan favorit khas Indonesia

@npishak These are looking so cool in the picture. Seems it will be tasty also. Thanks for introducing us with these yummy snacks!

There are so many popular snacks we also in our country. I cant share coz my PC is under maintenance.

Here is a photo from my saved.

Locally its called as  KOTKOTI, BaguraLocally its called as KOTKOTI, Bagura

  Happy Guiding!

Level 10

Re: 5 jajanan favorit khas Indonesia

Level 10

Re: 5 jajanan favorit khas Indonesia

Halo @npishak

 

Jajanan khas Indonesia buanyaaaak, Setiap daerah punya khas jajanan yang berbeda.  Dibuat dari bahan sederhana, dan proses sederhana, menghasilkan harga yang terjangkau. Serunya bikin ketagihan. 

 

favorit saya banyak, tapi ada yang sama dengan kesukaan kamu. Kue Cubitttttt..

 

Google Moderator

Re: 5 jajanan favorit khas Indonesia

Halo @npishak,

 

Terima kasih sudah berbagi dan membuat saya kangen rumah lagi. ? 

 

Saat saya pulang ke Indonesia, salah satu jajanan yang langsung saya cari dan hampir setiap hari saya makan adalah bola ubi. 

Keterangan: Foto bola ubi berwarna jingga dan ungu.Keterangan: Foto bola ubi berwarna jingga dan ungu.

Saya juga baru tau bahwa sekarang mereka memiliki dua jenis bola ubi dari ubi ungu dan ubi manis biasa. Apakah kamu juga suka jajanan yang satu ini?

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Google Moderator

Re: 5 jajanan favorit khas Indonesia

Hey @npishak,

 

Who doesn't love snacks? 🙂 Thank you for the delicious share!

 

I don't always have the 3:00 PM urge to munch on something but whenever I do, I crave something sweet. I satisfy my sweet tooth with a raw bar made out of oats, dried fruits, nuts, coconut and maybe some cocoa powder. I find it delicious and more on the healthy side. 

 

My second option would be either a banana or an apple. I love fruits. 🙂

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Former Google Contributor

Re: 5 jajanan favorit khas Indonesia

Hi @npishak,

 

Oh I love snacks as well and one of my most favorite ones are the Oat Bites - made from oats, honey, nuts and rolled in coconut flakes or raw cocoa powder.  My dad makes them for me knowing I prefer a healthy snack yet delicious, and they are rich in protein as well. 

 

Caption: Raw oat bites with coconut flakes and cocoa powder.Caption: Raw oat bites with coconut flakes and cocoa powder.

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!