Z_Fitriani's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 8

Teknis Pembatalan Meet Up

Halooo guys,  ada yang pernah punya pengalaman membatalkan meet up ???

Saya pernah mengajukan pembatalan acara geo walk dikarenakan cuaca.
Beberapa hari menjelang acara cuaca ekstrem melanda Bandung, sampai hujan es. Acara dijadwalkan hari sabtu dan Kamis sebelumnya saya survey ke lokasi. 
Melihat kondisi jalan yg becek dan licin sehingga tidak memungkinkan untuk geowalk, juga cuaca yang ekstrem akhirnya jumat pagi saya submit membatalkan acara tsb.. tapi tidak ada respon berupa email bahwa pembatalan disetujui. Lalu saya coba lagi sampai tiga kali yang terakhir tengah malam saya ajukan.
Pagi hari saya pun bertanya kepada peserta yang sudah attending apakah menerima email pembatalan? dijawab tidak. Karena selain mengajukan pembatalan saya juga mengumumkan di grup WA bahwa acara dibatalkan demi keselamatan.
Akhirnya acara geowalk tetap dijalankan tak lain bentuk tanggung jawab kepada Google Local Guides, sebagai host.
Tapi pertanyaan saya belum terjawab, apakah host dan peserta meetup mendapat notifikasi jika acara meetup dibatalkan? Kenyataannya, respon pengajuan pembatalan tidak secepat pengajuan acara meet up, yang hanya hitungan jam bisa disetujui Google Local Guides.
Esoknya saya menyurati mba @BellaWi, dan setelah beberapa hari saya mendapat jawaban dari mba bella bahwa para peserta akan mendapatkan email jika host membatalkan meet-up. 

Email pembatalan akan terlihat seperti di bawah ini: 

 
Screen Shot 2017-04-26 at 11.30.21 AM.png
 
 
Yang masih jadi pertanyaan,
1. Adakah limit waktu yang ditentukan Google Local Guides untuk pengajuan pembatalan. Misal, pengajuan pembatalan selambat2nya satu hari sebelum acara. Misal lho ini..
2. Apakah dengan tidak adanya email pembatalan yang diterima oleh host dan peserta, itu artinya acara harus tetap dijalankan tentunya dengan batas kemampuan acara tersebut dapat dilaksanakan? (kemampuan dalam hal ini menyangkut keselamatan, kesanggupan host dan situasi tempat acara berlangsung)
3. Apakah RECAP acara sifatnya wajib untuk ditulis oleh host di Local Guides Connect, sebagai bentuk 'laporan' bahwa acara bisa dilangsungkan atau tidak?
4. (Pertanyaan titipan dari teman) Bolehkan RECAP di Connect ditulis oleh bukan host, tapi oleh peserta yang hadir di acara??
 
Semoga mba @BellaWi dan mas @iyudhi punya keluangan waktu untuk memberikan informasi yang ditanyakan tadi.
Mohon maaf kalau ada yang salah. Terimakasih,
ida taufik