br14n's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 10

Merangkai Kembali Harapan Menyatukan Local Guides Nusantara

We Are Indonesia Local GuidesWe Are Indonesia Local Guides

 

 

Hai teman-teman local guides..

 

Seperti yang telah diketahui bersama, beberapa saat yang lalu pernah digelar persiapan meet-up nasional yang akhirnya tidak jadi dilaksanakan. Meet-up di Jogja tidak kesampaian, dan kemudian di Malang juga gagal. Sedih membayangkan teman-teman local guides yang sudah terlanjur mencurahkan waktu dan pikirannya untuk acara tersebut, dan teman-teman local guides lainnya yang sudah terlanjur semangat hadir namun terpaksa dibatalkan. Tapi ya sudahlah, yang lalu biarlah berlalu. Apapun itu semoga menjadi pelajaran yang berharga buat kita semua. Dan semoga kita hari ini tetap diberi semangat untuk tetap berkontribusi dan bertukar-pikiran dengan sesama local guides dimana pun di pelosok negeri.

 

Melalui tulisan ini, saya ingin mengajak teman-teman local guides yang ada di sini, untuk sedikit berbagi pengalaman atau sekedar sumbang saran tentang meet-up se-Indonesia tercinta. Pasti berat membayangkannya, karena akan cukup banyak waktu dan tenaga yang bakalan tersita untuk mempersiapkannya. Apalagi sudah cukup jelas disampaikan oleh beberapa moderator, bahwa tim local guides tidak memberikan support secara langsung atas kegiatan 'eksternal' ini. Jadi, ini bakal jadi hajat kita sendiri.

 

Oleh karena itu, saya akan mencoba merangkai kembali harapan yang dulu sempat pudar, untuk mempertemukan local guides yang ada di Indonesia, atau yang saya suka dengan istilah Local Guides Nusantara, yang terbentang mulai dari Sabang sampai Merauke. Pasti sangat banyak ide dan pemikiran dari teman-teman sekalian. Diskusi ini akan saya mulai dengan format santai, jagongan khas Indonesia sambil nyruput kopi dan makan ubi dan singkong goreng kiriman sahabat dari desa.

Saya punya punya pemikiran sederhana, untuk menjadikan meet-up Nusantara ini seperti halnya kita bikin meet-up seperti biasa di komunitas kita sendiri. Setiap orang yang berkenan hadir merupakan aset yang berharga dari meet-up itu sendiri. Tidak ada batasan owner, moderator, ataupun level, semuanya lebur menjadi satu. Masalah biaya pasti akan menjadi masalah seluruh calon peserta yang akan hadir. Hal ini akan coba kita minimalisir dengan menggandeng pihak sponsor yang peduli dengan keberadaan local guides. Demikian juga dengan kegiatan nantinya, sebisanya diserahkan kepada EO yang profesional, agar seluruh calon peserta cukup daftar secara online, hadir meet-up, dan pulang dengan segudang cerita seru. Pilihan kota juga saya pikir cukup fleksibel, bisa di Jawa, Bali, atau di kota yang sesuai dengan keinginan teman-teman sekalian.

 

Oke teman-teman, monggo usul dan sarannya, santai saja ya, sambil nyruput kopi.

 

 

Salam hangat, Bambang Afrianto aka Brian

 

 

Batu Local Guides, Pandanwangi, Malang City, East Java, Indonesia
107 comments
Level 8

Re: Merangkai Kembali Harapan Menyatukan Local Guides Nusantara

@br14n

Indonesia Local Guides Community Always Rocks

Thanks for sharing your photos and information.

Level 10

Re: Merangkai Kembali Harapan Menyatukan Local Guides Nusantara

Level 8

Re: Merangkai Kembali Harapan Menyatukan Local Guides Nusantara

@br14n

I think this Meet Up attend by all Local Guides from Indonesia Country

Is this Right .

Level 8

Re: Merangkai Kembali Harapan Menyatukan Local Guides Nusantara

Karena saya tidak mengikuti episode pertama gagal dan episode kedua gagal maka mungkin apa yang akan saya sampaikan terasa biasa dan hanya angin lalu.  

 

Untuk sukses acara, pasti butuh trigernya supaya mau ngumpul.  Hadiah?  Sharing knowledge (hadirkan pembicara termasuk hadiah bagi otak saya hehehe).  Fun game?  Dll

 

Dari yg saya sebutkan tentunya perlu  pembahasan ke teknis juga.  

 

1. Lokasi...  Ya seperti jualan kita hrs pilih lokasi lokasi dan lokasi

2. Akses mudah,  pertimbangan pemilihan lokasi tentu karena Aksea mudah,  dekat stasiun kah,  dekat terminal,  dekat Bandara?  Klo tidak dekat itu semua paling enggak dekat jalan besar

3. Rundown acara,  nanti ini akan di sampaikan teman2 Yg Lone. Di bawah

4. Sponsor,  Yuhuuuuu semua butuh biaya.  Makan,  perjalanan dan lainnya.  Apalagi ada fun game,  dan doorprize hehehe

5. Waktu dan tenaga,  semua itu sudah ada di tangan tapi gak ada yang meluangkan waktu dan tenaga maka akan seperti episode pertama dan kedua.  

 

Yukkk Temen temen kasih kisi kisi juga episode pertama kedua apa aja yang sudah di kerjakan.  

 

Kita akan mulai kerjakan tapi gak seperti SPBU,  selalu dimulai dari NOL.  

Level 9

Re: Merangkai Kembali Harapan Menyatukan Local Guides Nusantara

Mari, saya juga ikutan.

Untuk lokasi: kalau bisa di Jakarta aja. Kalau ke Bali, tiket mahal dari beberapa kota, seperti Batam. PP minimal mau 4 - 5 juta hiks... Yah saya juga mengerti dari manapun, pasti biaya akan kena mahal.

Untuk salah satu topik: masih tetap topik pembahasan dari ane, yaitu apps khusus komunitas LGI yang sdh pernah ane ceritakan di WA group. Bahan masih belom siap sih, hehe...

Level 2

Re: Merangkai Kembali Harapan Menyatukan Local Guides Nusantara

Saya pasti ikut selagi masih wib dan wita.

Tentuin aja tgl dan lokasi


@Umashankar wrote:

@br14n

I think this Meet Up attend by all Local Guides from Indonesia Country

Is this Right .


 

Level 10

Re: Merangkai Kembali Harapan Menyatukan Local Guides Nusantara

Wah, asyik nih usulannya kang @SriSedono_id.. Saya catat ya kang.

Untuk kisi2 episode sebelumnya, yang paling paham kayaknya mbak @NunungAfuah nih.

Level 10

Re: Merangkai Kembali Harapan Menyatukan Local Guides Nusantara

Oke mas @SamuelEdyson, point pentingnya kemudahan dan pertimbangan biaya tiket ya.. 

Sama apps khusus komunitas LGI boleh juga dijabarkan di sini mas, keren itu.

@maringanm  Siap bang, tunggu tanggal mainnya ya

Level 7

Re: Merangkai Kembali Harapan Menyatukan Local Guides Nusantara

Saya pribadi sangat senang klo ada meetup nusantara. Apalagi selama di grup wa kita blum pernah saling bertemu (saya dan yg lain tentunya)

 

Opini saya kita adakan meetup di Bintan, Kepri. Kenapa Bintan?

Bisa saya katakan Bintan adalah Bali ke dua di indonesia. Kami punya banyak wisata pantai, snorkling, dan banyak olahraga air. Memang sarana disini masih bnyak yang perlu dibenahi. Tapi kami sudah berkembang pesat dengan Lagoi sebagai tujuan wisata utama pulau bintan saat ini (cek google)

Untuk penerbangan dri jakarta sudah murah untuk sekarang. Ada juga pilihan untuk mendarat di Batam dan naik bus ke bintan menyebrang pulau ke bintan. Dan juga teman teman LGI bisa membantu kami agar mengenalkan pulau bintan ke Indonesia dan Internasional. So, mau meetup sambil liburan, ke bintan yok...

Sorry for long post 🙂