FahmiAdimara's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 9

[TIPS] Bagaimana Gabung Local Guides di Regional ?

Komunitas Local Guides IndonesiaKomunitas Local Guides Indonesia

Haloo teman-teman, setelah istirahat sejenak dengan rutinitas sehari-hari, kali ini saya akan sharing sedikit, tentang bagaimana cara bergabung di komunitas "Local Guides Indonesia" di regional terdekat kalian.

 

Akhir-akhir ini, saya mendapatkan beberapa pertanyaan dari teman-teman "Local Guides", khususnya mereka yang baru mengikuti program "Local Guides". Ada sebuah pertanyaan, bagaimana sih cara bergabung Local Guides di tingkat regional?

 

Tenyata tidak sedikit dari teman-teman di luar sana, yang masih kebingungan cara bergabung dengan komunitas Local Guides di regionalnya. Dibawah ini, saya akan paparkan caranya menurut versi saya.

 

Let's Goooooo!

 

1. Pertama, kita harus memiliki akun aplikasi Google Maps dan akun Local Guides, daftar disini.

2. Yang kedua, kita bisa berkontribusi secara maksimal dan profesional tanpa melakukan spam di semua tempat di Google Maps. Dibawah ini, adalah poin yang saya dapatkan selama 2 tahun berkontribusi di Google Maps. Saya lebih menyukai untuk me-review dan menambahkan tempat wisata di Indonesia. Harapan terbesar dengan kontribusi saya ini, bisa meningkatkan dan memperluas promosi destinasi wisata di Indonesia.

 

S__95240194.jpg

 

3. Selanjutnya, keikutsertaan ini, dapat menambah semangat berkontribusi dalam rangka menolong orang lain untuk menemukan tujuan destinasinya dan menambah pertemanan serta networking secara nyata. Kita juga bisa bergabung pada komunitas Local Guides regional di Seluruh Indonesia. List komunitas bisa dilihat disini.

 

List Komunitas Local Guides di IndonesiaList Komunitas Local Guides di Indonesia

 

Bagaimana caranya ? 

 

4. Selanjutnya, setelah melihat dan memahami peta melalui link diatas, kita dapat mencari Local Guide regional komunitas dituju. Misalnya saja, ketika kita ingin mencari komunitas Local Guides Surabaya, kita bisa langsung dengan memperbesar peta tersebut. 

 

Zoom inZoom in

Atau kita bisa menggunakan fasilitas dengan menelusuri di menu bagian sisi kiri, cukup klik simbol pencarian dan masukkan kata kunci nama kota yang dituju.

 

 

Fasilitas Penelusur Dengan Kata Kunci Nama KotaFasilitas Penelusur Dengan Kata Kunci Nama Kota

 

5. Apabila tidak ditemukan komunitas regional Local Guides yang kita tuju, berarti hal tersebut menandakan bahwa komunitas yang kita cari belum di-support atau terdaftar oleh tim Local Guides (moderatornya mendapatkan training). Solusinya bagaiamana ? Masa kita ga bisa gabung di regional kita sendiri?

 

Tetap berpikir positif, kita bisa mencari langsung di platform Google +, di bagian pencarian. Kita juga bisa mencari dengan nama komunitas Local Guides kota yang dituju, seperti di bawah ini :

 

Tampilan Google + Website Dekstop

Selanjutnya setelah menemukannya, kita bisa bergabung kedalam komunitas tersebut. Sebagai contohnya, kali ini saya mencari komunitas Sidoarjo Local Guides 

 

Cari Nama Komunitas di Google +Cari Nama Komunitas di Google +

 

Komunitas Sidoarjo Local GuidesKomunitas Sidoarjo Local Guides

6. SELAMAT! itulah beberapa tips dari saya bagaimana cara bergabung di komunitas regional Local Guides di Indonesia. Apabila komunitas yang kita ikuti belum terdaftar/di-support oleh team Local Guides pusat, maka komunitas tersebut bisa kita daftarkan ke Local Guides pusat untuk mendapatkan online training, klik disini (persyaratan membuat komunitas bisa dilihat disini)

 

#LocalGuides #LocalGuidesIndonesia #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia

 

Blog : http://fahmiadimara.blogspot.co.id/2017/06/tips-bagaimana-gabung-local-guides-di.html

Sidoarjo, Sidoarjo Regency, East Java, Indonesia
6 comments
Level 8

Re: [TIPS] Bagaimana Gabung Local Guides di Regional ?

Mantap sekali tips nya mas @FahmiAdimara 👌

Level 9

Re: [TIPS] Bagaimana Gabung Local Guides di Regional ?

Level 3

Re: [TIPS] Bagaimana Gabung Local Guides di Regional ?

Luarbiasa, Membantunya.

Nuhun Kang @FahmiAdimara

Level 7

Bls: [TIPS] Bagaimana Gabung Local Guides di Regional ?

sangat membantu bagi saya pemula

mursopiz
Level 7

Re: [TIPS] Bagaimana Gabung Local Guides di Regional ?

Bagaimana cara mencari local guide yang lain? Melalui username kah? Jika iya, dimana letak kolom search nya?

Level 5

Re: [TIPS] Bagaimana Gabung Local Guides di Regional ?

Ngeliat siapa yg aja ngeview poto Kita gimana ya bang?