FahmiAdimara's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 9

[RECAP] 17 Geowalk - Memperingati HUT NKRI 72

17 Geowalk Indonesian Local Guides17 Geowalk Indonesian Local Guides

Kemarin,  Hari Kamis, 17 Agustus 2017 adalah peringatan ke-72 Republik Indonesia.

 

17 Agustus 1945 adalah hari kemerdekaan Republik Indonesia. Pada hari proklamasi tersebut disuarakan keras oleh presiden pertama Indonesia, Soekarno - Hatta. Tentu saja kemerdekaan ini tidak mudah didapat dengan mudah, karena pastinya membutuhkan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan untuk melihat negara Indonesia merdeka dari penjajahan.

 

Begitu banyak jasa para pahlawan kemerdekaan, kita bisa membayangkan betapa sakit dan sulitnya pada saat perjuangan merebut wilayah NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Mereka rela mengorbankan jiwa dan raga melawan penjajah dengan semangat persatuan. Dan akhirnya penderitaan rakyat Indonesia dinyatakan MERDEKA pada tanggal 17 Agustus 1945.

 

Sekarang kita bisa menikmati kehidupan yang damai. Tidak ada yang namanya penderitaan, kesedihan kolonisasi di bumi putih dan merah ini. Karena saat ini era kebangkitan Indonesia. Tapi dengan begitu, kita tidak boleh melupakan perjuangan kemerdekaan. Dengan memperingati hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus setiap tahunnya.

 

Ada banyak cara untuk memperingati dan merayakan ulang tahun Republik Indonesia. Seperti biasa memasuki bulan Agustus, masyarakat Indonesia sudah mulai membesarkan bendera merah dan putih di rumah. Atau dengan cara mengorganisir acara agustusan kegiatan seperti panjat pinang, balap karung dan sebagainya. Itu adalah bukti penghormatan terhadap perjuangan Pahlawan Bangsa Indonesia.

 

Akhirnya, pada hari ini saya berhasil mewujudkan inisiasi yang saya buat kemarin -> 17 Agustus Indonesia Independence Day Meetup

 

Tidak menyangka sama sekali, bahwa inisiasi ini mendapat dukungan dari teman-teman Local Guides yang ada di sekitar saya. Bahkan, saya sempat kaget bisa mendapat dukungan langsung dari salah satu Moderator Local Guides Global, Mas @iyudhi yang meluangkan waktu untuk terbang dari San Francisco ke Surabaya untuk mendukung kampanye hastag "17 Meetup" yang telah saya buat ini. Dukungan ini sangat berarti bagi saya dan teman-teman komunitas Local Guides di Indonesia, terutama dari Surabaya dan Sidoarjo, termasuk Jawa Timur.

 

Dalam kesempatan ini saya juga didukung oleh teman-teman Instagram Influncer Indonesia seperti:

Joeadimara

Mochismailakbar

Nurhadi

WInata Arafad

Dan para teman pendakian lainnya yang ditemani dalam 2 hari ini.

 

Jadi kemarin kami mendaki Gunung Pundak di kota Mojokerto untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. 

 

Tim ekspedisi Gunung Pundak bertemnu di Meeting Point di depan Alun-Alun Kabupaten Sidoarjo tepat pada jam 7 malam, setelah semua tim berkumpul kami melanjutkan perjalanan menggunakan motor selama hampir 2 jam hingga sampai di Pos Pendakian Puthuk Siwur Claket. Sesampainya di sana tim mulai mempersiapkan diri masing-masing sebelum melakukan pendakian. Jam 1 malam akhirnya setelah membayar simaksi pendakian, kami melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Pundak. Perjalanan normal pendakian dari Pos Pendakian menuju Puncak Gunung Pundak ini dapat ditempuh dalam 2-3 jam perjalanan. 

 

Tim dibagi menjadi 2 bagian, tim pertama berisi teman-teman seperti NurhadiWInata Arafad yang sudah expert naik gunung yang menemani Mas Ivan dalam pendakian kali ini. Ini adalah pertama kali Mas Ivan naik gunung di Indonesia. Dan saya bersama Mochismailakbar tergabung dalam tim 2 sebagai tim paling belakang untuk menemani adik saya Joeadimara yang kaki nya masih dalam masa pemulihan, pemulihan patah tulang setahun yang lalu. Tim 2 menempuh perjalanan selama hampir 4 jam untuk sampai di puncak Gunung Pundak.

 

Sesampainya diatas kami melanjutkan istirahat dan persiapan untuk besok hari mengibarkan bendera merah putih di atas puncak Gunung Pundak.

 

Berikut adalah beberapa kegembiraan hari ini:

 

Rute Pendakian Masuk Hutan Pinus Lebat

  

Rute Pendakian Masuk Hutan Pinus LebatRute Pendakian Masuk Hutan Pinus Lebat

 

Camp GroundCamp Ground

 

Foto bersama di salah satu pos pendakianFoto bersama di salah satu pos pendakian

Foto bersama dengan latar hutan pinus lebat

Untuk selanjutnya, saya menunggu semua rekap dari teman-teman di Indonesia yang telah mendukung acara ini. Saya akan rekap penuh pada tanggal 20 Agustus di berbagai media sosial seperti instagram @localguidesindonesia & @mountainlocalguides dengan hastag:

#17Photowalk

#LocalGuidesIndonesia

#LocalGuidesIndonesia17

#LocalGuides

#CeritaPesonaKemerdekaan

#PesonaIndonesia

#Pesona17an

 

Untuk menambah semangat inovasi di  Indonesia. Dukung kami, komunitas Local Guides Indonesia dengan kudos 😄

 

English Version --> [RECAP] 17 Geowalk - Indonesian Independence Day

 

CC Google Moderator @TraciC, @LuisRG, @BellaWi, @GusMoreira@HelloJess, @YanniY@MariaBi, @JeslynL@Atsukot.

Gunung Pundak, Hutan, Mojokerto, East Java, Indonesia
3 comments
Level 9

Re: [RECAP] 17 Geowalk - Memperingati HUT NKRI 72

Level 8

Bls: [RECAP] 17 Geowalk - Memperingati HUT NKRI 72

Keren sob ,sayang blum bisa gabung,

Level 9

Bls: [RECAP] 17 Geowalk - Memperingati HUT NKRI 72

Siapp mas @Aguszetiawan semoga bisa bergabung di lain waktu hehe