npishak's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Google Contributor

5 hal seru untuk rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini

Caption: Foto kerumunan ramai-ramai mengibarkan bendera Indonesia (Getty Images)Caption: Foto kerumunan ramai-ramai mengibarkan bendera Indonesia (Getty Images)

Pada tanggal 17 Agustus 1945, bapak bangsa Indonesia Sukarno dengan bangga membacakan Deklarasi Kemerdekaan yang menandai kebangkitan bangsa dari 300 tahun penjajahan oleh Belanda. Kini, di umur 73 tahun, Indonesia masih negara belia, tetapi perkembangan ekonomi yang pesat dan keanekaragaman budaya Indonesia menjadikannya sebagai salah satu negara demokrasi yang patut diperhatikan di Asia Tenggara. Dibawah ini adalah 5 hal seru yang dapat dilakukan dalam rangka merayakan kemerdekaan Indonesia tahun ini.

 

1) Saksikan upacara pengibaran bendera di Istana Merdeka

 

Upacara resmi pengibaran Sang Merah Putih tentunya dilakukan setiap tahun di Istana Merdeka pada Hari Kemerdekaan, tetapi tahun ini ada tambahan spesial. Usai upacara penurunan bendera pada sore hari, masyarakat Jakarta dapat juga menyaksikan Presiden Joko Widodo menerima bor api Asian Games 2018 yang secara resmi menandai pembukaan kompetisi regional tersebut dengan Indonesia sebagai tuan rumah.

 

2) Rayakan seni rupa Indonesia di Galeri Nasional Indonesia

 

Caption: Foto di luar Galeri Nasional Indonesia pada hari yang mendung di Jakarta. (Local Guide Nila Novita)Caption: Foto di luar Galeri Nasional Indonesia pada hari yang mendung di Jakarta. (Local Guide Nila Novita)

 Kabar baik bagi penggemar seni di Jakarta: eksibisi khusus koleksi kesenian dari Istana Merdeka akan dipertontonkan untuk publik dari tanggal 3 sampai 31 Agustus 2018 sebagai bagian dari perayaan Hari Kemerdekaan ibukota. Eksibisi eksluksif tersebut terdiri dari 45 kreasi seni hasil karya 34 artis asal Indonesia dan luar negeri, dan merupakan kesempatan langka untuk mengapresiasi talenta seni lokal.

 

3) Minum kopi sambil eksplorasi seni budaya di Asian Coffee and Tea Festival di Ancol

 

Dari 16 sampai 26 Agustus 2018, pengunjung pantai Ancol dapat menelaah berbagai budaya kawasan Asia dalam festival kopi dan teh Asia pertama ini. Diselenggarakan di Ancol, pantai destinasi paling populer di Jakarta, festival ini tak hanya menghadirkan aneka minuman kopi dan teh dari Asia, tetapi juga meliputi acara bazar, workshop, kompetisi latte art, musik dan aktivitas seru lainnya untuk dinikmati penggemar dua minuman favorit itu.  

 

4) Icip masakan khas Nusantara di Kampoeng Legenda

 

Caption: Foto makanan rendang ayam dan nasi lemak dikelilingi aneka makanan khas Indonesia. (Getty Images)Caption: Foto makanan rendang ayam dan nasi lemak dikelilingi aneka makanan khas Indonesia. (Getty Images)

Mungkin aku sedikit bias, tapi menurutku sih makanan Indonesia itu salah satu kuliner paling enak se-Asia. Siapkan selera dan perut kosong untuk menyantap aneka makanan khas Indonesia di festival makanan Kampoeng Legenda yang diselenggarakan oleh Mal Ciputra di kawasan Jakarta Barat. Dari tanggal 8 hingga 19 Agustus 2018, pusat perbelanjaan tersebut menghadirkan festival makanan berisi 70 vendor lokal yang populer di kalangan Jakarta dan menyajikan kuliner terbaik Nusantara. Awas kepedasan!

 

5) Nikmati pengalaman alam urban di Flona Synergreen

 

Mau cari keindahan alam di tengah kota besi? Kamu bisa pergi ke Flona Synergreen di kawasan Lapangan Banteng. Acara unik yang diselenggarakan oleh Menteri Kehutanan ini disebut sebagai pengalaman alam urban bagi keluarga dan meliputi berbagai atraksi seru, diantaranya pasar tanaman, kebun binatang mini, pasar organik dan vendor makanan lokal. Acara ini dapat dikunjungi kapan pun antara tanggal 10 Agustus hingga 10 September 2018.

 

Bagaimana kamu merayakan Hari Kemerdekaan? Share di komen-komen dibawah!

 

11 comments
Level 10

Re: 5 hal seru untuk rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini

Setuju sekali @npishak.

 

Suasana peringatannya sudah amat terasa, saya banyak melakukan perjalanan baik dengan commuterl line maupun dengan sepeda motor. Bendera dan umbul umbul sudah terpasang dimana mana, gapura sudah berdiri diujung kompleks, mulut gang dan pintu masuk perkampungan.

 

Terlebih lagi setelah kemenangan Tim Sepakbola U 16 dan Tim Asian Games U-23 semalam.

 

Uphoria-nya terasa sekali. Baru ditahun n ini saya menyaksikan pertandingan sepakbola penuh dengan Merah Putih dan Garuda dan syal bertuliskan ÏNDONESIA".

 

Apalagi penonton yang tidak beranjak dari kursinya walau pertandingan telah usai dan upacara penyerahan medali pun telah selesai. Mereka punya kbiasaan baru.

 

Garuda Clap, luarbiasa !

 

Di daerah Leuwiliang dan Jasinga  sudah bertahun rahun memiliki kebiasaan pada peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dengan bertanding sepakbola, dengan hadiah seekor kambing.

Banyak karyawan yang bekerja di Jakarta khusus mengambil cuti untuk mengikuti kegembiraan 17 Agustus.

 

Dirgahayu Republik Indonesia

Tag (@BudiFXW) in your post or comment, I will happily to connect with you.
Google Moderator

Re: 5 hal seru untuk rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini

Halo @npishak,

Salam Kenal sebelumnya.

 

Terima kasih telah berbagi informasi ini, dan tidak terasa perayaan 17 Agustus sudah tinggal hitungan hari. Pasti akan sangat meriah acara-acara yang akan diadakan di seluruh Indonesia. 

 

Sangat setuju mengenai kuliner Indonesia adalah yang terenak, mengingat banyak rempah-rempah yang digunakan untuk makanan khas Indonesia. 

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Level 10

Re: 5 hal seru untuk rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini

Halo @npishak

Hal2 yang amat seru dilakukan pada saat 17 agustus an.

 

Menonton upacara penaikan dan penurunan bendera, sudah menjadi rutinitas saya sejak kecil. 

 

Tapi ya menonton di TV. 

Kalau Live di istana tidak bisa, karena hanya untuk para undangan 

 

 

Level 10

Re: 5 hal seru untuk rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini

Hi @npishak

India's Independence Day is August 15.

It rains heavily in the State of Kerala.

Heavy disasters are reported due to rain.

Most of the shutters of dams are also open.

So the celebrations are confined to simple ceremonies in Kerala.

..... ..... ..... ..... .....

My celebration is is also confined to raising the National Flag in the office.

It was raining when the ceremony was going on.

 

 

IMG_20180815_091233.jpgIMG_20180815_091126.jpgIMG_20180815_091101.jpg

BHASI BAHULEYAN
Level 3

Re: 5 hal seru untuk rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini

Menonton upacara penaikan dan penurunan bendera indonesia sebagai wujud cinta negara indonesia . Dan Mengikutin lomba lomba hari kemerdekaan indonesia . Hal yang sangat menyenangkan dalam hidup saya

Level 9

Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan dalam Rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73

Pameran-Galeri_Nasional_Nuty_Laraswaty-1.jpg

Netizen yang menyukai kesenian , janganlah melewatkan pameran yang satu ini. Bertempat di Galeri Nasional Indonesia, maka pada tanggal 3 Agustus 2018 sampai dengan 31 Agustus 2018, sedang dihadirkan kembali pameran seni koleksi Istana Kepresidenan RI yang ketiga. Acara ini merupakan rangkaian peringatan HUT kemerdekaan RI ke 73.

 

Spoiler
Lukisan yang biasa dinikmati oleh Presiden dan Pejabat serta tamu-tamu kenegaraan, sekarang bisa kita lihat disini

Pameran ketiga ini diselenggarakan dalam rangka menyambut perhelatan besar Asian Games ke 18, yang terlaksana dari tanggal 18 Agustus 2018.

Bagaimana tidak bangga, Indonesia dipercaya kembali, menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games ke 18.

Tema yang diusung adalah " Indonesia Semangat Dunia" (ISD). Tujuan dengan diadakannya pameran ini adalah agar dapar menghibupkan kembali serta menggelorakan kembali semangat kebangsaan, kreativitas, sportivitas dan kerjasama , melalui penampilan 45 karya seni lukis, patung dan seni kriya hasil karya 34 perupa Indonesia dan mancanegara.

Lukisan-lukisan terpenting suatu negara seringkali menggambarkan kisah-kisah perjuangan yang mengekspresikan semangat bangsa tersebut. Semangat perjuangan suatu bangsa tentunya dapat pula diekspresikan untuk menunjukan semnagat perjuangan/kemerdekaan, keragaman, kerjasama, kreativitas, globalisasi dan masa depan.

 

Bagi yang masih ragu-ragu, pameran seni apa sajakah yang dapat dilihat di Galeri Nasional?

Baiknya melihat dahulu sneak peak video berikut ini

 

 

 

Bagi yang ingin berkunjung, masih bisa sampai akhir bulan Agustus 2018 ini, karena selayaknya olahraga, maka kegiatan kesenian juga memiliki daya tarik universal bagi beragam ras, agama, bahsa dan etnisitas.

 

Bertajuk "Indonesia Semangat Dunia" (ISD), pamera ini bertujuan untuk menampilkan dimensi lain dari sebuah koleksi negara.

karya-karya yang diakuisisi Istana, merupakan rekam jejak diplomasi Indonesia dengan negara-negara sahabat, pastinya akan dihadirkan dalam pameran ini.

 

Dalam pameran ketiga tahun 2018 ini , akan ditampilkan 5 subtema, yaitu semangat perjuangan, kerja sama, kreatifitas, serta semangat mendunia.

 

Semua direpresentasikan dalam 45 karya lukisan, patung, dan seni kriya karya 34 seniman Indonesia dan mancanegara yang akan tampil. Seluruh koleksi seni yang dipamerkan berasal dari kelima Istana Kepresidenan di Jakarta, Bogor, Cipanas, Yogyakarta dan Tampak Siring.

 

Melalui pameran karya seni "Indonesia Semangat Dunia" diharapkan dapat menumbuhkan semangat bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dan menumbuhkan semangat kebangsaan. Jadi yuk datang dan saksikan pameran ini, yang terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya , hingga 31 Agustus 2018, pukul 10.00 s/d 20.00 WIB bertempat di Galeri Nasional Indonesia, Jln. Medan Merdeka Timur no.14 Jakarta Pusat

 

 

 

Thank You! -- Nutylaraswaty
Level 10

Re: Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan dalam Rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73

Wah bagus sekali ini mbak @nutylaraswaty.

 

Pasti banyak hal yang memperkaya wawasan di acara ini.

 

Saya coba untuk datang menyaksikannya.

Tag (@BudiFXW) in your post or comment, I will happily to connect with you.
Google Moderator

Re: Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan dalam Rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73

Halo @nutylaraswaty,

 

Terima kasih telah berbagi pengalaman kamu, sangat informatif dan menarik. 

 

Saya akan memindahkan post kamu kedalam thread yang telah berjalan mengenai topik ini 5 hal seru untuk rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini.

 

Semangat terus dalam berkontribusi.

Due to the volume of private messages Google Moderators receive, I do not read or respond to private messages. Please post publicly so others may benefit from your discussion. If you require urgent assistance, please tag a Google Moderator. Thank you!

Level 10

Bls: 5 hal seru untuk rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini

Hai @npishak

Posting yang sangat menarik. 

Apalagi foto yang bendera merah putih di tengah kerumunan orang banyak.

Sangat informatif

Terima kasih