MasDinnu's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 8

[Sharing] Menjadi Smart Local Guides dalam Menggunakan Google Map, Biar Ngga Nyasar!

Sebelum baca artikel ini mari kita nulis quote dulu (biar kekinian): 

 

"Google Maps adalah salah satu sistem navigasi. Kita yang memutuskan-mau lewat mana, mau jalan yang mana, cepet apa ngga, macet apa ngga. Jadi ketika meminta tolong sebuah sistem untuk membantu kita mengantar ke sebuah tempat, kitalah sebetulnya yang seharusnya bisa menentukan lewat jalan biasa, tercepat, bebas macet, lewat tol apa ngga dsb."

 

nyasar pake google maps?

atau kena komplen temen karena kamu sebagai local guides dianggap telah gagal memberi kontribusi?

masuk sawah-sawah?

jalan buntu?

salah jalan masuk ke empang?

atau kuburan?

 

Sebel ngga sih lagi jalan sama temen yang dia tau kalian adalah seorang local guides yang berkontribusi dalam google maps, namun kalian malah ikut nyasar sama mereka. Terlebih nyasarnya gara-gara kalian yang menjadi petunjuk jalan? Hahaha.. Artikel ini dibuat untuk meminimalisir hal tersebut. Sebenarnya tidak 100 persen bahwa ketika kalian menerapkan cara ini di google maps tidak akan nyasar tapi minimal akan meminimalisir kemungkinan salah jalan dan sebagainya.

 

1. Memanfaatkan Fitur Add Stop (Tambah Pemberhentian) dan Route Option / Pilihan RouteScreenshot_2018-03-17-03-33-29.jpg

 

Pada fitur add stop kita dapat menambah pemberhentian sebelum menuju tujuan utama. Gunakan fitur ini agar sekali menggunakan maps langsung ditunjukkan bisa lewat jalan mana saja.

 

Screenshot_2018-03-17-03-33-54.jpg

Pada fitur route option, dalam penggunaan kendaraan pribadi kalian dapat menyeleksi :

- Add Stop (Tambahkan pemberhentian)

- Avoid Highway / Hindari Jalan Raya

- Avoid Tolls / Hindari Jalan Toll

- Avoid Ferries / Hindari Jalur Air

Fitur ini dapat kalian gunakan saat kalian menggunakan kendaraan yang berbeda, misal kalian menggunakan mobil, kalian tidak perlu mencentang fitur filter tersebut, namun

saat menggunakan motor penggunaan fitur avoid tolls sangat membantu karena memberikan perintah kepada google maps agar tidak menyarankan melewati jalan tol.

 

Selain fitur menggunakan route option ini saat menggunakan kendaraan umum, dapat juga kalian menggunakan fitur option untuk menentukan menggunakan bis, kereta, atau subway (tergantung ketersediaan kendaraan umum). Dari fitur ini kalian dapat menentukan juga rute yang akan ditempuh mulai dari

- best route (route terbaik -biasanya route tercepat dan terdekat, harus selektif saat menggunakan route ini *baca cara ke 3 untuk menyeleksi route ini)

- fewer transfer (transit  lebih sedikit)

- less walking (jalan kaki lebih sedikit)

- wheelchair accessable (dapat digunakan oleh penyandang disabilitas)

 

Screenshot_2018-03-17-03-35-28.jpg

 

 

2. Biasakan Melihat Tujuan Terlebih Dahulu 

Sebelum menuju suatu lokasi selalu biasakan melihat lokasi terlebih dahulu dengan membuka lokasi tersebut kemudian lihat foto panoramicnya (foto 360-apabila di tempat tersebut tersedia foto ini)

lihat apakah aksesnya dapat ditempuh dengan mobil atau tidak, apakah ada parkiran mobil, apakah tempatnya luas,  jam buka, review orang-orang yang telah mengunjungi dll (hal ini dapat menambah informasi kalian sebelum datang ke tempat tersebut-kata orang jawa biar ngga kecingak, udah dateng taunya tutup).

Screenshot_2018-03-17-03-52-56.jpg

 

 

Screenshot_2018-03-17-03-46-36.jpg

 

3. Memilih Jalur dan "Menengok" Jalur Yang Akan Dilalui dengan Google Street ViewSebagai contoh inilah 3 jalur yang disarankan google maps ke grand mosqueSebagai contoh inilah 3 jalur yang disarankan google maps ke grand mosque

 

Google Maps selalu menyarankan beberapa jalur menuju ke tujuan kalian, saat memilih jalur biasakan tengok jalur yang akan kalian lalui. Bagaimana caranya? Nah inilah salah satu pemanfaatan fitur google street view selain buat ngliat halaman rumahmu! Wkwkwk, ada yang menarik dengan fitur street view ini. Dalam menentukan jalur yang akan kalian tempuh kalian dapat melihat dari layanan street view yang disediakan google. Dengan cara ini kalian dapat melihat apakah jalur yang akan kalian lalui muat dilalui mobil, searah atau tidak, dsb. Layanan ini dapat diakses dengan cara :Menengok jalur dengan melihat langsung jalan yang akan dilaluiMenengok jalur dengan melihat langsung jalan yang akan dilalui

 

Lihat jalannya disiniLihat jalannya disini

 

Tampilan google street viewTampilan google street view

 

 

 

4. Saat Menggunakan Fitur Navigasi Jangan Selalu Berpatokan Pada Peta, Tetap Waspada Pada Lingkungan Sekitar

Saat membaca berita tentang beberapa orang yang nyasar masuk ke danau, empang, sungai dan sebagainya karena mengikuti nagasi maps, pernah berfikir juga sih apa iya sebelum kejadian ini mereka tidak aware terhadap lingkungan sekitar? Bukannya di daerah tersebut saat jalan berakhir dan akan masuk ke wilayah itu akan terjadi perubahan struktur jalan (misal tanah lembek/jalan aspal berubah menjadi tanah tanpa bekas jalur pernah dilewati mobil atau motor sebelumnya dan tanda-tanda lain) sebaiknya saat penggunaan map di fitur navigasi, seorang pengguna maps tetap peduli terhadap lingkungan sekitar.

Jangan ragu untuk berhenti dan memiliki rasa "penasaran" terhadap jalan yang akan dilalui. Apabila kalian merasakan ada perubahan jalan, selalu waspada. Jangan takut merubah route karena ketika kalian salah mengikuti arah/navigasi yang diberikan google maps akan sesegera mungkin mencarikan jalur baru kepada kalian (kalau ada sinyal internet ya) hehe.

Saya sendiri jarang menggunakan fitur navigasi dalam maps. Saya lebih suka menggunakan google maps dalam tampilan maps karena dengan tampilan ini saya lebih mudah melihat disekitar saya ada apa (baik melihat langsung atau melihat melalui maps) atau saya sudah sampai mana (melihat pergerakan titik biru, arah saya dan posisi saya dalam maps)

 

5. Cara Tradisional Bertanya Pada Penduduk Lokal Adalah Cara Paling Ampuh Menghindarkan Anda Dari Segala Bentuk Kesasar

Hal terahkir adalah memanfaatkan local guides yang sesungguhnya. Yakni orang yang ada di sekitar tempat tersebut. Jangan malu bertanya kepada penduduk lokal. Bukannya tidak percaya pada teknologi, namun dengan bertanya ini akan menambah kepercayaan kalian ketika melalui jalur yang kalian pilih karena biasanya penduduk lokal akan menyarankan jalan yang mereka tau dan atau pernah mereka lalui. Siapa tau dengan bertanya malah ditawari mampir rumahnya sambil disuguhi secangkir kopi dan gorengan kan? Duh... Apalagi anaknya cantik/ganteng. Wah dapat double bonus!

 

Nah itulah beberapa cara bagaimana menjadi seorang Smart Local Guides dalam menggunakan Map, biar kredibilitas ke local guide-an mu lebih valid dimata temen-temen dan mereka tertarik juga untuk berkontribusi! Nah gimana pengalaman rekan-rekan saat menggunakan local guides? Share pengalaman kalian ya! Siapa tau ada yang mau menambahkan point 6.

 

Salam kontribusi be smart local guides, Cheers!

Dinnu Insan

Yogyakarta Local Guides

 

Oh ya, baca juga artikel saya yang lain tentang bagaimana menambah jalan, melaporkan jalan buntu, jalan searah dsb disini :

https://www.localguidesconnect.com/t5/Bahasa-Indonesia/SHARING-Menambah-Jalan-Baru-Ganti-Nama-Jalan-...

| Indonesia Local Guides | SVTP | Work-Study-Holiday | Yogyakarta Local Guides | Nunukan Local Guides | Jakarta Local Guides |
Taiwan
7 comments
Level 8

Re: [Sharing] Menjadi Smart Local Guides dalam Menggunakan Google Map, Biar Ngga Nyasar!

Akhirnya saya "Ngga Nyasar" lagi  @MasDinnu , terima kasih sdh berbagi tips menjadi Smart Local Guides
satu cerita yang paling menyakitkan menjadi local guies adalah kalau kita sendiri yang salah memberikan petunjuk jalan!! 😁😁 Hahaha.. 

 

Nice Mas..keren artikelnya..👍👍 semoga bisa memberikan manfaat bagi banyak orang!!! 

cara tradisional di point no 5 dengan Bertanya atau kita kenal dengan GPS alias Gunakan Penduduk Sekitar adalah cara yang kental banget dengan kultur Indonesia dan mengingatkan kita untuk tetap waspada pada lingkungan sekitar walaupun sudah ada Google Map .

Sharing tambahan juga Mas  untuk nomor 6 🙂

 

6. Mendownload area dan melakukan navigasi secara offline

Penting juga untuk para pengguna untuk melakukan tips ini untuk mengantisipasi apabila kita melakukan perjalanan jauh dan sulit mendapatkan koneksi internet.Apalagi pada saat berpergian ke luar kota, alias Mudik 

 

Mendownload area dan melakukan navigasi secara offlineMendownload area dan melakukan navigasi secara offline

 

 

Salam kontribusi 

Rahmat

Level 8

Re: [Sharing] Menjadi Smart Local Guides dalam Menggunakan Google Map, Biar Ngga Nyasar!

@MasDinnu

Betul sekali seperti yang sudah secara terperinci dijelaskan di atas. Memang kuta nyasar karena data yang kita gunakan tidak dipelajari lebih lanjut, terkadang kita sering lalai tidak memperhatikan sekitar karena asik ngobrol atau kurang focus.

Sekarang yang utama pelajari medan, buat rencana perhentian pit stop bila daerah baru, ukur jarak dan waktu tempuh, keamanan bila pagi, siang, sore atau malam. Ketersediaan tambal ban, warung kecil, akomodasi harus disiapkan pula.

 

@RahmatHarmanP Selalu gunakan penduduk sekitar GePeeS sangat penting juga menghindari kesasar.

 

Makasih mas Dinnu dan mas Rahmat, info yang sangat bermanfaat.

 

Level 9

Re: [Sharing] Menjadi Smart Local Guides dalam Menggunakan Google Map, Biar Ngga Nyasar!

Mas @MasDinnu saya rasa apa yang ditambahkan oleh pak de @AgoesSantosa dan bang @RahmatHarmanP sudah cukup jelas. Dan saya izin repost thread ini ya.

 

Salam,

 

 

Sadeli Zanikhan

Muhammad Sadeli | Pekanbaru | Riau Indonesia
Level 8

Re: [Sharing] Menjadi Smart Local Guides dalam Menggunakan Google Map, Biar Ngga Nyasar!

@Zanikhan_95

Terima kasih mas. Salam se Peta


@Zanikhan_95wrote:

Mas @MasDinnu saya rasa apa yang ditambahkan oleh pak de @AgoesSantosa dan bang @RahmatHarmanP sudah cukup jelas. Dan saya izin repost thread ini ya.

 

Salam,

 

 

Sadeli Zanikhan


 

Level 8

Re: [Sharing] Menjadi Smart Local Guides dalam Menggunakan Google Map, Biar Ngga Nyasar!

Terimakasih @RahmatHarmanP Atas tambahan point 6 yang pasti akan sangat bermanfaat bagi local guides lain.

Juga @Zanikhan_95 yang telah merepost beberapa link penting.

@AgoesSantosa terimakasih sumbangan idenya, betul hal hal itu perlu diperhatikan juga!

Best Regard, 

 

 

| Indonesia Local Guides | SVTP | Work-Study-Holiday | Yogyakarta Local Guides | Nunukan Local Guides | Jakarta Local Guides |
Level 9

Re: [Sharing] Menjadi Smart Local Guides dalam Menggunakan Google Map, Biar Ngga Nyasar!


@AgoesSantosawrote:

@Zanikhan_95

Terima kasih mas. Salam se Peta


@Zanikhan_95wrote:

Mas @MasDinnu saya rasa apa yang ditambahkan oleh pak de @AgoesSantosa dan bang @RahmatHarmanP sudah cukup jelas. Dan saya izin repost thread ini ya.

 

Salam,

 

 

Sadeli Zanikhan


 


Salam se peta udah ga dipake lagi pakde @AgoesSantosa masih mencari salam yang bikin w.o.w lagi qiqiqi...

 

Sadeli Zanikhan

Muhammad Sadeli | Pekanbaru | Riau Indonesia
Level 9

Re: [Sharing] Menjadi Smart Local Guides dalam Menggunakan Google Map, Biar Ngga Nyasar!

Sama-sama mas @MasDinnu saya hanya pengumpul link dan berbagi link untuk kemaslahatan bersama.

 

Cheers,

 

Sadeli Zanikhan

Muhammad Sadeli | Pekanbaru | Riau Indonesia