PaDeSSo's post
cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Level 10

MOTIVASI SEORANG LOCAL GUIDES

Sahabat LG seluruh Nusantara,

 

Sampai saat ini masih banyak di Forum Connect postingan topik "Apa yang didapat dan Manfaat menjadi seorang Local Guides"

 

Hal itu berulang ditanyakan tidak saja oleh LG level 1 tapi juga level 5 keatas, karena mungkin diawali oleh tidak sengaja atau iseng ngasih ulasan, apapun kita sambut sebagai keluarga besar LG Indonesia.

 

Saya bermaksud share Motivasi Saya gabung LG, bisa dikritisi, boleh didiskusikan secara koprehensif dan progresif, bagi sahabat yang berkenan boleh juga bagi bagi motivasinya untuk diambil hikmahnya

 

Saya bergabung LG resmi 27 maret 2017 dan sampai di level 9 pada 21 agustus 2017, LG saya fahami dari awal hanyalah sebagai Volunteer (Sukarelawan), makanya saya tidak bermimpi untuk mendapatkan sesuatu, sebagaimana program google yang lain.

 

Di LG saya lebih banyak menjadi PENJAGA GAWANG artinya betul betul penjaga wilayah lokal sendiri, setiap akhir pekan jalan kaki atau bersepeda di wilayah sendiri, lalu memberi ulasan dan memperbaiki / edit data tempat yang salah, Saya gabung di LG karena pernah tersesat ketika bersepeda di kampung sendiri, dengan bantuan MAPS alhamdulillah saya dipandu untuk bisa kembali ke Rumah, Ironis tersasar di lingkungan sendiri berarti kita jarang silaturahmi dengan lingkungan sekitar !!!

 

Manfaat dan Motivasi saya jadi LG,  yaitu =

1. membantu orang lain

Supaya saudara kita yang lain terbantu mendapatkan alamat yang mereka cari dengan akurat, sedikit mengamalkan "sebaik baiknya manusia yaitu yang memberi manfaat besar bagi orang lain"

 

2.bersilaturahmi,

Sambil jalan jalan di sekitar lingkungan, kita dapat mengetahui Profil, filosofi dan karakteristik para pelaku bisnis dan dunia usaha di sekitar kita. Sedikit mengamalkan "Barangsiapa yang ingin diluaskan rejekinya dan dipanjangkan usianya maka hendaklah ia mempererat tali silaturahmi". 

 

3.Shodaqoh,

Menyisihkan sebagian waktu kita untuk memberi informasi yang benar adalah bagian dari shodaqoh.

 

Bagi saya, bergabung di LG dengan niat ibadah pada sesama manusia, tidak usah terlalu diporsir habis habisan sampai meninggalkan segalanya, masih banyak kewajiban yang lain yang harus kita lakukan, prinsipnya ketika kita tiba di satu tempat selain bertasbih, kita bisa tadabur dan tasyakur alam dengan memberi ulasan obyektif dan juga mengambil foto atau video

 

Siapapun kita bisa mencapai level yang maksimal, karena kita setiap hari bergerak, jangan ditarget tapi jalani saja, jangan dilihat terus poin yang harus dikejar, Lakukan saja.

YOU CAN IF YOU THINK YOU CAN

KEEP MOVING FORWARD

WE CREATE OUR DREAM

 

Semua butuh proses,

Sekarang Giliran Anda !!! Silahkan Share Motivasi menjadi LG

Terima Kasih

 

Salam Kontribusi

Dedi Sopandi Sofwan

 

@iyudhi

@BellaWi

@br14n @Zanikhan_95 @BudionoS @AgoesSantosa @MutiahA

Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia
196 comments
Level 10

Re: MOTIVASI SEORANG LOCAL GUIDES

Sependapat dengan Bung @PaDeSSo

Tidak mengharapkan imbalan dalam memberi kontribusi di GoogleMaps. Kalaupun ada imbalan ya disyukuri.

Didasari dari suka ngenet, membuka GoogleMaps mendapatkan banyak informasi. Yang waktu itu GoogleMaps masih banyak yang kosong bahkan jalanpun waktu itu masih ada yang belum memiliki nama. dari sinilah punya keinginan memberi nama atau menambah tempat di GoogleMaps. 

Nama jalan dan tempat yang pertama saya tambahkan, nama jalan dan tempat kerja saya. 

Setelah itu jadi kesukaan tersendiri membari kontribusi di GoogleMaps.

Salam..... 

#surakartalocalguides

Level 8

Re: MOTIVASI SEORANG LOCAL GUIDES

@PaDeSSo

Sure we do like a river flows, no need rewards.

Did not hope any rewards, just do what I can do.

Helping others is never enough.

 

Level 9

Re: MOTIVASI SEORANG LOCAL GUIDES

Sepakat dengan pendapat kang @PaDeSSo bahwa banyak Indonesia Local Guides yang menanyakan benefit apa yang didapatkan dari Local Guides ini.

 

Sebelum saya menjawab motivasi apa yang membuat saya bisa bertahan dan selalu berkontribusi di Local Guides, saya sedikit menceritakan kenapa saya bisa menjadi seorang Local Guides. 

 

Saya menjadi Local Guides awal nya dari keisengan saya mengedit Maps untuk kantor mencari alamat beberapa tempat yang ada di kota saya. Disana saya lihat banyak tempat yang tidak terdaftar di Maps dan banyak yang tidak akurat. Dan akhirnya saya mencoba untuk memasukkan kantor saya tempat saya bekerja di Maps dan berhasil. Dan dari sana saya mulai asyik sendiri otak-atik Maps, dan tiba-tiba saya mendapatkan email bahwa saya terdaftar sebagai Local Guides. Untuk tanggal pastinya saya tidak ingat, tetapi bulan saya terdaftar sebagai Local Guides yaitu bulan Juni 2016, saat saya menerima email undangan untuk menjadi Local Guides. Dan sampai saat ini saya sudah menjadi bagian dari Local Guides Indonesia dan dunia kurang lebih 1 tahun 5 bulan. Dengan level 8 di sistem level yang baru.

 

Bagi saya pribadi Local Guides adalah sebuah program yang memberikan para user nya kemudahan untuk pemetaan dan pengeditan peta di aplikasi google maps dan keisengan tersendiri untuk membantu orang lain. Dan merupakan program volunteer atau sukarela tanpa ada ikatan imbalan baik materi maupun non materi. Akan tetapi tetap harus mengikuti aturan kebijakan program dark Google sebagai induk perusahaan dari Google Maps ini.

 

Kalau ditanya motivasi apa yang membuat saya masih bertahan sebagai Local Guides yaitu saya mempunyai pandangan bahwa kita sebagai Local Guides mempunyai passion masing-masing yang tidak bisa dijadikan satu dalam satu frame harus menjadi satu gaya hidup.

 

Sebagai contoh ada Local Guides yang mempunyai passion di foto 360°, menjadi EO dalam acara meet up, maps editing, bahkan passion sebagai spammer pun ada di Local Guides ini.

 

Dari sekian banyak passion yang ada, ada satu tujuan yang tanpa kita sadari sebagai Local Guides yaitu membantu orang baik perorangan atau badan usaha dalam penggunaan Maps itu sendiri. Dan "teruslah berbuat baik, bisa jadi perbuatan baik yang kamu anggap sepele, justru yang membawa kamu ke surga"

 

Salam se peta,

 

 

Sadeli Zanikhan

Muhammad Sadeli | Pekanbaru | Riau Indonesia
Level 10

Re: MOTIVASI SEORANG LOCAL GUIDES

Setuju pak @PaDeSSo, terutama yang nomor 2.
Dengan menjadi Local Guide, akhirnya kita seperti memiliki petualangan baru. Tidak saja tentang jalan-jalan dan makan-makan, tapi lebih dari itu, kita bisa mengenal lebih banyak orang, pemilik usaha, pemilik warung, bahkan pelaku UKM yang tersembunyi di jalan-jalan kecil di kota kita sendiri. Semoga ini juga menjadi virus kebaikan yang menyebar ke segala pelosok nusantara. Amiiin.

Level 10

Re: MOTIVASI SEORANG LOCAL GUIDES

Setuju Sahabatku 

@kasiyanta

@br14n

@Zanikhan_95

@AgoesSantosa

Mudah mudahan kita selalu bisa berbagi pengalaman dan menebar virus kebaikan dan perubahan bagi seluruh sahabat LG Indonesia, Aamiin

 

Salam Santun

Level 4

Re: MOTIVASI SEORANG LOCAL GUIDES

Halo Mas Dedi, 

 

wah saya senang ada diskusi seperti ini, sekalian saya sharing ya alasan saya gabung di Local Guide:

  1. Waktu Travelling ke Taiwan, saya pake Google Maps terus. Sekalian tau lokasinya dimana, tau reviewnya gimana, tau juga opsi transportasi real-time menuju kesana. Sejak saat itu saya jadi males buka-buka website travel dan mending langsung cek di google maps aja hehe
  2. Saya baru aja beli kamera mirrorless dan tertarik untuk mendalami travel photography, karena selama ini travelling selalu terkendala memory yang terbatas di HP saya 
  3. Seneng juga bisa gabung di komunitas baru yang tujuannya positif 🙂

Sekian dari saya, salam kenal! 

 

Ivan

Level 10

Re: MOTIVASI SEORANG LOCAL GUIDES

Selamat datang mas @GiovanniJanitra di Connect Indonesia yang memang sedianya untuk saling berbagi, tidak ada kata senior junior, tidak ada sekat, tapi kita bisa saling mengisi dan berbagi

Keep moving forward

 

Salam santun

Level 9

Re: MOTIVASI SEORANG LOCAL GUIDES

Terima kasih sudah berbagi mas @PaDeSSo

 

Menurut saya pertanyaan itu wajar muncul dari para Local Guides karena rasa penasaran benefit apa setelah memberikan kontribusi dan mungkin pertanyaan ini akan muncul disetiap waktu dari mereka yang baru join Local Guides. 

 

Kalau ditanya motivasi saya sendiri yaitu ingin berbagi dan membantu orang lain. pengguna Google Maps meningkat dengan munculnya jasa transportasi online dan maraknya cafe atau tempat wisata baru, sehingga Google maps adalah wadah yang penting dalam keseharian kita untuk mendapatkan informasi yang kita cari. Semakin banyak para Local Guides memberi kontribusi yang objektif ke suatu lokasi maka banyak informasi didalamnya sehingga ini membantu dalam kita memutuskan pilihan. 

 

Terima kasih untuk thread nya mas, salam kenal dari Malang - Jawa Timur, 

Silahkan kontak jika kebetulan di Malang :).

salam

Indonesia Local Guides | Malang Local Guides | Instagram  

Level 7

Re: MOTIVASI SEORANG LOCAL GUIDES

Setuju..

Photo2 kita ada di google aja sdh seneng banget. Apalagi sampe ada yg terbantu dg photo2 sayah.

Alhamdulilahh..